10 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Anda Lulusan Baru

by Wijanto T
0 comment

Lulusan perguruan tinggi yang berpikiran bisnis memiliki banyak ruang untuk bereksperimen dengan ide-ide bisnis, tetapi dibutuhkan orang yang istimewa untuk menjadi pengusaha yang sukses! Jika Anda adalah anak muda yang mencari ide bisnis yang menguntungkan setelah lulus, Anda telah datang ke tempat yang tepat — baca terus artikel ini untuk 10 ide bisnis bagi lulusan baru.

1. Fashion dan Busana

Menurut perkiraan, pasar fashion global diperkirakan bernilai $ 1,6 miliar pada tahun 2020, naik dari $ 1,2 miliar pada tahun 2015. Itu merupakan peningkatan yang sangat besar, sebagian pertumbuhan didorong oleh retailer mode ternama seperti Zara, H&M dan Uniqlo yang dapat memberikan mode terbaik ke dalam lemari pakaian Anda dalam waktu kurang dari seminggu.

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda tidak cocok untuk bisnis fashion karena mungkin sulit untuk bersaing dengan semua nama besar di luar sana, tetapi tren saat ini menunjukkan bahwa sebenarnya tidak demikian. Bahkan perusahaan pakaian kecil dapat memperoleh keunggulan dibandingkan bisnis yang lebih besar, jika mereka memanfaatkan kelebihan mereka.

Ada beberapa keuntungan untuk mendirikan lini fesyen Anda sendiri yang memungkinkan Anda untuk menemukan kesuksesan terbaik dengan bisnis kecil Anda meskipun ada merek yang lebih besar:

  • Target pasar Anda lebih cenderung memilih Anda daripada merek besar
  • Anda lebih fleksibel dalam hal desain dan pengiriman produk Anda
  • Lebih mudah memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan pakaian Anda

Mewujudkan ide bisnis Anda membutuhkan banyak penelitian tentang target pasar, pemahaman yang baik tentang media sosial, dan upaya untuk membangun merek. Untungnya, ada banyak sumber daya yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis fesyen, menghasilkan uang, dan memasuki targer pasar.

2. Pembuatan Konten

Pembuat konten adalah seseorang yang menyumbangkan informasi ke bidang, industri, atau media tertentu. Mereka menggunakan media digital untuk berbicara kepada audiens umum, dengan tujuan memasarkan atau melibatkan calon konsumen.

Pembuatan konten digital diperkirakan bernilai sekitar $ 51 miliar pada tahun 2027. Dengan begitu banyak kehidupan sehari-hari kita berputar di sekitar ruang digital, membuat konten adalah bidang yang mudah untuk dimasuki.

Anda dapat mulai dengan membuat portofolio online dari konten yang dapat Anda buat, kemudian membangun jaringan klien khusus dan pembuat konten lain untuk mendapatkan pekerjaan.

Perlu diingat bahwa pembuat konten tidak dibatasi oleh jenis media. Misalnya, penulisan konten sangat bermanfaat bagi perusahaan yang mendorong strategi pemasaran digital, dan pemasaran konten video selalu menjadi investasi yang menguntungkan bagi visibilitas merek.

Peluang karir untuk pembuatan konten juga fleksibel. Anda bisa menjadi seorang freelancer dan memilih klien sendiri, atau bergabung dengan perusahaan atau sekelompok orang yang dapat memberikan penghasilan tetap.

Ini adalah jalur karier umum yang bagus yang bisa diikuti oleh hampir semua lulusan perguruan tinggi. Yang Anda butuhkan untuk mulai menghasilkan uang adalah komputer dan koneksi internet.

3. Perbaikan Elektronik

Menurut survei Indonesia Baik, sekitar 66% orang Indonesia sekarang memiliki ponsel dan akan terus meningkat. Ponsel cerdas dan Internet of Things telah menjadikan elektronik sebagai bagian penting dari kehidupan kita, yang berarti ada banyak peluang bisnis potensial bagi mahasiswa yang berpikiran teknis.

