8 Fakta tentang Sidik Jari Manusia yang Jarang Orang Tahu

by joe han
0 comment

Pernahkah Anda terpikir, mengapa sidik jari penting untuk proses administrasi? Saat ini, sidik jari sudah bukan sekedar pemberi identitas di ijazah. Teknologi yang semakin maju, membuat sidik jari juga digunakan untuk meningkatkan keamanaan pada smartphone maupun komputer.

Fakta unik tentang sidik jari manusia

Berikut ini bocoran soal fakta seputar sidik jari manusia.

Sidik jari manusia memiliki banyak fungsi selain sebagai alat identifikasi

5. Penyelidikan menggunakan sidik jari sudah dilakukan sejak lama

Salah satu catatan paling awal penggunaan sidik jari di era modern adalah pada tahun 1883 saat Mark Twain menerbitkan buku soal identifikasi menggunakan sidik jari.Mark, yang juga seorang penyelidik, berhasil memecahkan kasus kriminal di Missisipi, Amerika Serikat menggunakan metode ini.

6. Sidik jari tidak bisa menempel di kain

Sidik jari bisa jadi alat identifikasi identitas karena garis-garis ini akan menempel di permukaan benda yang kita sentuh. Namun, hal ini tidak terjadi di semua permukaan benda.Sidik jari akan menempel dengan baik di dinding, cermin, plastik, ataupun logam. Namun, garis tersebut tidak akan menempel dengan baik di permukaan kain.Sebab, sidik jari baru bisa menempel pada permukaan benda, saat kulit kita mengeluarkan minyak alami. Minyak tersebutlah yang akan membuat bekas sidik jari menempel di permukaan.Pada kain yang sifatnya menyerap, hal tersebut tidak terjadi. Sementara pada permukaan benda yang sifatnya lebih padat, bekas dan pola sidik jari bisa terlihat jelas.

7. Sidik jari tidak bisa berubah

Sidik jari bisa digunakan untuk penyelidikan

Seiring bertambahnya usia, akan ada banyak bagian tubuh yang berubah. Rambut mulai memutih, kulit mulai keriput, dan gigi mulai banyak yang terlepas. Namun, sidik jari akan tetap sama.Sejak lahir hingga berusia tua, pola tersebut akan tetap sama dan sah untuk dijadikan alat identifikasi identitas.

8. Sidik jari manusia sangat mirip dengan sidik jari koala

Tahukah Anda jika koala dan manusia punya pola sidik jari yang mirip? Jadi jika ada manusia yang melakukan suatu kejahatan, bisa saja kesalahan itu dilemparkan ke koala begitu juga sebaliknya.Bedanya, koala memiliki dua ibu jari di setiap tangannya. Jadi jika ada dua koala yang masuk ke suatu tempat dan merusak barang-barang, maka akan terlihat seperti ada empat orang manusia yang melakukannya.

Catatan dari SehatQ

Sidik jari manusia merupakan ciri khas individu yang sangat khas dan tidak akan berubah seumur hidup. Maka dari itu, kumpulan garis ini sering digunakan sebagai identitas sah saat seseorang akan membuat dokumen seperti surat-surat penting.Di Indonesia, perekaman sidik jari atau pembuatan rumus sidik jari bisa dilakukan di kantor polisi terdekat. Hasil rumus sidik jari tersebut biasanya diperlukan untuk membuat surat-surat kelengkapan administrasi seperti saat mendaftar menjadi CPNS.

Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/fakta-tentang-sidik-jari-manusia-yang-jarang-orang-tahu

 

You may also like

Leave a Comment