Bersepeda Vs Jalan Kaki, Mana yang Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan?

by joe han
0 comment

Jalan kaki dan bersepeda adalah dua bentuk latihan low impact yang efektif untuk membakar kalori. Defisit kalori adalah kunci sukses menjalani diet. Jadi, jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, manakah yang lebih efektif?

Dalam hal jumlah kalori yang hilang saat bersepeda atau berjalan kaki, bersepeda memang sedikit lebih unggul.

 

Menurut Harvard Health Publishing, satu jam bersepeda santai dengan kecepatan kurang lebih 10 mph, bisa membakar 320 kalori. Sementara itu, berjalan dengan kecepatan 3,5 mph membakar 298 kalori dalam satu jam.

Saat kecepatan dalam bersepeda dan berjalan kaki meningkat, kalori pun ikut terbakar. Tingkatkan kecepatan berjalan atau setengah berlari (5,0 mph) akan membakar 446 kalori dalam satu jam. Demikian pula jika bersepeda satu jam dengan kecepatan 16 hingga 19 mph akan membakar 892 kalori.

Keunggulan lain dari bersepeda adalah karena bagi orang yang kelebihan berat badan, bersepeda relatif lebih menyenangkan.

JALAN KAKI

Berjalan memberi tekanan pada persendian, yang kadang bisa menyakitkan, terutama bagi penderita radang sendi atau masalah persendian lainnya.

Jika latihan sudah menyakitkan, ada kecenderungan untuk tidak melakukannya dan itu berarti ucapan selamat tinggal pada upaya penurunan berat badan. Padahal usaha butuh konsistensi.

Satu-satunya keunggulan jalan kaki adalah hal bujet, karena hanya membutuhkan investasi pada sepasang sepatu yang nyaman. Harga sepatu jogging rasanya tak ada yang lebih mahal dari satu set sepeda.

Dalam hal berjalan kaki vs bersepeda, pada akhirnya yang terbaik adalah pilihan apa pun yang menginspirasi kalian untuk bangun dan bergerak.

SEPEDA

Bahkan, jika sudah memahami teori mana yang lebih baik dalam hal pembakaran kalori, tetapi ternyata kalian takut bersepeda, itu bukanlah olahraga terbaik untuk tujuan penurunan berat badan.

Penting untuk memilih latihan yang memicu kalian bergerak rutin beberapa hari dalam seminggu. Mungkin pilihan terbaik adalah memasukkan keduanya, baik jalan kaki maupun bersepeda ke dalam rutinitas latihan.

Ini akan memberi pilihan dan variasi, yang keduanya dapat meningkatkan kepatuhan kalian untuk berolahraga dan meningkatkan peluang untuk menurunkan berat badan.

Yuk, semangat gowes buat para pejuang diet!

Sumber : https://www.pramborsfm.com/lifestyle/bersepeda-vs-jalan-kaki-mana-yang-lebih-efektif-menurunkan-berat-badan/

You may also like

Leave a Comment