4 Gejala Awal Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Gejala awal serangan jantung seringkali tak dirasakan sehingga banyak orang yang harus kehilangan nyawa karena penyakit ini. Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Padahal, suplai darah cukup penting untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke otot jantung agar bekerja optimal. Jika darah tidak mengalir lancar, jantung bisa rusak atau mati. Tentunya, kondisi ini bisa mengancam nyama.

Serangan jantung memang terjadi secara tiba-tiba tetapi biasanya telah disebabkan oleh penyakit jantung yang sudah berlangsung lama. Misalnya, adanya penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Lambat laun, hal ini bisa menghambat aliran darah dan memicu serangan jantung. Selain itu, aktivitas fisik terllau tingi, cuaca yang dingin dan stres juga bisa membuat pembuluh darah berkontraksi atau kejang yang dapat menurunkan suplai darah ke otot jantung.

Faktor risiko

Menurut data Helathline, ada sejumlah faktor risiko yang memicu serangan jantung. Berikut faktor risiko tersebut:

  • usia
  • genetik
  • tekanan darah tinggi
  • kolesterol Tinggi
  • obesitas
  • pola makan buruk
  • stres
  • gaya hidup pasif.

Gejala

Melansir laman Heart Foundation, beberapa kasus seragan jantung biasanya terjadi secara tiba-tiba dan intens/ Namun, ada pula yang diawali dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan ringan. Selain itu, serangan jantung juga bisa disertai gejala awal berikut:

1. Ketidaknyamanan di dada

Kebanyakan serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau mungkin hilang dan kemudian kembali lagi. Gejala tersebut bisa terasa seperti tekanan tidak nyaman, ajntung seperti diremas-remas atau nyeri.

2. Rasa tidak nyaman di area tubuh atas

Gejala awal serangan jantung dapat berupa nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut.

3. Sesak napas

Sesak napas bisa muncul dengan sendirinya atau bersama dengan rasa tidak nyakan di dada. Pada wanita, gejala sesak napas bisa terjadi bersama dengan rasa lelah yang ekstim.

4. Sakit kepala ringan

Kepala terasa ringan dan pusing bisa menjadi tanda awal serangan jantung, khususnya wanita. Gejala ini juga bisa membuat penderitanya seolah-olah akan pingsan saat mencoba untuk berdiri atau memaksakan diri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Gejala Awal Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/28/090400968/4-gejala-awal-serangan-jantung-yang-harus-diwaspadai?page=all#page2.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

You may also like

Leave a Comment