4 Jenis Hormon Bahagia Pada Tubuh Perlu Dibangkitkan Supaya Tidak Stres, Ini Caranya

by joe han
0 comment

GridHEALTH.id –  4 Jenis Hormon Bahagia Pada Tubuh Perlu Dibangkitkan Supaya Tidak Stres, Ini Caranya

Supaya terhindar stres yang bisa menurunkan imunitas tubuh, kita harus bahagia.

Karenanya wajib di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini selalu bahagia.

Nah, bahagia tidak bisa datang sendiri, tapi bahagia sudah ada di dalam tubuh kita.

Ada empat hormon pembuat bahagia di dalam tubuhh kita.

Tugas kita adalah bisa membangkitkannya.

Nah, pada kesempatan kali ini, GridHEALTH.id akan mengulas empat jenis hormon bahagia yang ada dalam tubuh.

Termasuk bagaimana cara membangkitkannya.

1. Dopamin

Dopamin adalah hormon kesenangan yang dikeluarkan ketika kita berusaha untuk menggapai tujuan hidup.

Hormon dopamin menginspirasi kita untuk fokus pada pekerjaan, sehingga kita dapat mencapai kepuasan mencapai tujuan itu.

Ini juga membuat kita tetap waspada secara mental dan juga membantu untuk tetap fokus.

Sementara itu, untuk meningkatkan hormon dopamin, Natalya Fazylova, spesialis kesehatan dan kebugaran holistik berbasis di New York mengatakan, salah satu cara utama untuk meningkatkan dopamin adalah dengan mengurangi stres.

Adapun cara lainnya dengan mengonsumsi minuman teh hijau, mendapatkan pijatan, mendengarkan musik, berolahraga, dan bermeditasi.

2. Serotonin

Sebagai hormon kunci kebahagiaan, serotonin mengalir saat kita merasa puas, berprestasi, dan merasa penting. Jika ada kekurangan hormon ini dalam tubuh, maka kita cenderung merasa kesepian, suram dan tidak bahagia.

Dengan hormon ini dapat membantu kita mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan meningkatkan memori.

Untuk meningkatkan hormon serotonin, adalah memantau gejala PMS, hal ini dikarenakan kadar serotonin memiliki hubungan langsung dengan beberapa gejala PMS.

Adapun cara yang bisa dilakukan dalam memantau gejala PMS seperti mengonsumsi suplemen nutrisi seperti vitamin B6, kalsium, vitamin D, dan magnesium.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan triptofan, seperti susu, unggas, ikan, telur, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Berolahraga dan berada di bawah sinar matahari juga menjadi cara lain untuk meningkatkan serotonin.

3. Endorfin

Endorfin adalah penghilang rasa sakit alami tubuh, yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan.

Tingkat endorphin juga cenderung meningkat ketika kita terlibat dalam aktivitas fisik, seperti makan, berolahraga, atau berhubungan seks. Bahkan tertawa juga bisa meningkatkan hormon endorfin.

Selain itu, hormon endorfin juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi coklat dan makanan yang pedas.

4. Oksitosin

Oksitosin dikenal dengan hormon cinta, yang membangun hubungan yang kuat dan sehat. Hormon ini dilepaskan dengan nada tinggi selama hubungan dekat dengan pasangan, ikatan antara orangtua dan anak, juga terjadi saat melahirkan dan menyusui.

Hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan.

Adapun hal yang dapat meningkatkan hormon oksitosin yaitu dengan kasih sayang fisik seperti berciuman, berpelukan, dan seks.

Itulah berbagai jenis hormon bahagia dan cara meningkatkannya.(*)

sumber : https://health.grid.id/amp/352217336/4-jenis-hormon-bahagia-pada-tubuh-perlu-dibangkitkan-supaya-tidak-stres-ini-caranya?page=all

You may also like

Leave a Comment