Jangan Langsung Girang Jika Jarum Timbangan Menunjukkan Angka Penurunan

by vivanetagnt
0 comment

Langsing bukan Kurus

Penurunan bobot tubuh bukan petunjuk tubuh Anda telah langsing. Tujuan akhir program pelangsingan tubuh adalah penyusutan bobot lemak, bukan penurunan bobot tubuh. Penyusutan bobot lemak akan mengubah bentuk menjadi lebih baik. Kehilangan bobot badan bukan indikator penurunan bobot lemak tubuh.

Tubuh kita tersusun oleh tiga komponen, yaitu lemak, otot dan air. Hampir 70% komponen penyusun tubuh adalah air. Jadi, pengurangan bobot tubuh kemungkinan oleh ketiga komponen tersebut. Lemak tubuh itulah yang menyebabkan tubuh membengkak tidak sedap dipandang mata. Itu sebabnya, menyingkirkan lemak tubuh merupakan tujuan utama program pelangsingan, bukan mengurangi bobot air atau bobot otot dari tubuh.

Ada beberapa metode untuk mengukur tingkat kegemukan seseorang. Pengukuran yang paling sering digunakan adalah pengukuran BMI (Body Mass Index). BMI adalah pengukuran  volumetrik paling sederhana. Kita hanya membutuhkan data berat badan dan tinggi badan. Sayangnya, nilai yang didapat tidak mengambarkan penyebaran lemak dalam tubuh. Pengukuran BMI tidak mempertimbangkan perbedaan postur tubuh setiap ras sehingga tidak dapat mengambarkan kegemukan secara alami.

Pengukuran rasio lingkar pinggang dan pinggul merupakan cara paling praktis dan akurat untuk mengetahui penyebaran lemak tubuh di perut. Para ahli nutrisi di Amerika menyatakan bahwa wanita berbobot normal memiliki lingkar pinggang kurang dari 80 cm dan kurang dari 100 cm untuk pria. Sedangkan bagi orang Indonesia, standar tersebut dapat diturunkan beberapa sentimeter lebih kecil karena memiliki struktur tulang yang lebih kecil.

Nilai lingkar pinggang kemudian dibandingkan dengan lingkar pinggul. Rasio lingkar pinggang – lingkar pinggul normal untuk wanita harus kurang dari 0,8 dan kurang dari 0,9 untuk pria. Jika angka yang Anda peroleh lebih besar dari angka tersebut maka  itu pertanda kondisi kesehatan Anda rawan masalah. Semakin kecil rasio lingkar pinggang – lingkar pinggul makan semakin kecil resiko obesitas dan penyakit degeneratif seperti hipertensi, hiperkolesterol, diabetes, kanker, lupus dan alzheimer.

Fat Loss not Weight Loss

Berkurangnya angka yang ditunjuk jarum timbangan dianggap sebagai bukti keberhasilan diet. Itu cara pandang awam! Cobalah untuk berpikir lebih cerdas dan tinggalkan cara pandang orang awam. Langsing tidak sama dengan kurus. Tubuh langsing merupakan gambaran bentuk tubuh proporsional dambaan semua orang. Langsing adalah memiliki bobot tubuh normal dengan komposisi lemak dan air yang sesuai dengan standar normal disertai massa otot yang memadai untuk membentuk lekuk tubuh yang indah.
Pasti Anda senang saat melihat bobot yang tertera pada angka jarum timbangan mengalami penurunan. Sayangnya, kesenangan tersebut hanya bersifat sementara. Biasanya bobot badan kita akan kembali naik keesokan harinya meski pun kita masih melakukan diet yang sama dengan hari sebelumnya. Atau kejadian menjengkelkan lainnya, bobot tubuh Anda tidak mau turun setelah sebelumnya turun secara cepat. Komponen tubuh mana yang hilang? Lemak, air atau otot? Mengapa bobot badan membandel tidak mau turun kembali? Benarkah lemak tubuh telah menyingkir sementara tonjolan lemak masih tampak jelas bercokol di balik baju?
Tubuh langsing juga menandakan minimnya timbunan lemak tubuh terutama lemak pada bagian perut. Orang berpinggang ramping memiliki resiko jauh lebih rendah terhadap berbagai penyakit.

You may also like

Leave a Comment