6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Paling Mudah

by joe han
0 comment

Kesehatan mata perlu dijaga sejak dini. Terlebih dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Untuk itu, yuk cari tahu seputar cara menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata perlu dilakukan sejak dini. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal buruk yang mungkin saja sedang dialami oleh mata kita. Lantas hal apa saja yang harus dilakukan agar mata tetap sehat?

Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Sehat dan Jernih

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Simak cara menjaga kesehatan mata berikut ini.

1. Cek Kesehatan Mata Setiap 2 Tahun Sekali

Cek kesehatan mata umumnya dilakukan setiap dua tahun sekali. Ini berlaku untuk anak-anak mapun dewasa. langkah ini diharapkan dapat mendiagnosis lebih awal mengenai masalah pada pengelihatan oleh sebab penyakit tertentu.

Penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mata umumnya berupa tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain itu, pada usia lanjut juga semakin rentan mengalami gannguan mata seperti katarak, glukoma dan degenerasi macula.

Untuk itu, Anda yang saat ini berusia 40 tahun keatas wajib memeriksakan mata secara rutin 2 tahun sekali. Sedangkan untuk remaja atau anak-anak paling tidak satu tahun sekali harus memeriksakan kesehatan mata kedokter.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara merawat kesehatan mata yang kedua dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Terutama untuk Anda penyandang penyakit bawaan seperti darah tinggi dan diabetes.

Kurangi merokok jika ingin terhindar dari penyakit glokuma, degenerasi macula dan penyakit katarak. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata dan saraf optik hingga serangan jantung.

3. Kompres Mata dengan Mentimun

Siapa sangka mentimum menjadi alat yang dapat merawat dan menjaga kesehatan mata dengan baik. Cara menjaga kesehatan mata secara alami ini dapat dilakukan dengan mengompres mata saat ia terasa lelah dan dilakukan sebelum Anda pergi tidur.

Anda cukup mengambil dua irisan mentimun lalu menaruhnya pada bagian kelopak mata kemudian diamkan selama 10 menit. Selain mengurangi kelelahan pada mata, cara ini juga dapat mencegah terjadinya kantung mata hingga meredakan bengkak pada mata.

4. Makan Makanan Bergizi

Sumber makanan bergizi disinyalir dapat menjaga kesehatan mata baik anak-anak maupun dewasa. Jenis makanan ini harus mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C dan Vitamin C. Selain itu juga musti terdapat kandungan omega-3, zinc,selenium dan lutein.

Makanan untuk kesehatan mata ini biasanya berupa sayur-sayuran hijau, telur, ikan salmon, ikan tuna dan kacang-kacangan. Selain itu, buah-buahan seperti apel, jeruk, tomat dan alpukat juga sangat baik untuk mata karena banyak mengandung vitamin dan lutein.

5. Hindari Menatap Layar Gadget Terlalu Lama

Seiring dengan berkembangnya teknologi, semua hal dapat diakses dengan mudah lewat media elektornik. Hal ini yang membuat para pengguna gadget maupun komputer seolah tak bisa jauh dari keduanya.

Padahal, terlalu lama di depan layar gadget mengakibatkan mata lelah yang ditandai dengan nyeri bagian leher, sakit bahu hingga sakit kepala. Selian itu, Anda akan merasa sulit fokus terutama pada objek jarak jauh hingga mata terasa tegang dan kering.

Lalu apa solusinya? Kurangi penggunaan gadget jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Ganti dengan membaca buku atau melakukan kegiatan posistif lainnya. Tak hanya untuk Anda orang dewasa, cara ini juga dapat diterapkan pada anak-anak maupun remaja.

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer dapat dilakukan dengan rutin mengalihkan pandangan setiap 20 menit sekali. Sempatkan untuk membuang pandangan sejauh 5 hingga 6 meter dalam durasi 6 detik.

Selain itu, istirahatkan mata setidaknya 15 menit setiap 2 jam selama Anda bekerja di depan layar computer. Pergilah keluar ruangan untuk sekedar melihat pemandangan alam atau peregangan kecil agar mata dan tubuh menjadi lebih relax.

6. Mengenakan Kaca Mata Hitam Saat di Luar Ruangan

Mata rupanya juga membutuhkan perlindungan dari bahaya paparan sinar Ultra Violet. Bahaya dari sinar UV ini kabarnya dapat menimbulkan beragam penyakit mata serius seperti kanker mata, kornea terbakar hingga katarak.

Untuk itu, bagi Anda yang sering berkatifitas di luar ruangan disarakan selalu meggunakan kaca mata anti sinar UV. Atau paling tidak, gunakan kaca mata hitam agar dapat menangkal pantulan sinar UVA dan UVB.

Jadi, itulah 6 cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Cara-cara tersebut tidak akan berdampak besar jika Anda tidak secara teratur dan rutin melakukannya. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://www.alodokter.com/tujuh-cara-menjaga-kesehatan-mata

https://www.optikmelawai.com/kesehatan-mata/10-makanan-terbaik-untuk-mata.html

https://www.liputan6.com/health/read/3904301/cara-menjaga-kesehatan-mata-secara-alami-yang-perlu-kamu-ketahui

You may also like

Leave a Comment