10 TEMPAT WISATA PONOROGO PALING INDAH SEAKAN SURGA

by Wijanto T
0 comment

Tempat wisata Ponorogo yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik orang-orang asli Ponorogo maupun para wisatawan telah menjadi kegemaran tersendiri. Ponorogo merupakan daerah yang melahirkan kesenian berupa Reog Ponorogo. Reog Ponorogo sudah sangat terkenal hingga mancanegara karena kesenian tersebut memang teramat menakjubkan. Setiap orang yang mendengar nama Ponorogo maka juga akan mengingat Reog, karena kota inilah yang melahirkan kesenian menakjubkan tersebut.
Selain terkenal dengan kesenian Reog, Ponorogo juga menyimpan kekayaan alam yang memesona, banyak terdapat tempat wisata Ponorogo yang perlu Anda ketahui lebih dalam. Karena jika Anda berencana untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman ke daerah Jawa Timur, Anda jangan sampai melewatkan untuk mampir ke Ponorogo, baik untuk menikmati kesenian ataupun pesona alam yang ada di Ponorogo.
Berikut adalah ulasan mengenai 10 tempat wisata Ponorogo paling indah seakan surga yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah:

10 Tempat Wisata Ponorogo

1. Gunung Gajah Ponorogo

Bagi Anda yang menyukai pendakian namun masih pemula, Gunung Gajah Ponorogo yang mencapai ketinggian 1000 Mdpl dengan jalur pendakian yang cukup mudah, akan sangat cocok. Selain bisa dengan berjalan kaki, track ini juga bisa dilalui dengan menggunakan sepeda motor. Setelah sampai pada Puncak, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari puncak. Menaiki gunung Gajah Ponorogo yang tidak terlalu tinggi akan menghemat tenaga Anda untuk sampai ke puncak.

2. Air terjun Widodaren

Tempat Wisata Ponorogo

Jika Anda ingin menikmati rasanya dipijat-pijat oleh air, maka mengunjungi air terjun adalah pilihan yang tepat. Ponorogo memiliki air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini terletak di desa Bulu, kecamatan Jambon. Jarak dari Kota Ponorogo tidak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 30 menit saja untuk sampai ke air terjun Widodaren. Jangan khawatir, untuk akses jalan menuju ke kecamatan Jambon sudah sangat baik, Anda dapat menggunakan sepeda motor untuk sampai ke tujuan.

3. Air terjun pletuk yang bagaikan surga

Selain air terjun Widodaren yang sangat cantik, Ponorogo juga memiliki Air terjun yang dikelilingi oleh perbukitan dan berbagai macam pepohonan, yaitu air terjun Pletuk. Masyarakat di sekitar juga menyebut air terjun ini sebagai air terjun Coban Temu.
Air terjun Pletuk memiliki ketinggian 30 meter, bagi Anda yang ingin menikmati air terjun dan pemandangan yang menjuntai indah di sekelilingnya, cobalah ke air terjun Pletuk. Selain melihat keindahannya yang memesona, tubuh juga akan terasa rileks.

Air Terjun Pletuk; Eksotisme Air Terjun Ponorogo

4. Goa Lowo Sampung

Tempat Wisata Ponorogo

Gua memang identik dengan tempat yang menyeramkan karena gelap, namun banyak orang justru suka menjelajahi gua. Karena di dalam gua terdapat ketenangan dan kesejukan yang khas. Ponorogo juga memiliki gua yang dapat Anda kunjungi dan nikmati, yaitu gua Lowo. Goa Lowo berada di daerah dusun Boworejo kecamatan Sampung Ponorogo. Goa ini dinamakan gua Lowo karena di dalam gua terdapat banyak sekali kelelawar.

5. Goa Maria Fatima

Ponorogo juga memiliki goa dengan disertai patung Maria Fatima yang terkenal akan keindahannya. Goa ini berada di Desa Klepu, kecamatan Sooko. Tempat ini selalu ramai karena banyak peziarah dari umat Katolik yang datang dari berbagai daerah diluar Ponorogo.
Goa ini menarik untuk dikunjungi karena letaknya yang di lereng gunung dan berada di bawah kawasan hutan pinus. Suasana yang damai dan sejuk akan selalu membersamai para pengunjung yang mengunjungi tempat ini.

