Cara Aman Traveling Saat Corona Masih Melanda

by joe han
0 comment

Berlibur di tengah pandemi corona tentu saja tidak boleh asal. Anda wajib mengikuti protokol kesehatan dibawah ini!

Liburan tahun ini terasa berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid 19 yang melanda. Tempat wisata terpaksa ditutup bahkan penerbanganpun dihentikan sementara. Setelah berbulan-bulan memberlakukan lockdown kini keadaan sudah kembali membaik.

Perjalanan melalui jalur udara beroperasi kembali dan beberapa tempat wisata telah dibuka didukung dengan protokol kesehatan yang ketat. Adapun beberapa tips traveling saat corona ini juga wajib anda ikuti agar liburan tetap aman dan menyenangkan.

Gunakan Masker

Coronavirustidak bisa dipandang sebelah mata karena virus ini mampu ditularkan dari manusia ke manusia. Untuk bisa liburan saat corona siapkan tindakan preventif agar Anda tak ikut tertular virusnya. Salah satunya dengan menggunakan masker saat berada di keramaian.

Bila memakai masker kain pastikan masker tersebut memiliki minimal dua lapisan dengan serat rapat. Gunakan masker secara benar yakni menutup bagian hidup dan mulut dengan sempurna. Jaga jarak minimal 2 meter dengan orang sekitar Anda saat liburan. Misalnya saja ketika antri membeli tiket masuk maupun makan siang di restoran.

Rajin Cuci Tangan

Traveling saat pandemi harus lebih menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan Anda apalagi setelah kontak fisik dengan orang lain. Saat mencuci tangan sebaiknya minimal 60 detik dan cuci seluruh bagian telapak tangan termasuk celah-celah jari. Cuci tangan juga perlu dilakukan jika Anda menggunakan fasilitas publik.

Misalnya saja  ketika naik eskalator ataupun saat menerima tiket masuk tempat hiburan. Salah satu barang yang selalu harus dibawa saat traveling dikala pandemi adalah hand sanitizer yang memudahkan Anda mencuci tangan dimana saja dan kapanpun.

Rutin Cek Temperatur

Lakukan coronavirus testingmelalui pengecekan temperatur secara rutin. Beberapa tempat wisata bahkan sudah memberlakukan checkpoint sebelum memasuki lokasi wisata. Bila memiliki suhu tubuh tinggi maka pengunjung dilarang untuk masuk ke tempat wisata tersebut.

Selain itu kini untuk menggunakan transportasi udara juga diwajibkan menyertakan hasil rapid test yang berlaku 7-14 hari. Rapid test memang tidak bisa mendeteksi secara akurat adanya virus corona dalam tubuh. Anda bisa menambahkan tes PCR yang lebih cermat dalam mendeteksi covid 19. 

Cashless

Biasakan dari sekarang untuk menggunakan dompet digital. Pasalnya virus corona mampu hidup di benda mati seperti uang kertas. Tempat rekreasi seperti bioskop kabarnya juga akan memberlakukan pembayaran online untuk pembelian tiket nonton. Cashless merupakan salah satu cara menyimpan uang saat traveling paling aman karena mengurangi resiko kehilangan uang saat perjalanan liburan.

Hindari Tempat Wisata Di Daerah Pandemi

Berdasarkan Coronavirus Worldometerada sekitar 215 negara yang telah terjangkit covid 19. Kasus coronavirus USA  menempati posisi pertama dengan jumlah kasus hingga 4 juta jiwa. Saking parahnya kasus corona di Amerika pemerintahannya menerapkan  travel restrictions by state.

Rutinlah mengecek negara mana saja yang masih aman dan tidak bisa dikunjungi. Apalagi kini akses informasi terkait covid 19 sangatlah mudah ditemukan. Dengan begitu Anda bisa menghindari berwisata ke tempat yang berpotensi tinggi penyebaran covid 19.

Lakukan karantina mandiri selama dua minggu bila terlanjur bepergian ke tempat wisata yang menjadi pusat pandemi covid 19. Traveling saat hamil sebaiknya dihindari untuk dilakukan agar kesehatan janin dan ibunya terjaga.

Konsumsi Makanan Sehat dan Vitamin

Tak cukup itu saja jaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat. Apalagi jenis makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh seperti rempah-rempah. Rempah-rempah seperti jahe merah mengandung curcumin tinggi yang kaya akan antioksidan.

Tidak lupa konsumsi suplemen atau vitamin yang mampu menjaga tubuh Anda selalu bugar. Berolahraga juga diperlukan agar tubuh tetap sehat dan kuat. Anda bisa melakukan olahraga jogging, yoga ataupun senam yang bisa dikerjakan seorang diri dan tak memakan banyak tempat.

Patuhi Aturan Yang Diterapkan Di Tempat Wisata

Patuhi pula peraturan yang diterapkan di tempat wisata tersebut. Wahana hiburan misalnya menerapkan aturan batasan pengunjung untuk setiap wahana yang ingin dicoba. Tak hanya itu saja kini naik gunung pun setiap kelompok dibatasi jumlahnya tidak boleh lebih dari 10 orang.

Traveling Virtual

Anda juga bisa mencoba traveling virtual yang kini banyak ditawarkan agen wisata. Traveling ini memungkinkan Anda berwisata tanpa harus keluar rumah. Anda bahkan bisa bepergian ke luar negeri tanpa harus memiliki paspor.

Traveling virtual memungkinkan traveling lebih aman karena hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Traveling saat corona tidak bisa dilakukan seperti hari biasanya. Selalu perhatikan protokol kesehatan dan jaga diri dengan baik. Agar lebih aman, sebaiknya tunda dulu travelingnya hingga wabah ini selesai.

Sumber :

https://travel.kompas.com/read/2020/02/15/134000227/ada-wabah-virus-corona-ini-cara-aman-traveling-menurut-dokter?page=all

https://www.idntimes.com/travel/tips/aviliani/tips-traveling-saat-corona-c1c2/6

https://www.bobobox.co.id/blog/traveling-saat-virus-corona/

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4970508/bosan-di-rumah-saat-virus-corona-melanda-coba-tips-liburan-asik-ini

You may also like

Leave a Comment