5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal

by joe han
0 comment

Sereal menjadi pilihan sarapan untuk diet karena enak, praktis dan kaya nutrisi. Tetapi ada kesalahan sarapan sereal yang justru bikin diet gagal.

Sereal menjadi menu kegemaran berbagai kalangan saat sarapan. Nutrisinya yang cukup, sederhana, dan enak menjadi alasan mengapa sereal dipilih sebagai pembuka hari.

Kini sereal juga beragam jenisnya. ada pilihan sereal dari gandum utuh yang menyehatkan untuk berdiet. Tetapi nyatanya banyak pelaku diet yang sarapan sereal tetapi gagal menurunkan berat badan.

Berikut ini 5 kesalahan sarapan dengan sereal yang bisa merusak diet, dirangkum dari Body and Soul :

1. Jenis Sereal yang Salah

5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal

Beberapa sereal terbuat dari bahan yang tinggi karbohidrat. Konsumsi karbohidrat yang tinggi ini akan meningkatkan asupan kalori pada tubuh.

Dalam memilih sereal perhatikan baik-baik bahan utama pembuatan sereal. Kandungan pada sereal biasanya bisa langsung dilihat informasi nutrisi pada sisi kemasan.

Pilih sereal yang terbuat dari gandum utuh, tanpa gula tambahan dan tinggi akan serat. Sereal yang terbuat dengan komposisi seperti ini memiliki kadar kalori yang lebih rendah dan baik untuk menurunkan berat badan.

2. Makan Sereal Terlalu Banyak

5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal

Porsi makan menjadi kunci utama dalam upaya mengurangi berat badan. Termasuk saat mengonsumsi sereal. Orang sering tergoda menambah jumlahnya karena sereal ringan bentuknya.

Memang sereal juga tidak terlihat berminyak yang mengandung banyak kalori tetapi pembatasan saat mengonsumsi sereal tetap diperlukan. Karena masing-masing jenis punya kandungan kalori berbeda.

Lihat saran takaran penyajian pada kemasan. Cukup 1/3 untuk sereal atau 1/2 cup muesli per kali santap. Takaran ini setara dengan 2 porsi sajian biji-bijian.

3. Rendah Kandungan Serat

5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal

Dalam proses menurunkan berat badan serat sangat dibutuhkan untuk kelancaran pencernaan dan metabolisme tubuh. Sereal yang tepat untuk itu adalah yang banyak mengandung serat.

Pilih jenis sereal dengan bahan dasar gandum utuh. Sereal yang terbuat dari gandum utuh setidaknya mengandung 5 gram serat.

Serat menjadi elemen penting dalam metabolisme dan pencernaan tubuh. Jika metabolisme dan pencernaan tubuh bekerja dengan bagus maka tubuh juga akan membakar kalori dengan baik.

4. Nutrisi Sereal yang Kurang Seimbang

5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal

Sarapan dengan sereal memang menjadi pilihan sarapan yang ringkas dan mudah. Namun keseimbangan nutrisi dan kandungan pada sereal harus tetap diperhatikan.

Walaupun hanya sekadar sarapan, kelengkapan kandungan pada sereal harus tetap dicermati. Sereal yang bisa disebut sebagai sereal sehat adalah yang mengandung cukup nutrisi untuk tubuh.

Jika sedang dalam proses menurunkan berat badan, usahakan agar sereal mengandung cukup protein dan tidak hanya karbohidrat. Misalnya dengan menambahkan susu atau yogurt atau bahkan buah-buahan segar. Protein ini penting untuk membantu tubuh membakar kalori.

5. Terlalu Banyak Bahan Tambahan

5 Kesalahan Sarapan Sereal yang Bisa Bikin Diet Gagal

Secangkir sereal dengan susu mungkin akan terasa hambar dan membuat sarapan menjadi membosankan. Kebanyakan orang akan memilih menambahkan buah-buahan kering atau selai kacang.

Faktanya tambahan bahan tersebut tidak baik untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Penambahan bahan-bahan itu hanya akan menambah asupan kalori.

Hanya sereal dengan susu sudah cukup untuk sarapan sehat dan rendah kalori. Jika mau tambahkan potongan buah segar yang rendah kalori.

Sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-5269571/5-kesalahan-sarapan-sereal-yang-bisa-bikin-diet-gagal/

You may also like

Leave a Comment