8 Olahraga di Rumah yang Mudah dan Terbukti Efektif

by joe han
0 comment

Informasi 8 jenis olahraga di rumah yang mudah dan terbukti efektif membentuk tubuh. Selain membakar lemak, beberapa di antaranya bagus untuk meninggikan badan.

Setiap orang, termasuk Anda tentu ingin memiliki badan sehat dan bentuk badan ideal, bukan? Untuk mewujudkannya, kini bisa dilakukan tanpa perlu ke GYM, lho. Alasannya karena ada cukup banyak olahraga di rumah yang ampuh membakar lemak.  Untuk melakukannya, Anda hanya perlu meluangkan waktu 10 hingga 30 menit saja.

Ingin tahu apa saja dan cara olahraga di rumah yang efektif? Yuk, intip saja langsung informasinya berikut ini:

1. Squat

Ingin memiliki bentuk paha yang langsing dan kencang? Squat adalah jawabannya. Olahraga ini cocok sekali untuk perempuan. Tidak hanya itu, jika Anda rutin melakukannya, bokong pun akan terbentuk.

Namun, Anda harus berhati-hati pada saat melakukannya. Karena, jika squat tidak dilakukan dengan benar, maka tidak akan ada hasilnya. Untuk hasil optimal, silahkan lakukan 4×8 set.

2. Push Up

Tidak perlu menggunakan alat olahraga di rumah untuk melakukan push up. Cara melakukannya pun mudah. Cocok untuk pria maupun wanita. Push up tidak hanya bagus untuk tangan. Jika dilakukan secara rutin,  aktivitas ini dapat melatih perut, kaki, hingga bokong.

Untuk hasil optimal, silahkan lakukan 2×8 set per hari. Aktivitas fisik ini, juga cocok dilakukan di masa pandemi saat ini.

3. Crunch Atau Sit Up

Sedang mencari rekomendasi olahraga di rumah untuk mengecilkan perut? Sit up atau crunch adalah solusinya. Jika dilakukan secara rutin, bahkan mampu membuat perut Anda menjadi six pack, lho.

Untuk hasil optimal, pastikan Anda melakukannya dengan baik dan benar. Caranya adalah, melakukan sit up setengah badan saja. Trik ini mampu membantu mendapatkan bentuk perut ideal. 

4. Jumping Jack

Tips olahraga di rumah selanjutnya ini, bermanfaat untuk seluruh tubuh. JIka Anda melakukannya secara teratur, maka akan membuat jantung lebih kuat. Selain itu,  gerakannya juga mampu membuat otot lebih bagus dan efektif menurunkan badan.

Cara melakukannya pun mudah. Silahkan Anda berdiri tegak. Satukan kedua kaki Anda dan letakkan tangan di samping tubuh. Setelah itu, melompatlah dengan memisahkan kaki, dan letakkan tangan di atas kepala.

5. Plank

Berikutnya adalah jenis olahraga di rumah untuk meninggikan badan. Plank juga dapat meregangkan otot-otot kaki dan meningkatkan definisi otot Anda. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, juga bisa mengurangi rasa sakit di bagian punggung.

Plank adalah olahraga yang hanya sekedar menahan posisi saja. Pertama-tama, posisikan tubuh dengan kedua lutut dan kedua tangan bertumpu di lantai. Tujuannya yaitu untuk meregangkan tulang belakang. Kemudian, silahkan sejajarkan bahu di atas tumpuan tangan. Lalu, angkat kepala untuk meregangkan tulang belakang.

Selanjutnya, silahkan tahan posisi tersebut selama 1 menit saja. Lakukan aktivitas ini secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Squat

Selain plank, squat juga merupakan olahraga yang bagus untuk meninggikan badan. Artinya, Anda tidak perlu membeli rekomendasi alat olahraga di rumah untuk mengoptimalkan tinggi badan. Untuk menghemat biaya, cukup dengan melakukan squat secara rutin.

Gerakan dasar squat sangat mudah sekali dilakukan. Pertama-tama, silahkan Anda berdiri, kemudian buka kaki selebar bahu. Setelah itu, silahkan turunkan tubuh Anda secara perlahan, dan lakukan gerakan tersebut menggunakan otot perut.

7. Side Lift

Ingin menghilangkan lemak di samping perut? Rajinlah melakukan side lift. Aktivitas ini cocok juga dijadikan olahraga di rumah saat puasa. Gerakannya sangat mudah sekali. Namun, Anda harus rutin melakukannya agar terbiasa.

Gerakannya hanya mengangkat kaki saja saat posisi Anda berbaring dan menghadap samping. Silahkan lakukan secara rutin minimal 4×8 set.

8. Yoga

Ada beberapa gerakan yoga yang tidak memerlukan instruktur. Anda bisa melihat gerakannya di Youtube, atau browsing. Selain untuk membentuk tubuh, jenis yoga sederhana juga akan membantu relaksasi tubuh.

Ada beberapa gerakan yoga yang mudah tanpa perlu instruktur. Beberapa gerakan tersebut seperti cobra pose, child pose, dan beberapa gerakan lainnya. Silahkan lakukan minimal selama 3 menit saja. Gerakan ini juga bagus untuk Anda yang sering stres karena tekanan kerja.

Jangan lupa juga untuk menggunakan alat olahraga di rumah untuk melakukan yoga. Alat yang umum digunakan untuk aktivitas ini hanya sebuah matras dan baju olahraga khusus yoga saja.

Anda tidak perlu melakukan 8 olahraga di rumah tersebut secara bersamaan. Silahkan pilih salah satunya yang paling disukai, atau sesuai kebutuhan. Selamat mencoba. 

Sumber:

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4215900/8-olahraga-simpel-yang-bisa-dilakukan-di-rumah-saat-pandemi-corona

https://www.idntimes.com/health/fitness/megan/olahraga-ringan-di-pagi-hari-biar-badan-cepat-langsing/10

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200424135128-178-496934/5-tips-olahraga-di-rumah-selama-pandemi-corona

https://summareconbekasi.com/whatson/detail/10-jenis-olahraga-yang-dapat-dilakukan-dirumah

You may also like

Leave a Comment