Benarkah Penggunaan Obat Kumur Antiseptik Bisa Mencegah COVID-19?

by joe han
0 comment

Di media sosial beredar kabar bahwa penggunaan obat kumur antiseptik bisa mencegah COVID-19. Informasi ini tidak benar, tapi juga tidak sepenuhnya salah. Ada hal penting yang perlu dipahami terkait efektivitas obat kumur dalam mencegah COVID-19.

Penggunaan obat kumur antiseptik tidak secara langsung dapat mencegah infeksi virus Corona. Meski begitu, rutin berkumur dengan obat kumur tetap baik untuk dilakukan karena dapat menjaga kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi Anda.

Fakta di Balik Penggunaan Obat Kumur Antiseptik dalam Mencegah COVID-19

Begitu masuk ke dalam sel-sel tubuh, virus tidak dapat lagi dibersihkan dengan antiseptik. Jadi, berkumur menggunakan obat kumur antiseptik tidak dapat mencegah infeksi virus Corona.

Obat kumur yang mengandung chlorhexidineflavonoid, dan minyak esensial diyakini dapat membunuh virus di dalam air liur orang yang terinfeksi, sehingga dapat mengurangi jumlah virus yang berkembang biak di dalam tubuh. Meski begitu, jumlahnya tidak signifikan.

Kebiasaan berkumur dengan obat kumur, yang disertai menyikat gigi dan flossing secara rutin, bisa menjaga kebersihan mulut dan gigi secara optimal. Dengan begitu, risiko munculnya berbagai gangguan di mulut, seperti gingivitis dan periodontitis, dapat berkurang.

Kesehatan gigi dan mulut berpengaruh terhadap respons imun tubuh, termasuk paru-paru, terhadap penyakit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dengan penyakit gusi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit pernapasan, seperti pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan bronkitis.

Kesehatan mulut yang tidak terjaga juga dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi pernapasan pada orang dengan penyakit paru kronis.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya dengan berkumur, memang dapat menurunkan risiko Anda terkena COVID-19.

Cara Mencegah Infeksi Virus Corona

  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau dengan hand sanitizer
  • Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan penting
  • Menggunakan masker ketika keluar rumah
  • Menerapkan physical distancing ketika berada di tempat umum
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan yang sehat, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, menghindari stres, dan tidur yang cukup

Obat kumur memang tidak dapat mencegah infeksi virus Corona secara langsung. Namun, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut dapat bermanfaat bagi sistem imun tubuh sehingga baik untuk dilakukan, apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Jadi, tidak ada salahnya untuk berkumur dengan obat kumur antiseptik, selain rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan melakukan flossing. Namun, gunakan obat kumur sesuai aturan pakai yang tertera di kemasannya.

Jangan menelan obat kumur atau menggunakannya terlalu sering. Tanyakan dulu kepada dokter bila ingin memberikan obat kumur kepada anak-anak yang masih kecil.

Sumber : https://www.alodokter.com/benarkah-penggunaan-obat-kumur-antiseptik-bisa-mencegah-covid-19

You may also like

Leave a Comment