Adu Spesifikasi Kawasaki W175 TR dan Yamaha XSR 155

by joe han
0 comment

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang tahun baru 2020, dua pabrikan asal Jepang meluncurkan motor bergaya retro. Pertama ialah Kawasaki W175 TR bernuasa scrambler dan kedua Yamaha XSR 155 dengan gaya neo retro.

Secara tampang W175 TR lebih beraura klasik. Skemanya menawarkan motif scrambler zaman dulu era 80’an. Terlihat dari proporsi motor yang ‘cungkring’ dengan tangki ramping dan suspensi jenjang.

Ciri khas motor petualang pada W175 TR juga dapat dikenali lewat aplikasi knalpot yang menjulang ke atas, setang tinggi, dan ban dengan pola tapak dual purpose ringan karena tidak sampai ‘pecah tahu.’

Sesuai namanya W175 TR motor memakai basis yang sama dengan W175. Namun motor ini memiliki beberapa perbedaan, yang disesuaikan agar bisa disebut scrambler, salah satunya tangki yang lebih ramping. ” Kawasaki W175 TR diciptakan untuk pengendara yang ingin tampil lebih stylish dan macho. Target konsumennya ialah yang lebih muda dari W175,” kata Michael Chandra Tanadi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Adapun Yamaha XSR 155 merupakan motor baru Yamaha di kelas naked sport. Bentuknya klasik tapi terkesan modern. Pabrikan menyebutnya konsep Born to be Free, sebagai refleksi dari nilai kreativitas tanpa batas.

Artinya Yamaha memosisikan XSR 155 sebagai motor yang mudah diubah atau dipersonalisasikan oleh pemilik. Apalagi skena kustom Tanah Air memang tengah menggeliat beberapa tahun belakangan.

Tampilan klasik XSR 155 diwujudkan melalui beberapa sentuhan pada berbagai bagian bodi. Mulai dari model tangki Drip-Shaped yang diklaim mampu mendukung kenyamanan saat berkendara.

Jok model tunggal dikombinasikan dengan model lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat dengan LED. Selain itu, multi information display (MID) dengan layar LCD digital pun dibuat bergaya retro.

Yamaha XSR 155 memakai basis dari MT-15 yang pada dasarnya tak jauh beda dengan V-Ixion R. Mesinnya pun serupa, yakni 155cc, SOHC, berpendingin cairan yang telah dilengkapi teknologi VVA.

Harga

Kawasaki W175 TR tersedia dalam dua tipe standar dan SE atau Spesial Edition. Versi standar dibanderol Rp 29.900.000 sedangkan tipe W175 SE Rp 32.300.000. Keduanya harga perpajakan Jakarta.

Yamaha XSR 155 punya dua pilihan warna, yakni Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance. Warna silver ini pertama kalinya muncul di pasar Indonesia. Harga dibanderol Rp 36.265.000 on the road Jakarta.

Spesifikasi Kawasaki W175 TR

Suspensi Depan: 30 mm telescopic fork

Suspensi Belakang: Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability

Rem Depan: Single ø220 mm disc

Rem Belakang: Drum, ø110 mm

Ban Depan: 80/100-17M/C 46P

Ban Belakang: 100/90-17M/C 55P

Panjang x Lebar x Tinggi: 1,950 x 805 x 1,085 mm

Jarak Poros Roda: 1,285 mm

Jarak ke Tanah: 195 mm

Berat: 121 kg

Kapasitas Bensin: 7.5 litres

Tipe: 4-stroke, SOHC, 1 cyl, air-cooled

Maksimum Power: 9.6 kW {13 PS} / 7,500 min-1

Torsi Maksimum: 13.6 N·m {1.4 kgƒ·m} / 6,000 min-1

Diameter x Langkah: 65.5 x 52.4 mm

Volume Silinder: 177 cc

Valve System: SOHC, 2 valves

Sistem Bahan Bakar: Karburator Mikuni VM24

Sistem Pengapian: DC-CDI

Perbandingan Kompresi: 9.1:1

Jumlah Transmisi: 5-speed, return

Primary Reduction Ratio: 3.667 (77/21)

Final Reduction Ratio: 2.333 (35/15)

Spesifikasi Yamaha XSR 155

Tipe mesin: Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA

Jumlah/posisi silinder: Silinder tunggal

Diameter x Langkah: 58,0 x 58,7 mm

Perbandingan kompresi: 11,6 : 1

Daya maksimum: 14.2 kW/ 10000 rpm

Torsi maksimum: 14.7 Nm/ 8500 rpm

Sistem starter: elektrik starter

Sistem pelumasan: basah

Kapasitas oli mesin: Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L

Sistem bahan bakar: Fuel Injection

Volume Silinder: 155 cc

Tipe Kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch

Tipe Transmisi: Manual

Pola Pengoperasian Transmisi: 1-N-2-3-4-5-6

P x L x T: 2007 X 804 X 1080

Jarak sumbu roda: 1330 mm

Jarak terendah ke tanah: 170 mm

Tinggi tempat duduk: 810 mm

Berat Isi: 134 kg

Kapasitas tangki besin: 10.4 Liter

Tipe rangka: Deltabox

Suspensi depan: Telescopic Form ( Inverted )

Suspensi belakang: Link Monoshock

Ban depan: 110/70-17M/C (54S)

Ban belakang: 140/70-17M/C (66S)

Rem depan: Disc Brake Rem belakang: Disc Brake

Sistem pengapian: CDI/Transistor

Battery: YTZ4V

Tipe Busi: MR8E9

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Adu Spesifikasi Kawasaki W175 TR dan Yamaha XSR 155”, https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/10/084400515/adu-spesifikasi-kawasaki-w175-tr-dan-yamaha-xsr-155?page=all.
Penulis : Gilang Satria
Editor : Azwar Ferdian

You may also like

Leave a Comment