7 Manfaat Kesehatan TakTerduga dari Kentut

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Kentut kerap diidentikkan dengan sesuatu yang memalukan. Terutama jika kentut mengeluarkan suara atau bau. Padahal, kentut adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Ini adalah produk sampingan dari sistem pencernaan kita. Kentut merupakan hal yang sehat dan baik untuk tubuh. Bahkan, ketika tidak bisa kentut, kita akan merasa tidak nyaman seperti kembung atau rasa sakit di perut.

Merangkum dari Healthline, tubuh menghasilkan gas sebagai bagian dari penguraian dan pemrosesan makanan. Saat makan, mengunyah, dan menelan; kita juga memasukkan udara ke tubuh. Gas-gas ini kemudian menumpuk pada sistem pencernaan. Sebagian diserap secara alami, tapi sisanya tentu harus dikeluarkan dari tubuh. Sisa gas tersebut keluar dari tubuh dalam bentuk kentut dan sendawa. Terbentuknya kentut sendiri menandakan bahwa hal ini punya manfaat kesehatan bagi tubuh. Setidaknya ada 7 manfaat kesehatan dari kentut. Apa saja?

1. Mengurangi kembung

Jika Anda merasa kembung setelah makan besar, gas yang tidak keluar mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Kentut sendiri bertugas untuk mengeluarkan gas tersebut dari sistem pencernaan Anda. Membiarkan gas keluar dan menguap akan langsung mengurangi rasa kembung dan ketidaknyamanan Anda.

2. Baik untuk usus besar

Melansir dari Men’s Health, kentut dapat membuat usus Anda senang dan menurunkan risiko komplikasi usus besar.

Saat tidak bisa atau menahan kentut, gas dapat membatasi gerak usus. Hal ini membuat rasa tidak nyaman di sistem pencernaan, rasa nyeri, bahkan sembelit. Meskipun kadang-kadang menahan kentut untuk menghindari suara yang memalukan bukanlah masalah, tapi sebenarnya kebiasaan ini berpotensi menyebabkan masalah medis untuk usus besar Anda, menurut Women’s Health Mag.

3. Sebagai sistem peringatan dini

Kentut juga berfungsi sebagai alarm atas sesuatu yang terjadi pada saluran cerna. Bahkan, kentut dapat memprediksi masalah kesehatan utama sejak dini. Dikutip dari Huffington Post, hal yang perlu diwaspadai dari kentut adalah bau yang ekstrem, frekuensi gas yang meningkat, dan nyeri gas yang aneh. Kondisi ini mungkin saja merupakan gejala dari intoleransi laktosa atau pada kasus ekstream seperti kanker usus besar.

4. Baunya baik untuk Anda

Kentut sering diasosiasikan dengan gas berbau tidak sedap. Tapi ternyata bau kentut juga bermanfaat untuk kita. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang kita produksi dalam jumlah kecil dalam kentut, hidrogen sulfida, sebenarnya dapat melindungi dari penyakit di kemudian hari. Gas ini adalah bau “telur busuk” yang sering muncul dalam gas pencernaan. Dalam jumlah besar, senyawa ini dapat beracun.

5. Membantu menyeimbangkan pola makan

Kita semua membutuhkan diet seimbang agar tetap sehat, dan kentut Anda mungkin membantu memberi petunjuk tentang makanan apa yang dibutuhkan usus Anda. Makanan yang berbeda menghasilkan jenis gas yang berbeda. Ini memberi tahu apa yang mungkin dilewatkan dari menu makan atau apakah Anda makan berlebihan. Misalnya, jika Anda jarang buang angin, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak serat dan makanan seperti lentil, buncis, dan kangkung dalam menu makanan. Sebaliknya jika Anda makan terlalu banyak daging merah, maka dapat menghasilkan bau yang sangat tidak enak.

6. Menunjukkan kondisi bakteri usus

Jika Anda banyak kentut, jangan terburu-buru berpikir bahwa sedang tidak sehat. Justru, banyak kentut bisa menjadi tanda mikrobioma di usus lebih sehat. Ini juga menandakan kesehatan usus yang baik Itu karena makanan yang memberi makan mikrobioma Anda dan mendorong pencernaan yang lebih efisien adalah makanan seperti kembang kol, kubis, dan kubis brussel, menurut NPR. Sayuran hijau ini menendang bakteri usus Anda ke kecepatan tinggi, yang berarti pencernaan lebih baik, dan lebih banyak gas yang dihasilkan.

7. Bikin lega

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat tak bisa kentut kita merasa tidak nyaman, bahkan sakit di perut. Faktanya, saat kentut kita merasa sangat lega. Apalagi saat kita terlalu lama menahan atau tidak kentut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “7 Manfaat Kesehatan TakTerduga dari Kentut”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/23/090300068/7-manfaat-kesehatan-takterduga-dari-kentut?page=all#page2.
Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

You may also like

Leave a Comment