14 Tempat Wisata di Yogyakarta Selain Kawasan Gunung Merapi

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Gunung Merapi berada di status Siaga (Level III) sejak Kamis (5/11/2020). Akibatnya banyak kawasan wisata yang dianggap berada di zona merah Gunung Merapi harus ditutup operasionalnya. Namun Yogyakarta tak hanya punya tempat wisata di sekitar kawasan Gunung Merapi saja. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar kota pelajar ini yang berada jauh dari area rawan bencana Gunung Merapi.

 

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Jogja, Spot Wisata Baru Yang Lagi Hits Di Bantul - Daka Tour

1. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Kamu bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian. Ada beberapa gardu pandang yang tersedia yang juga jadi spot Instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Selain berswafoto dengan latar alam perbukitan dan hutan yang hijau, kamu juga bisa melihat matahari terbit dari atas awan. Jam operasionalnya Selasa-Minggu pukul 04.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 3.000 saja dengan parkir mobil Rp 5.000 dan motor Rp 3.000. Kamu juga bisa cek akun Instagram @bukitpanguk_kediwung atau lihat di aplikasi Visiting Jogja.

Wisata Kalibiru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kalibiru

Letaknya di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo. Jam operasionalnya Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Kawasan Wisata Kalibiru punya banyak spot Instagramable. Beberapa di antaranya berupa spot foto dari ketinggian yang memperlihatkan latar alam cantik seperti bukan di Yogyakarta. Salah satunya pemandangan Waduk Sermon dan Pegunungan Menoreh yang indah. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000. Di dalamnya ada harga berbeda untuk tiap spot foto, berkisar mulai dari Rp 10.000 – Rp 30.000. Selain spot foto, ada pula aneka permainan outbound yang seru dengan harga yang terjangkau.

3. Gerbang Banyu Langit

Tempat wisata ini terletak di Jalan Bintaran Kulon RT06, Bantaran Kulon, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Jam operasionalnya Selasa-Jumat pukul 08.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB.

Letaknya tak jauh dari Sungai Opak sehingga para pengunjung bisa bemain ayunan atau ban karet di sudut sungai. Kamu juga bisa berfoto di ikon Gerbang Banyu Langit yakni menara bambu dengan tiga lantai. Kedua menara dihubungkan dengan jembatan yang juga Instagramable. Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung tidak dipungut biaya melainkan hanya uang parkir sepeda motor Rp 20.000 dan mobil Rp 5.000. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi akun Instagram @gerbangbanyulangit atau aplikasi Visiting Jogja.

Para Pengunjung Memasuki Gua Kalisuci, Semanu, Gunungkidul

4. Goa Kalisuci

Mungkin banyak wisatawan yang sudah familiar dengan Goa Kalisuci. Lokasinya di Dusun Jetis Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Di sana kamu bisa melakukan wisata cave tubing sekitar 1,5 jam mengarungi sungai yang segar. harga untuk melakukan cave tubing adalah Rp 120.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 250.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa lihat di aplikasi Visiting Jogja.

Grojogan Watu Purbo

5. Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo terletak di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Jam operasionalnya Senin-Minggu pukul 06.00-18.00 WIB. Tempat ini terkenal akan air terjun enam tingkatnya. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa berswafoto dengan latar belakang air terjun yang unik tersebut. Tepat di bawah air terjun, terdapat beberapa bebatuan besar yang bisa dijadikan tempat duduk.

Kamu juga bisa menelusuri setiap tingkat air terjun. Jika ingin mendapat sisi lain air terjun, bisa juga menelusuri jembatan di dekat air terjun atau dari tepi kolam air yang dipenuhi rerumputan. Tempat wisata ini tidak mengenakan tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan. Sepeda Rp 2.000, motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus Rp 20.000. Lokasi parkir ada di sebelah timur Grojogan Watu Purbo yang nantinya juga akan dijadikan zona camping ground seluas kira-kira 4.000 meter persegi. Dari sana, tinggal jalan kaki sekitar 50 meter untuk sampai di posisi air terjun.