Ini adalah profesi yang menguntungkan, meskipun Anda harus mengambil kursus khusus untuk mendapatkan sertifikasi sebagai teknisi perbaikan elektronik. Gaji tahunan rata-rata untuk teknisi perbaikan elektronik cukup besar.

Pastikan Anda mengetahui semua perangkat elektronik yang banyak orang gunakan, dan Anda memiliki bisnis yang berkembang pesat dengan banyak potensi untuk menghasilkan uang.

Perbaikan elektronik menjadi lebih menguntungkan jika Anda berhasil memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk memperbaiki perangkat penting sehari-hari seperti lemari es. Jika Anda memiliki pengalaman dengan TI, Anda juga dapat bercabang untuk memperbaiki perangkat pintar.

Satu hal yang harus Anda ingat saat memperbaiki perangkat elektronik adalah Anda hampir selalu akan membatalkan garansi pabrik, jika Anda tidak berwenang untuk memperbaikinya. Beberapa perusahaan elektronik bahkan akan menuntut bisnis perbaikan elektronik yang tidak resmi atas masalah keamanan atau hak cipta: Contohnya produk Apple sangat rentan terhadap masalah ini.

4. Acara dan Hiburan

Ide bisnis selanjutnya adalah berhubungan dengan acara dan hiburan. Ada beberapa jalur karier yang dapat Anda ambil dalam industri acara dan hiburan. Berikut adalah beberapa yang berpotensi menghasilkan keuntungan :

Anda akan melihat bahwa banyak dari pekerjaan ini membutuhkan keahlian unik, yang menjadikan acara dan industri hiburan pilihan yang sempurna bagi banyak lulusan baru untuk memulai bisnis.

Jika Anda memilih untuk memasuki industri ini, penting untuk membangun jaringan klien dan kolaborator yang dapat Anda ajak bekerja sama.

Bidang acara dan hiburan mendapat banyak manfaat dari ekonomi pertunjukan, terutama bisnis kecil. Anda juga harus belajar bagaimana membuat jaringan dan menjual layanan Anda karena pemasaran mandiri adalah kunci sukses dalam industri ini.

5. Instruksi Kebugaran

Menjadi instruktur kebugaran bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang. Mengadakan kelas kebugaran pribadi dapat membayar hingga $ 70 per jam, dan dapat menghasilkan uang lebih banyak daripada kebanyakan gym. Jika Anda sudah rutin pergi ke gym, ini adalah transisi yang mudah untuk Anda jadikan karier.

Industri kebugaran bernilai sekitar $ 100 miliar di seluruh dunia. Ini adalah bisnis yang bisa Anda bawa kemana saja, bahkan dari jarak jauh! Anda dapat menggunakan situs seperti Indeed untuk mencari klien potensial untuk memberi masukan tentang rutinitas latihan di rumah, atau membuat profil pribadi Anda sendiri dengan situs seperti WordPress.

ide bisnis lulusan baru 2

Instruksi kebugaran tidak hanya terbatas pada rutinitas fisik: Jika Anda tahu tentang nutrisi, Anda juga dapat memberi tahu orang-orang tentang diet yang sesuai dengan berbagai rutinitas olahraga.

Bahkan lebih baik jika Anda memiliki rencana diet yang Anda ikuti sendiri untuk ditunjukkan kepada klien Anda. Ini membantu Anda terlihat lebih baik, dan dapat membantu Anda meyakinkan lebih banyak klien untuk menggunakan jasa Anda.

6. Desain Grafis

Pada tahun 2020, industri desain grafis bernilai $ 14,8 miliar dalam pendapatan di Amerika, dengan perkiraan menunjukkan angka itu akan meningkat dalam beberapa tahun mendatang. Dalam dunia digital-sentris saat ini, membuat kesan pertama yang baik sangat bergantung pada cara Anda menampilkan diri Anda secara online.

