3 Negara Dengan Penanganan Covid Terbaik Di Dunia

by joe han
0 comment

Hingga saat ini, terdapat beberapa negara yang diklaim melakukan penanganan Covid terbaik di dunia. Berikut ulasan penanganan yang dilakukan negara tersebut.

Keberhasilan penanganan Covid-19 berkaitan erat dengan sistem kesehatan di masing-masing negara. Sejauh ini, terdapat sejumlah negara yang diklaim memberikan penanganan Covid terbaik di dunia.

Penanganan terbaik virus Covid-19 di negara-negara berikut diperlihatkan dengan kurva yang semakin menurun. Rendahnya kasus baru setiap harinya. Sampai juga kurva kesembuhan yang semakin meningkat.

Terdapat korelasi nyata antara kemampuan sebuah negara untuk menanggapi serta menangani virus Covid-19 dengan sistem kesehatan yang dimiliki. Semakin baik sistem kesehatan dalam sebuah negara, maka semakin baik pula penanganan kala pandemi.

Meski juga terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi efektivitas penanganan Covid-19 di sebuah negara.

Berikut ini merupakan negara dengan penanganan Covid terbaik di dunia.

1. Taiwan

Taiwan bisa dikatakan sebagai negara pertama yang menunjukan sistem penanganan terbaik virus Covid-19.

Berada tepat di sebelah Cina, yang merupakan “awal mula” penyebaran virus Covid-19, Taiwan awalnya diprediksi akan mengalami saat tersulit selama pandemi.

Taiwan menggunakan pendekatan berbeda dalam penanganan virus Covid-19. Bila negara-negara lain memilih untuk menutup pusat ekonomi demi memperlambat penyebaran virus. Taiwan justru hanya memastikan warganya dilacak dengan tepat.

Negara ini langsung memberlakukan aturan untuk menutup perbatasan. Sekaligus juga menghentikan ekspor masker. Pemerintah memberlakukan aturan pelacakan ketat. Termasuk dengan melacak melalui kartu SIM demi mengidentifikasi dan memastikan aturan karantina dipatuhi.

Sistem kesehatan Taiwan sendiri menggunakan single-payer, atau pembayar tunggal. Pekerja medis melakukan briefing untuk publik setiap hari demi memastikan informasi mengenai virus Covid-19 diterima secara meluas.

Selain itu, meski pusat bisnis tetap buka dilakukan berbagai tindakan pencegahan agresif. Seperti pengukuran suhu, sampai penggunaan sanitizer sebelum memasuki area bisnis.

Penanganan Covid terbaik yang dilakukan Taiwan, dengan respon yang terbilang cepat tidak lain juga karena pengalaman menghadapi pandemi SARS 20 tahun sebelumnya.

Data Covid di Taiwan saat ini menunjukan 455 kasus, dengan hanya 7 kematian.

2. Singapura

Singapura menjadi negara berikutnya yang menunjukan respon terbaik Covid-19 di dunia. Data Covid-19 yang dilaporkan Singapura sebanyak 47,912 kasus.

Seperti juga Taiwan, Singapura menekankan pada sistem contact-tracing. Dimana termasuk melakukan pemindaian ID di supermarket. Selain itu penanganan atas virus corona dilakukan dengan pengujian secara luas.

Pemerintah Singapura juga membangun ruang tempat tidur sementara dalam waktu singkat. Sehingga proses penampungan dan karantina pasien Covid-19 dapat berlangsung dengan cepat. Memastikan angka kematian tetap rendah.

Proses penanganan terbaik Covid-19 di Singapura juga tidak lain berkat pengalaman mengatasi pandemi SARS sebelumnya.

3. Korea Selatan

Korea Selatan menunjukan penanganan yang cukup agresif atas Covid-19. Walau pada akhirnya ini membantu menekan angka kematian, yang sampai saat ini tercatat di bawah .02% populasi.

Cara penanganan yang dilakukan Korea Utara mencangkup pengembangan tes Covid-19. Produksi alaT tes ditingkatkan hingga mencapai ribuan per-hari saat kasus mereka sendiri kala itu masih di bawah 100.

Korea Selatan juga terus meningkatkan kewaspadaan atas bahaya coronavirus. Dilakukan juga pengujian dan tes massal secara ekstensif. Serta pelacakan kontak, isolasi, dan juga perawatan insentif.

Teknologi pelacakan pasien Covid-19 secara real time juga membantu mengontrol penyebaran virus secara meluas.

Penanganan virus Covid-19 di Korea Selatan didasari atas pengalaman menghadapi pandemi MERS di tahun 2015. Sehingga pemerintah negara tersebut sudah memiliki tingkat kewaspadaan tersendiri. Disertai dukungan sistem kesehatan dan teknologi terdepan.

Menilik dari 3 negara tersebut di atas, penanganan Covid-19 memang bergantung pada beberapa faktor.

1. Pelacakan penyebaran

Pelacakan penyebaran Covid-19 menjadi fokus utama penanganan di Taiwan, Singapura, sampai Korea Selatan. Di Taiwan bahkan dilakukan pelacakan melalui SIM seluler warga mereka untuk memastikan tetap mengikuti aturan isolasi.

Sedangkan di Singapura, aktivitas warga dipantau melalui ID.

Cara ini dilakukan demi memastikan pemerintah mengetahui arah penyebaran.

2. Tes meluas

Tes yang meluas sudah dilakukan ketiga negara di atas dalam upaya penanganan Covid-19. Korea Selatan memastikan memproduksi alat tes demi melakukan pengujian meluas pada warganya.

Dilakukan tes secara meluas ini selain membantu mencegah penyebaran. Juga memastikan pasien mendapatkan penanganan intensif.

3. Perawatan intensif

Perawatan pasien juga tidak kalah penting dalam upaya penanganan virus Covid-19. Walau diklaim belum ada obat, namun pasien yang mendapatkan perawatan intensif memiliki potensi sembuh lebih besar.

Penanganan Covid-19 terbaik yang dilakukan negara membantu mengatasi pandemi lebih cepat. Selain itu penanganan terbaik Covid-19 juga membuat warga bisa segera bisa beraktivitas normal.

Indonesia sendiri saat ini menekankan pada protokol kesehatan untuk penanganan Covid-19. Seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menghindari kerumunan. Serta tentunya melakukan pengecekan kesehatan bila diperlukan.

Sumber:

https://time.com/5851633/best-global-responses-Covid-19/

https://kabar24.bisnis.com/read/20200420/79/1229842/5-negara-dengan-penanganan-virus-terbaik-di-dunia/

http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Protokol-Kesehatan-Covid-19.pdf

You may also like

Leave a Comment