6 Manfaat Lengkuas, Dari Menghilangkan Ketombe Hingga Luka Bakar

by Wijanto T
0 comment

Saat makan rendang atau hidangan daging ayam lainnya, pernahkah Anda tertipu oleh lengkuas yang Anda gigit dengan mengira itu adalah daging? Ya, banyak lelucon dan pengalaman menggigit lengkuas, akibat ekspektasi daging yang besar dan nikmat. Lengkuas selain sebagai bumbu masakan, nyatanya punya banyak manfaat, mulai dari gizi hingga khasiatnya mencegah dan mengobati bermacam penyakit. Yuk, simak apa saja manfaat lengkuas, selain selalu dikira daging pada masakan.

Berbagai manfaat lengkuas

1. Sebagai obat diare

Sebatang lengkuas segar memiliki zat anti bakteri yang berguna untuk menyingkirkan bakteri patogen dan menyembuhkan diare. Sebuah studi oleh Sunilson, JAJ pada tahun 2009 menunjukkan, aktivitas antimikroba dari lengkuas juga dapat membasmi bakteri yang terbawa ke dalam tubuh (seperti bakteri fructose dan lactose), serta kelebihan vitamin C yang juga dapat menyebabkan diare. Nah, dengan sifat anti mikroba dari lengkuas ini, disinyalir dapat meredakan serangan diare.

2. Mencegah tumor dan kanker

Pada kandungan lengkuas, terdapat banyak zat antioksidan untuk membantu memperbaiki sel-sel DNA tubuh, yang disebabkan oleh radikal bebas dan komponen racun lainnya yang masuk dan mengendap di tubuh. Sebuah studi oleh para peneliti Inggris menemukan bahwa ekstrak lengkuas memiliki sifat anti kanker. Penelitian ini telah diuji coba oleh beberapa pasien yang menderita kanker paru-paru dan kanker payudara. Manfaat lengkuas lainnya adalah dapat menghambat jalur xanthin enzim sintesis yang memicu perkembangan tumor

You may also like

Leave a Comment