10 Manfaat Black Sapote alias Kesemek Hitam, Buah Unik yang Bernutrisi Tinggi

by Wijanto T
0 comment

Black sapote (Diospyros nigra) atau kesemek hitam adalah buah yang teksturnya unik seperti puding cokelat. Kulit buahnya berwarna hijau, tetapi dagingnya berwarna hitam.

Buah sapote berasal dari Meksiko dan Amerika bagian tengah. Buah ini mengandung berbagai macam nutrisi, salah satunya vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah black sapote saja, terdapat 200 persen rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin C. Mari kenali manfaat black sapote yang sangat baik untuk kesehatan.

Black sapote dan 10 manfaatnya untuk kesehatan

Daging buah black sapote dapat dimakan mentah atau dikombinasikan dengan susu dan smoothie. Sebagian orang juga gemar melahapnya dengan balutan es krim.

Di balik rasanya yang lezat, ternyata black sapote menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan yang harus dipertimbangkan.

1. Bernutrisi tinggi

Di dalam satu cangkir black sapote, terdapat kandungan nutrisi ini:

  • Kalori: 142
  • Protein: 2,6 gram
  • Lemak: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 34 gram
  • Kalium: 360 miligram
  • Vitamin C: 22 miligram
  • Vitamin A: 420 IU.

Berbagai nutrisi di atas memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh yang optimal. Ditambah lagi, black sapote memiliki rasa yang lezat.

2. Memperkuat sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C black sapote tidak kalah tinggi dari kebanyakan buah sitrus. Jadi tidak heran kalau mengonsumsi black sapote dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Vitamin C yang dikandung black sapote bertindak sebagai antioksidan. Buah ini akan mencegah berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung, yang biasanya disebabkan oleh radikal bebas.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, cobalah konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti black sapote.

Kandungan serat yang dimiliki black sapote dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan sehingga sembelit bisa dicegah.

4. Mengandung kalium yang melimpah

Black sapote adalah buah unik yang memiliki tekstur seperti puding cokelat

Tidak hanya lezat, black sapote juga bernutrisi tinggi!

Black sapote mengandung 350 miligram kalium. Keberadaan elektrolit ini sangat baik untuk pertumbuhan otot dan kesehatan jantung.

Jika tubuh kekurangan kalium, Anda akan lebih berisiko mengalami masalah-masalah kesehatan. seperti tekanan darah tinggi hingga masalah ginjal.

5. Sumber kalsium yang tinggi

100 gram black sapote mengandung jumlah kalsium yang cukup tinggi, yakni 22 miligram. Tidak hanya untuk kesehatan tulang saja, ternyata mineral ini juga dibutuhkan oleh saraf dan otot jantung untuk berfungsi dengan baik.

Selain itu, kalsium yang dikandung black sapote juga bisa mencegah kontraksi otot dan proses pembekuan darah.

6. Mengandung zat besi untuk sel darah merah

Black sapote mengandung zat besi yang digunakan tubuh untuk membantu produksi sel darah merah. Sel darah ini memiliki fungsi penting untuk membantu hemoglobin membawa oksigen ke sel di seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan sejumlah gejala merugikan, seperti kelelahan dan kurang stamina.

7. Menyehatkan mata

Black sapote adalah sumber vitamin A yang cukup tinggi, tepatnya 410 IU dalam 100 gramnya.

Selain itu, vitamin A yang dikandung buah ini juga memiliki peran vital dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun sistem kekebalan tubuh.

8. Mengandung fosfor

Sama seperti kalium dan kalsium, fosfor adalah nutrisi makro yang ada di dalam tubuh. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk pembentukan protein, meningkatkan kesehatan pencernaan, pembentukan tulang, dan kestabilan hormon.

9. Menurunkan berat badan

Black sapote mengandung karotenoid dan katekin yang dapat menginduksi pelepasan lemak, serta membantu organ hati mengubah lemak menjadi energi.

Selain itu, buah ini juga rendah lemak dan rendah kalori. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba black sapote sebagai camilan.

10. Mencegah kanker

Black sapote berasal dari Meksiko dan Amerika bagian tengah

Black sapote berasal dari Meksiko dan Amerika bagian tengah

Black sapote dipercaya bisa mencegah kanker karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh sehingga vitamin ini dipercaya dapat mencegah kanker.

Dalam sebuah studi, mengonsumsi vitamin A dalam bentuk beta-karoten dianggap dapat mencegah kanker serviks, paru-paru, hingga kandung kemih.

Catatan dari SehatQ:

Black sapote merupakan buah bernutrisi tinggi dengan tekstur yang unik. Bagi Anda yang penasaran, cobalah konsumsi buah ini. Selain lezat, kandungan nutrisinya juga sangat menyehatkan.

 

Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-black-sapote-alias-kesemek-hitam-buah-unik-yang-bernutrisi-tinggi

 

 

You may also like

Leave a Comment