Ilustrasi pemandangan sunset di Tebing Breksi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Tebing Breksi

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Desa Lengkong, Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Wisatawan biasa datang ke Tlatar Seneng untuk melihat berbagai batuan breksi dengan bentuk dan corak yang unik. Tempat ini dulunya adalah bekas pertambangan. Namun jangan salah, hal itu justru membuatnya jadi semakin unik. Ada beberapa spot Instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Kamu juga bisa menaiki beberapa tebing melalui anak tangga yang telah disediakan. Dari sana, kamu bisa melihat pemandangan dari perbukitan dan perkotaan di sekitar. Tebing breksi buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Harga tiketnya cukup Rp 5.000 per orang.

Kamu juga bisa menaiki beberapa tebing melalui anak tangga yang telah disediakan. Dari sana, kamu bisa melihat pemandangan dari perbukitan dan perkotaan di sekitar. Tebing breksi buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Harga tiketnya cukup Rp 5.000 per orang.

Potret Candi Prambanan diambil dari Candi Nandi.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan mungkin jadi salah satu tujuan utama wisata candi di Yogyakarta. Terletak di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, No. 16, Kranggan, Bokoharjo. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dengan tinggi bangunan utama mencapai 47 meter. Ada ratusan candi di kompleks ini, sekitar 250 candi kecil di lahan seluas 39,8 hektar. Ada tiga canti utama yakni 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, dan 8 Candi Patok di halaman utama. Sementara 244 Candi Perwara terletak di halaman kedua.

Selain melihat bangunan candi yang kaya sejarah, kamu juga bisa menyaksikan Sendratari Ramayana di sini. Ada pula Prambanan Sunrise Performance, Prambanan Temple Camp, dan Junior Archeologist. Harga tiket pengunjung dewasa adalah Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak.

Candi Ratu Boko

8. Candi Ratu Boko

Tak hanya Candi Prambanan, di Yogyakarta juga ada Candi Ratu Boko yang terletak di sebelah selatan kompleks Candi Prambanan. Candi ini tak kalah cantik dengan candi lainnya. Ada gapura pintu masuk istana yang masih berdiri kokoh dan pastinya jadi spot foto yang cantik. Di tengah kompleks candi juga terdapat kolam pemandian, lapangan, candi pembakaran, dan paseban.

Sore hari menjelang sunset jadi waktu yang paling pas untuk berfoto. Pasalnya kamu bisa mendapatkan foto yang khas dengan cahaya sore yang cantik dan siluet gapura candi sebagai latarnya. Selama pandemi Covid-19 ini pengunjung harus membeli tiket masuk secara online terlebih dahulu dengan tanggal yang pasti. Untuk wisatawan domestik harga tiket masuknya Rp 40.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak. Sementara untuk wisatawan asing harga tiketnya Rp 350.000 untuk orang dewasa dan Rp 210.000 untuk anak-anak. Jam operasionalnya Senin-Minggu pukul 06.00-17.00 WIB.

Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta yang pernah di kagumi oleh Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Kamis (12/9/2019).

9. Taman Pintar

Taman Pintar berlokasi di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Yogyakarta. Jam operasionalnya Rabu-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB. Di sini ada beberapa wahana menarik yang bisa kamu coba. Seperti Oval Kotak bagi yang ingin belajar sains, Planetarium, Bahari jika ingin menaiki mini boat, dan Kampung Kerajinan. Harga tiket masuk untuk anak-anak Rp 12.000 sementara untuk dewasa Rp 20.000. Sementara untuk menikmati beberapa wahana kamu perlu membeli tiket lagi. Beberapa di antaranya adalah Gedung Oval Kotak dengan harga Rp 12.000-Rp 20.000 dan Wahana Bahari Rp 4.000. untuk info lebih lengkap kamu bisa mengunjungi laman Instagram @tamanpintar_yogyakarta dan aplikasi Visiting Jogja untuk pembelian tiket.

