Antara Susu Murni dan Susu Skim, Mana yang Lebih Sehat?

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Semua orang percaya bahwa susu adalah minuman bergizi yang membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi. Namun, susu juga mengandung lemak yang diklaim bisa menambah berat badan. Untuk memenuhi asupan susu tanpa takut berat badan naik, kini banyak dijual susu tanpa lemak atau yang dikenal dengan susu skim. Lantas, apakah susu skim lebih sehat daripada susu murni?

Nutrisi susu kambing

Satu cangkir susu kambing mengandung 168 kalori dan 10 gram lemak. Sementara itu, kandungan kolesterol dalam susu kambing berkisar 24 miligram,atau sekitar 8 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Susu kambing juga relatif rendah sodium dan karbohidrat, serta tinggi protein dan kalsium. Dalam satu gelas susu kambing mengandung sekitar delapan gram protein dan 30 persen dari nilai harian kalsium yang disarankan.

Nutrisi susu sapi

Biasanya, dalam setiap cangkir susu sapi murni juga mengandung 150 kalori dengan presentasi lemak 8 gram. Susu sapi juga kaya akan kalsium dan Vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan vitamin A yang tinggi juga membuat susu sapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Lalu, manakah yang lebih sehat?

Kandungan lemak dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Namun, susu kambing memiliki molekul lemak yang lebih kecil permukaan lebih besar daripada susu sapi. Hal ini membuat enzim lipase yang memecah lemak bekerja lebih efektif sehingga lebih mudah dicerna. Kandungan laktosa dalam susu kambing juga lebih sedikit sehingga orang yang mengalami intoleransi laktosa bisa mengonsumsinya. Susu kambing juga megandung protein kasein yang lebih rendah. Itu sebabnya,  susu kambing bisa menjadi alternatif minuman bergizi bagi mereka yang alergi protein.

Susu kambing dan sapi kaya akn berbagai vitamin dan mineral. Namun, tingkat vitamin A dan D lebih tinggi dalam susu kambing. Susu kambing juga mengandung kalsium, selenium, vitamin B12 dan asam folat yang lebih tinggi daripada susu sapi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penyerapan beberapa mineral dalam susu kambing lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Antara Susu Kambing dan Sapi, Mana yang Lebih Bergizi?”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/07/13/133100168/antara-susu-kambing-dan-sapi-mana-yang-lebih-bergizi-?page=all#page2.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

You may also like

Leave a Comment