7 Tempat Wisata di Jawa yang Cocok untuk Liburan

by joe han
0 comment

Pulau Jawa menyimpan beragam pesona termasuk tempat wisatanya. Berikut daftar tempat wisata favorit yang ada di pulau Jawa!

Indonesia dikenal memiliki beberapa pulau besar. Salah satunya ialah pulau Jawa yang ditinggali hampir separuh penduduk Indonesia.  Menariknya, banyak tempat wisata di pulau Jawa yang bahkan jadi ikon Indonesia di mata dunia. Selama liburan wajib hukumnya Anda mengunjungi tempat wisata di Jawa ini!

Monas

Monas merupakan singkatan dari Monumen Nasional. Letaknya di ibukota Jakarta tepatnya di Gambir, Jakarta Pusat. Monas sendiri merupakan tower setinggi 132 meter yang bagian ujungnya terdapat bongkahan emas asli seberat 50 kg.

Bongkahan emas ini dibentuk seperti lidah api yang melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah.

Di sekitar Monas juga dibangun taman hijau yang bisa jadi tempat piknik bersama keluarga. Meski dibuka sejak 1975 pamor Monas seakan tak pernah redup dan ramai dikunjungi wisatawan berbagai daerah.

Apalagi tiket masuknya hanya berkisar Rp.2.000-Rp.5.000 untuk museum dan Rp.4.000-Rp.15.000 hingga pelataran puncaknya.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan wisata di Jawa Barat yang paling populer.  Tingginya berkisar 2.084 meter yang terbentuk dari letusan gunung Sunda Purba. Dari sinilah asal muasal legenda Sangkuriang berasal dimana ia menendang kapal hingga membentuk sebuah gunung.

Jika dilihat dari sisi selatan gunung ini memang persis seperti perahu terbalik. Ada dua kawah di sisi barat dan timur dan termasuk dalam gunung berapi aktif. Kawah gunung ini bisa dilihat dari dekat bahkan pengunjung bisa merebus telur di kolam air panasnya .

Lawang Sewu

Lawang Sewu memiliki arti pintu seribu yang sebenarnya hanya terdiri dari 429 pintu saja. Lawang Sewu merupakan salah satu wisata unggulan di Jawa Tengah.  Bangunannya didirikan pada 1904 dan masih berdiri kokoh hingga kini. Letaknya di pusat kota Semarang yang dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB.

Semua bahan penting dalam bangunannya langsung diimpor dari Eropa. Dulunya Lawang Sewu difungsikan sebagai pusat perkeretaapian kemudian dijadikan penjara yang dikenal paling kejam saat penjajahan. Kini Lawang Sewu menjadi landmark kota Semarang dan sering dipakai untuk lokasi foto prewedding hingga syuting film.

Candi Borobudur

Bila sedang berada di Jawa Tengah tak lengkap jika tidak mengunjungi candi Borobudur yang ada di Magelang. Borobudur sempat masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia. Candi ini dinobatkan sebagai candi terbesar di dunia. Bangunannya memiliki 504 patung Buddha dilengkapi dengan 2.672 panel relief.

Tak hanya itu saja candi Borobudur dibangun dari ribuan balok vulkanik tanpa bahan perekat. Lokasinya dikelilingi gunung aktif seperti Merbabu, Sindoro, Merapi, Sumbing hingga pegunungan Menoreh. Untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp.10.000-Rp.40.000 per orangnya.

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan tempat wisata di Jogja yang paling difavoritkan wisatawan. Candi ini diklaim sebagai candi Siwa terbesar di Indonesia. Prambanan menyimpan cerita Roro Jonggrang yang melegenda.

Menurut cerita candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan makhluk halus dalam semalam. Candi Prambanan dirancang menyerupai replika gunung Semeru.

Jatim Park

Pulau Jawa juga memiliki wahana bermain bertaraf internasional seperti yang dimiliki Jatim Park Group. Jatim Park merupakan tempat wisata di Malang yang terdiri dari Jatim Park 1, 2 dan 3.

Jatim Park 1 memiliki lebih dari  50 wahana  bermain sedangkan Jatim Park 2 lebih fokus pada taman rekreasi alam seperti kebun binatang dan museum fosil. Sementara Jatim Park 3 bertemakan dinosaurus dengan luas 6 hektar.

Kawah Ijen

Tempat wisata di Jawa Timur ini merupakan satu-satunya gunung yang memiliki api biru di Indonesia dan hanya ada dua di dunia.  Untuk melihat api biru atau blue fire pengunjung harus mendaki dulu. Waktu paling pas melihat keajaiban api biru ini adalah sekitar pukul 02.00-03.00 dini hari.

Selain blue fire kawah Ijen juga memiliki danau cantik dengan keasaman yang tinggi. Kaldera kawah Ijen mencapai 20 km dan dinyatakan terluas di pulau Jawa. Gunung Ijen juga masih aktif dan menjadi lokasi penambang belerang tradisional. Ada sekitar 200 penambang yang mengambil bongkahan belerang di dasar kawahnya.

Itulah tadi tempat wisata di Jawa yang paling ikonik dan populer. Rencanakan dari jauh-jauh hari agar liburan Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200203151030-273-471166/infografis-fakta-menarik-monas

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4780874/5-hal-menarik-wisata-tangkuban-perahu-nan-memesona

https://www.superadventure.co.id/news/17987/7-fakta-menarik-tentang-kawah-ijen-dan-rahasia-dibalik-blue-fire/

You may also like

Leave a Comment