Individu yang kreatif dapat mengejar dua jalur karir dalam desain grafis:

  • Menetapkan diri Anda sebagai merek pribadi melalui karya seni Anda
  • Bergabung dengan perusahaan atau grup sebagai bagian dari tim artis

Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Menjadi solo dapat memberi Anda lebih banyak kebebasan artistik untuk mengembangkan dan mengejar proyek Anda sendiri. Seniman seperti Stanley “Artgerm” Lau adalah model luar biasa bagi seniman grafis yang mengikuti jalur ini.

Jika Anda bergabung dengan sebuah perusahaan atau grup, Anda mendapatkan pasokan pekerjaan yang tetap — dan karenanya arus pendapatan tetap.

Anda tidak perlu mempromosikan diri sendiri karena perusahaan atau grup akan melakukannya untuk Anda. Ini adalah opsi aman yang mengorbankan sedikit agensi artistik untuk pekerjaan yang konsisten.

7. Kerajinan Tangan

Barang-barang handmade kembali populer karena semakin banyak konsumen yang beralih dari produk yang diproduksi secara massal ke sesuatu yang lebih memiliki kepribadian. Situs seperti Etsy telah menjadi platform yang booming bagi pengrajin buatan tangan sebagai pasar untuk hampir semua jenis produk.

Hal yang hebat tentang mendirikan bisnis kerajinan tangan adalah Anda memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan fans setia daripada merek besar. Handmade telah menjadi identitas  dengan produk berkualitas tinggi, berkelanjutan, dan dipersonalisasi. Hasilnya, tren tersebut menjadi tren favorit di kalangan konsumen dalam beberapa tahun terakhir.

Jika Anda ingin terjun ke kerajinan tangan, penting untuk memastikan bahwa Anda benar-benar menawarkan sesuatu yang bernilai jual. Sementara platform melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memamerkan pekerjaan Anda, menjadi terampil dalam memasarkan produk Anda sendiri sangat membantu dalam membuat Anda menonjol di antara yang lain.

8. Konsultan Media Sosial

Banyak merek menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka karena itu adalah salah satu cara termudah untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Itu berarti mengkurasi, menumbuhkan, dan mengubah identitas merek mereka agar sesuai dengan audiens di ruang online, yang dapat berubah hari demi hari.

Konsultan media sosial bisa menjadi ide bisnis yang sangat menguntungkan bagi lulusan baru karena ini adalah industri yang mendukung kaum muda.

Salah satu rintangan terbesar yang sering dihadapi banyak bisnis adalah terhubung dengan audiens mereka melalui media sosial. Berhubungan dengan target pasar mereka (yang dapat bervariasi tergantung pada merek) bisa sangat rumit.

Namun jika Anda aktif hadir di media sosial dan memiliki pemahaman bawaan tentang apa yang membuat internet menjadi lebih berwarna, Anda dapat memasarkan layanan Anda sebagai konsultan media sosial. Ini dapat mencakup berbagai layanan seperti:

  • Mengelola halaman atau sosial media dari merek tertentu
  • Menjawab pesan pelanggan
  • Memberikan wawasan strategis tentang kampanye pemasaran
  • Menyusun laporan tentang kinerja media sosial

Ini mungkin terdengar seperti banyak pekerjaan, tetapi hasilnya bagus. Gaji rata-rata manajer media sosial adalah sekitar $ 63K setahun, dengan kemungkinan menaikkan tarif mereka tergantung pada hasil kontribusinya. Ini adalah industri yang dibuat khusus untuk lulusan baru, dan industri yang akan terus berkembang dalam waktu dekat.

Jika Anda tertarik membuka jasa konsultan, Anda bias membaca cara lengkap untuk menjadi konsultan sukses melalui tautan ini.

9. Perawatan Hewan Peliharaan dan Layanan Lainnya

Orang-orang menyukai hewan peliharaan. Sekitar 900 juta kucing dan anjing dipelihara sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia, pangsa pasar hewan peliharaan di Indonesia mencapai 15,6% di Asia Tenggara. Selama orang-orang mencintai hewan, akan ada hewan peliharaan yang harus dirawat, yang berarti pasar ini akan tetap ada.