Museum Benteng Vredeburg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

10. Museum Benteng Vredeburg

Tak perlu jauh-jauh ke pinggir kota, kamu bisa juga mengunjungi Museum Benteng Vrederburg yang terletak tak jauh dari perempatan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Tak jauh pula dari Jalan Malioboro. Letaknya di Jalan Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Jam operasionalnya setiap Selasa-Jumat pukul 09.00-14.00 WIB. Harga tiketnya pun terjangkau, Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 3.000 untuk dewasa. Wisata sejarah di bangunan yang dibangun tahun 1760-an oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Di dalamnya ada banyak diorama mulai dari peristiwa Pangeran Diponegoro, masa kependudukan Jepang, proklamasi kemerdekaan Indonesia, agresi militer Belanda, dan masih banyak lagi. Arsitektur bersejarah di bangunan yang dulunya dijadikan benteng pertahanan Belanda ini juga sayang untuk dilewatkan.

Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

11. Kebun Binatang Gembira Loka

Letaknya di Jalan Kusumanegara No. 187, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Jam operasionalnya Senin-Minggu 08.00-17.00 WIB. Jika sedang berada di sekitar pusat kota, kamu bisa coba kunjungi kebun binatang ini. Ada berbagai koleksi satwa di sini seperti harimau, singa, gajah, orangutan, penguin, ular, beruang, buaya, dan masih banyak lagi. Tak itu saja, ada pula atraksi satwa di mana kamu bisa melihat satwa dari dekat. Salah satunya atraksi reptil mulai dari buaya kecil hingga ular piton. Ada pula atraksi feeding time atau waktu pemberian makan satwa. Harga tiket masuk Kebun Binatang Loka yakni Rp 60.000 untuk hari biasa dan Rp 75.000 untuk akhir pekan dan libur Nasional.

Pengunjung berfoto di jembatan Skybridge milik Heha Sky View, Gunung Kidul, Yogyakarta.

12. HeHa Skyview

Di Gunungkidul terdapat tempat wisata yang Instagramable yakni HeHa Sky View. Tempat ini menawarkan beragam spot foto bagi para pengunjungnya. Salah satu yang ikonik adalah rooftop setengah terbuka di lantai tiga restoran dengan Sky Glass-nya. Spot foto ini merupakan teras yang terbuat dari kaca. Ada pula area bean bag yang ada di samping area Sky Balloon, balon udara yang juga jadi spot foto yang tidak bisa dilewatkan. Ada tarif khusus untuk berfoto yakni Rp 20.000-Rp 30.000 per orang.

Selain spot foto, ada pula fasilitas food stall yang memastikan pengunjung tidak kelaparan selama berwisata. Harga tiketnya bervariasi sesuai hari dan waktu tertentu. Hari Senin hingga Kamis mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB pengunjung dikenakan tarif Rp 10.000 per orangnya. Sementara jam selanjutnya yaitu pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB dikenakan tarif Rp 15.000.

Studio Alam Gamplong di Yogyakarta

13. Studio Alam Gamplong

Tak hanya wisata alam, kamu juga bisa coba berkunjung ke Studio Alam Gamplong di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyundan, Kabupaten Sleman. Tak jauh dari Sungai Progo.

Di sana, kamu bisa menemukan bangunan bertemakan abad ke-16. Tempat ini dulunya sempat beberapa kali digunakan sebagai lokasi syuting beberapa film. Mulai dari Sultan Agung hingga Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo. Tidak ada tarif khusus untuk tiket masuknya. Pengunjung bisa membayar seikhlasnya saja. kamu hanya perlu membayar biaya parkir mulai dari Rp 2.000 – Rp 20.000 sesuai jenis kendaraan. Studio Alam Gamplong buka Selasa-Jumat pukul 08.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-19.00 WIB.

Puncak Segoro, Yogyakarta

14. Puncak Segoro

Ingin berfoto di tepi pantai? Puncak Segoro tempatnya. Bukan pantai biasa, kamu bisa berfoto dengan latar pantai dari ketinggian. Letaknya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Harga tiket masuknya Rp 5.000 dengan biaya parkir motor Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Selain tiket masuk, untuk bisa berfoto di beberapa spot kamu juga perlu membayar lagi sekitar Rp 15.000-Rp 25.000. Jam operasionalnya Selasa-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-17.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “14 Tempat Wisata di Yogyakarta Selain Kawasan Gunung Merapi”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/11/11/111700127/14-tempat-wisata-di-yogyakarta-selain-kawasan-gunung-merapi?page=all#page2.
Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Kahfi Dirga Cahya

You may also like

Leave a Comment