6. Hutan wisata Kucur

Tempat Wisata Ponorogo

Tempat wisata Ponorogo berikutnya adalah hutan wisata Kucur atau yang biasa dikenal dengan sebutan taman wisata Kucur. Taman wisata ini terletak di Kecamatan Badegan. Di hutan wisata Kucur ini terdapat sumber air atau kucur yang membentang. Hutan wisata Kucur sering digunakan untuk tempat perkemahan, dan sudah menjadi taman nasional di Ponorogo. Bagi Anda yang ingin menikmati kesejukan diantara pepohonan jati yang rindang dan sumber mata air yang segar, segeralah datang ke hutan wisata Kucur, jaraknya hanya 20 kilo dari Kota Ponorogo.

7. Taman wisata Ngembang Ponorogo

Jika Anda ingin berjalan-jalan santai di pagi atau sore hari, taman wisata Ngembang sangat cocok untuk menjadi tujuan Anda berjalan-jalan santai. Taman wisata Ngembang adalah taman yang memiliki sumber air dan terdapat taman bermain bagi anak, selain itu taman taman ini juga menyediakan kolam renang bagi anak-anak. Lokasi taman Ngembang Ponorogo sangat dekat dengan kota, yaitu hanya berjarak 3 kilometer saja dari pusat kota.
Lokasi taman wisata Ngembang berada di Kecamatan Siman, Ponorogo, Jawa Tengah.

8. Telaga Ngebel

Mungkin Anda sudah sangat mengenal dengan telaga Ngebel, telaga ini memangs sudah sangat terkenal karena keindahannya. Danau alami ini memang sangat memesona dan selalu menarik untuk di kunjungi bersama keluarga ataupun bersama teman-teman. Lokasi telaga Ngebel berada dikecamatan Ngebel, Ponorogo Jawa Timur.

9. Sungai Kali Keyang

Selain air terjun dan telaga, Ponorogo juga memiliki sungai yang menjadi obyek wisata. Sungai ini memiliki air yang bersih pun menyegarkan. Sumber air sungai kali kenyang langsung dari lereng gunung Wilis. Di sungai kali keying juga banyak terdapat bebatuan yang besar. Jika Anda mengunjungi sungai kali keying, maka Anda dapat berfoto ria dengan bebatuan dan air di sungai.

10. Bukit Pare

Tempat Wisata Ponorogo

Tempat wisata Ponorogo berikutnya adakah bukit pare yang terletak di Desa Cepoko, kecamatan Ngrayun Ponorogo. Bukit ini memiliki panorama yang sangat memesona. Selain memesona, bukit yang terbentang juga sangat digemari oleh anak-anak muda.

Jika Anda mengunjungi bukit Pare, jangan lewatkan untuk berselfie dan berfoto ria. Atau Anda juga bisa membawa tikar dan makanan untuk dinikmati keluarga atau teman-teman saat mengunjungi bukit Pare.
Demikianlah tempat wisata Ponorogo paling indah seakan surga yang bisa Anda kunjungi jika berwisata ke Ponorogo. Berlibur bersama keluarga atau teman memang membutuhkan banyak persiapan yang baik, salah satunya adalah dengan mencari informasi mengenai tempat-tempat wisata apa saja yang ada di daerah yang akan dikunjungi. Selain mencari informasi mengenai tempat wisata, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan saat ingin berlibur, khususnya berlibur di Ponorogo. Pertama, sediakan budget sesuai rencana dan kemampuan, kedua, jagalah kesehatan sebelum pergi berlibur, dengan badan yang sehat makan berlibur akan terasa nyaman, ketiga, jika Anda berlibur bersama teman-teman, berliburlah dengan teman-teman yang asik. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi liburan Anda, agar terasa lebih menyenangkan.

Nah… setelah mengetahui informasi-informasi mengenai tempat wisata Ponorogo yang memesona serta hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak berlibur. Saat Anda sudah berada di Ponorogo juga harus selalu berlaku baik terhadap masyarakat sekitar. Selain berlaku sopan terhadap masyarakat, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan alam di Ponorogo. Jangan sampai merusak atau membuang sampah sembarangan di tempat-tempat wisata yang ada di Ponorogo.

Sumber : https://www.gotravelly.com/blog/tempat-wisata-ponorogo/

You may also like

Leave a Comment