Apakah bahaya mengkonsumsi terlalu banyak sekam psyllium?

by joe han
0 comment

Psyllium adalah sumber alami serat yang berasal dari tanaman tanaman Salmonago yang menghasilkan benih berlapis gel kecil. Tanaman ini adalah sumber serat larut atau kental, yang membentuk pasta seperti gel di perut Anda, yang dapat membantu memperlambat pencernaan, meningkatkan kadar gula darah tetap dan membuat Anda merasa kenyang, lebih lama. Namun, mengonsumsi sekam psyllium dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan. Berbicaralah ke dokter Anda sebelum mengambil psyllium untuk memastikan bahwa Anda memakai dosis yang tepat untuk Anda.

Sekam psyllium dimaksudkan untuk memperlambat pelepasan zat melalui saluran pencernaan Anda. Efek ini bisa berbahaya, namun jika Anda menggunakan obat tertentu yang mengandalkan waktu pencernaan tertentu untuk membuktikan efektif. Untuk alasan ini, ambil sekam psyllium dua sampai empat jam sebelum minum obat lain sehingga Anda tidak mengubah keefektifan obat Anda.

Ketidaknyamanan perut

Meskipun tubuh Anda tidak benar-benar mencerna sekam psyllium, Anda harus terbiasa dengan jumlah serat tambahan di tubuh Anda. Jika Anda meningkatkan dosis sekresi psyllium Anda terlalu cepat atau terlalu banyak menggunakan psyllium, Anda mungkin mengalami efek samping gastrointestinal seperti gas dan kembung karena bakteri di usus Anda mengeluarkan gas ekstra saat mencoba menjadi terbiasa dengan serat tambahan. Jika Anda tidak cukup minum cairan selain psyllium yang Anda minum, Anda juga mungkin mengalami konstipasi. Ini karena serat larut harus menyerap air agar terbukti efektif. Tanpa air secukupnya, tinja Anda bisa menjadi mengeras, kering dan sulit dilalui.

Gejala Parah

Selain gejala tidak nyaman seperti gas dan kembung, Anda mungkin juga mengalami efek samping yang parah akibat terlalu banyak psyllium. Muntah, sakit perut yang parah, pendarahan rektum atau konstipasi yang berlangsung lebih lama dari tujuh hari berpotensi menimbulkan efek samping yang serius akibat terlalu banyak psyllium, menurut Narkoba.com. Jika Anda mengalami efek ini, segera bicarakan dengan dokter Anda.

Dosis yang Direkomendasikan

Meskipun Anda harus selalu mengikuti saran dari dokter Anda mengenai dosis psyllium Anda, dimulai dengan dosis yang lebih kecil sekitar 1/2 sdt. dicampur dalam 8 oz. segelas air dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan serat tambahan, menurut University of Maryland Medical Center. Seiring waktu, Anda bisa meningkatkan dosis hingga 2 sdt. serat dalam 8 oz. segelas air. Ini adalah dosis maksimum yang dianjurkan secara umum. Namun, jika Anda mengalami kondisi kesehatan seperti sindrom iritasi usus besar, dokter Anda mungkin menyarankan untuk memakai dosis yang lebih tinggi.

Sumber : https://id.healthymiss.com/what-are-dangers-of-taking-too-much-psyllium-husk-59480

You may also like

Leave a Comment