Bagaimana Membentuk Perut Six Pack?

by joe han
0 comment

Anda sudah melakukan ratusan kali sit up dan crunches, namun saat melihat cermin, perut masih terlihat menggembung dan belum menunjukkan tanda-tanda akan memperlihatkan otot kotak-kotak alias six pack. Banyak orang mengira dengan melatih otot perut, mereka akan mendapatkan lekukan six pack. Padahal sebenarnya otot itu sudah ada di sana, yang perlu dilakukan hanya menghilangkan lemak yang menutupinya. Dengan melatih otot perut, Anda justru akan membuatnya besar, seperti jika kita melatih otot biceps. Padahal sebagian besar dari kita ingin mengecilkan lingkar perut, sehingga kita perlu melakukan strategi berbeda. Berikut empat cara yang perlu dilakukan bila Anda ingin mendapatkan perut kotak-kotak.

Bakar lemak sebanyak mungkin

“Bila tujuan kita memunculkan otot perut, yang harus kita lakukan adalah menghilangkan lemak di atasnya,” ujar Alwyn Cosgrove, pelatih dan pemilik tempat latihan kebugaran di California.

Namun pembakaran lemak itu, menurut Cosgrove, lebih baik dilakukan lewat latihan interval intensif yang membuat nafas terengah-engah, ketimbang berlatih kardio seperti jogging atau bersepeda. Pada saat latihan kekuatan dan interval seperti gabungan antara burpees, push up, jumping jack, misalnya, tubuh kita akan membakar lebih banyak lemak sekaligus melatih otot-otot. Pada saatnya nanti, lemak di sekitar perut ikut terkikis, dan guratan otot mulai terlihat.

Latih lebih banyak otot

Latihan yang menggunakan lebih banyak otot seperti squat, akan membakar lebih banyak kalori dibanding latihan yang menggunakan sedikit otot seperti crunches.

Selain itu latihan-latihan dengan beban lepas, akan memaksa tubuh untuk menyeimbangkan diri sehingga lebih banyak otot utama terlibat. Tanpa Anda sadari, latihan seperti itu juga akan melibatkan otot perut dan sekitarnya sehingga hasilnya lebih baik dibanding Anda hanya melatih otot-otot tertentu saja.

Berusaha lebih keras

Serat otot memiliki ukuran berbeda dan tubuh kita mengaktifkan otot yang diperlukan untuk sebuah gerakan. Oleh karenanya pilihlah latihan yang mengaktifkan serat otot besar agar kalori yang terbakar lebih banyak.

Serat otot memiliki ukuran berbeda dan tubuh kita mengaktifkan otot yang diperlukan untuk sebuah gerakan. Oleh karenanya pilihlah latihan yang mengaktifkan serat otot besar agar kalori yang terbakar lebih banyak.

Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, pertama gunakan beban yang lebih berat, atau kedua mempercepat gerakan sehingga upaya yang diperlukan lebih besar. Inti dari latihan ini adalah menantang tubuh sampai batas kemampuannya dan memberi kesempatan pada otot untuk berkembang.

Hindari zona nyaman

Kebanyakan dari kita merasa nyaman berlatih bench press di tempat fitness sehingga enggan melatih otot lain. Padahal bila kita berlatih gerakan baru atau alat berbeda, tubuh akan membakar lebih banyak kalori karena ia tidak terbiasa dengan gerakan tersebut.

Latihan baru juga akan mengaktifkan adrenalin kita, meningkatkan detak jantung, dan melepaskan lemak dari tubuh. Selain itu, lebih banyak otot yang terkena dampak sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori. Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengatur pola makan Anda, sehingga kalori yang dibakar tidak lebih sedikit dari kalori dari makanan yang kita santap. Dengan cara di atas, kita akan mendapatkan bentuk tubuh lebih proposional karena lebih banyak otot yang dilatih –yang berarti lebih banyak lemak yang terbakar. Dan sebagai bonusnya Anda bisa berbangga memamerkan otot di perut yang berbentuk six pack.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bagaimana Membentuk Perut Six Pack?”, Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/17/222042820/bagaimana.membentuk.perut.six.pack.?page=all#page2.
Penulis : Wisnubrata

You may also like

Leave a Comment