Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman dengan munculnya kantong mata yang disertai dengan lingkaran hitam di bawahnya. Apalagi jika keluhan tersebut telah menyebabkan mata mengalami pembengkakan ringan.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab munculnya kantong mata yang Anda alami.

Beberapa Penyebab Munculnya Kantong Mata dan Lingkaran Hitam di Sekitarnya

Selain karena penuaan, munculnya kantong mata dan lingkaran hitam sekitar mata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kelelahan dan kurang tidur
  • Peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata, misalnya akibat paparan sinar matahari berlebihan
  • Peradangan atau hiperpigmentasi
  • Penumpukan cairan di sekitar mata, misalnya karena perubahan hormon atau terlalu banyak konsumsi garam
  • Stres

Cara Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam

Pada dasarnya, kantong mata dan lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata bisa dihilangkan dengan beberapa langkah perawatan sederhana berikut ini:

1. Gunakan kompres dingin

Mengompres mata diketahui ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Anda dapat mengompres mata dengan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus es. Kompres mata selama 10–15 menit.

Selain dengan air dingin atau es, Anda juga bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

2. Perbaiki pola tidur

Kantong mata dan mata panda dapat muncul jika Anda kurang tidur atau kelelahan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malamnya.

Posisi tidur tertentu juga bisa mengatasi kantong mata yang Anda alami. Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara ini diketahui dapat mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat Anda tidur.

3. Hindari minuman beralkohol dan berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantong mata bisa cepat hilang.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat mencegah terbentuknya kantong mata. Selain itu, agar terhindar dari retensi cairan, Anda dapat mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam.

5. Penuhi asupan kalium tubuh

Memenuhi asupan kalium juga dapat mengurangi risiko terbentuknya kantong mata. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung kalium, antara lain pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.

6. Gunakan krim khusus mata

Krim mata yang mengandung chamomile, mentimun, atau arnica juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit . Selain itu, krim mata dengan kandungan vitamin C, vitamin K, atau vitamin E, juga dapat menghilangkan kantong mata.

7. Gunakan tabir surya

Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30. Penggunaan concealer yang memiliki warna lebih terang dari warna kulit Anda, juga dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda disarankan untuk menggunakan concealer dengan SPF 15 atau lebih. Jika kulit Anda cenderung berminyak atau berjerawat, gunakan concealer bebas minyak.

Perawatan Lain Berdasarkan Penyebab Timbulnya Kantong Mata

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika kantong mata yang Anda alami sudah sangat mengganggu atau tak kunjung hilang.

Untuk menyamarkan atau menghilangkan kantong mata, dokter dapat memberikan beberapa penanganan berikut ini:

Obat alergi

Jika munculnya kantong mata dan lingkaran hitam disebabkan oleh alergi, Anda dapat menghindari penyebab alergi dan mengonsumsi obat alergi. Dokter biasanya akan memberikan obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi yang muncul.

Krim pemutih

Penggunaan krim pemutih bisa menjadi solusi jika kantong mata dan lingkaran hitam disebabkan oleh hiperpigmentasi atau meningkatnya zat melanin (pigmen alami kulit).

Biasanya, dokter akan meresepkan krim yang mengandung zat pencerah kulit seperti retonoid atau retinol, hydroquinone, asam kojic, teh hijau, vitamin C, atau ekstrak kedelai.

Dermal filler

Kantong mata akibat penuaan dan jaringan kulit yang kendur bisa diatasi dengan dermal filler. Namun, cara menghilangkan kantong mata ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau dokter ahli estetika.

Terapi laser

Untuk menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam di sekitarnya, dokter juga dapat melakukan terapi laser di sekitar mata. Akan tetapi, terapi ini biasanya baru menunjukkan hasil setelah beberapa kali tindakan.

Terapi laser umumnya baru dianjurkan apabila metode lain tidak juga berhasil menghilangkan kantong mata.

Operasi Kelopak Mata untuk Menghilangkan Masalah Kantong Mata

Jika segala upaya telah dilakukan tetapi masalah kantong mata bertambah parah hingga terjadi pembengkakan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan operasi kelopak mata atau blepharoplasty.

Selain dapat menghilangkan kantong mata, blepharoplasty juga dapat memperbaiki kelopak mata yang bengkak serta mengurangi kelebihan kulit kelopak mata bagian atas dan bawah yang dapat mengganggu penglihatan.

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan prosedur ini, mengingat operasi kelopak mata memiliki berbagai risiko, seperti infeksi, mata kering, perdarahan pada mata, perubahan posisi kelopak mata, hingga gangguan penglihatan.

Meski sering dianggap mengganggu penampilan dan membuat wajah kelihatan tidak segar, kantong mata dan lingkaran hitam di sekitarnya bukanlah kondisi medis yang serius.

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter jika kantong mata yang muncul tak kunjung hilang, semakin besar atau meluas, atau disertai keluhan lain, seperti iritasi mata dan pembengkakan yang parah pada mata.