Perawatan hewan peliharaan memiliki banyak layanan yang terkait dengannya: perawatan, berjalan-jalan dengan anjing, asrama, dan penitipan hewan peliharaan hanyalah beberapa contoh.

Dan meskipun pekerjaan dengan penghasilan tertinggi memerlukan sertifikasi perawatan hewan peliharaan, ada banyak layanan lain yang dapat Anda berikan dengan usaha yang jauh lebih sedikit — seperti menjadi dog walker profesional.

Ingatlah bahwa memasuki bisnis perawatan hewan peliharaan membutuhkan kerja keras. Anda membutuhkan kesenangan untuk merawat semua jenis hewan, terutama jika Anda ingin menangani hewan peliharaan yang ceruk atau eksotis.

Biaya di muka untuk mendirikan bisnis semacam ini bisa sangat mahal. Namun untuk industri yang diproyeksikan bernilai $ 269 miliar pada tahun 2025, itu adalah harga kecil yang harus dibayar untuk bisnis yang aman secara finansial.

10. Menjual Keterampilan Anda

Untuk setiap keterampilan yang ada, ada orang yang bersedia membayar untuk mempelajarinya. Mengajari keterampilan Anda kepada orang lain telah menjadi pasar senilai $ 2 miliar, karena banyak konsumen mencari pelatih dan layanan serupa untuk meningkatkan kehidupan mereka, melakukan penelitian untuk pekerjaan, atau sekadar untuk mengembangkan keterampilan baru.

Memang, ini adalah karier yang mungkin sulit untuk dicapai karena Anda membutuhkan pemahaman yang menyeluruh tentang apa yang Anda lakukan, dan cara terbaik untuk menyampaikannya kepada orang lain. Berikut daftar pertanyaan yang mungkin berguna bagi Anda:

  • Hal-hal apa yang Anda lakukan dengan baik di luar pekerjaan?
  • Apakah orang secara rutin meminta Anda untuk mengajari mereka sesuatu?
  • Hal Apa Yang Menbuatmu Tertarik?
  • Kegiatan / profesi / subjek apa yang Anda yakini sudah Anda kuasai dengan baik?
  • Apa poin terkuat Anda yang bisa Anda sampaikan kepada orang lain?

Setelah Anda mengetahuinya, Anda dapat fokus untuk benar-benar menghasilkan pendapatan dari mengajar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari membuat kursus online menggunakan platform seperti Udemy atau Skillshare, hingga memposting tutorial video di YouTube.

Platform ini sudah menerapkan sistem yang menghasilkan pendapatan, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah memperbaiki materi kursus Anda dan mengunggahnya. Anda juga dapat mengadakan lokakarya atau menawarkan layanan konsultasi langsung.

Jika Anda tertarik dengan ide bisnis ini, Anda bisa membaca tipsnya secara mendalam melalui artikel ini.

Lulusan Baru harus Menciptakan Bisnis Baru

Hal terpenting yang perlu diingat sebagai lulusan perguruan tinggi adalah bahwa bisnis yang baik tidak harus sesuai dengan ide bisnis di masa lalu. Banyak lulusan perguruan tinggi yang sukses dengan bisnis kecil, ide-ide baru, atau bahkan hobi mereka!

Mendirikan bisnis saat ini juga tidak seketat dan sesulit dulu. Mahasiswa dapat mendirikan bisnis kecil dalam kenyamanan kamar mereka sendiri atau mengelola bisnis milik keluarga secara online dengan keterampilan pemasaran yang cerdas.

Mengejar sendiri mungkin tampak menakutkan, tetapi itu juga salah satu cara terbaik untuk menyusun dan mengasah keterampilan kewirausahaan Anda!

Sumber : https://aksaragama.com/bisnis/ide-bisnis-untuk-lulusan-baru/

You may also like

Leave a Comment