Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami dan Cepat

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Melansir Healthline, kadar tekanan darah tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan ketahanan terhadap aliran darah di pembuluh darah arteri. Semakin sempit pembuluh darah arteri, kadar tekanan darah semakin tinggi. Hasil pengukuran tekanan darah lebih dari atau sama dengan 130/80 mm Hg termasuk tinggi.

Kabar baiknya, tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan modifikasi atau perubahan gaya hidup.

Berikut beberapa cara menurunkan darah tinggi secara alami dan cepat:

1. Olahraga rutin

Melansir Mayo Clinic, olahraga rutin selama 150 menit per minggu atau 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi sampai 5-8 mm Hg. Perlu diingat, jika penderita hipertensi ingin menggunakan olahraga sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat dan alami, lakukan aktivitas fisik secara konsisten. Jika rutinitas olahraga berhenti di tengah jalan, tekanan darah tinggi yang sudah terkontrol bisa naik lagi. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan penderita hipertensi di antaranya jalan kaki, lari, bersepeda, atau berenang. Latihan kekuatan otot juga bisa cocok dijalankan penderita tekanan darah tinggi. Agar lebih aman, sebelum memutuskan jenis olahraga yang tepat ada baiknya konsultasi ke dokter.

2. Kurangi asupan natrium dan garam

Mengurangi asupan natrium dan garam merupakan salah satu cara menurunkan darah tinggi alami dan cepat. Dengan menurunkan konsumsi garam dan natrium, penderita hipertensi bisa menurunkan tekanan darah tinggi sampai 5-6 mm Hg. Secara umum, batas konsumsi natrium maksimal 2.300 miligram per hari. Untuk mengurangi natrium dan garam dalam keseharian, upayakan untuk selalu membaca label makanan. Pertimbangkan makanan rendah sodium. Minimalkan makan makanan olahan yang biasanya banyak mengandung natrium untuk proses pengawetan. Selain itu, jangan dibiasakan untuk menambahkan garam terlalu banyak dalam makanan.

3. Berhenti merokok

Tekanan darah tinggi seseorang bisa naik selang beberapa menit setelah seseorang kelar merokok. Berhenti merokok bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami. Setop merokok juga bisa jadi cara mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Kurangi asupan kafein

Peran kafein dalam memengaruhi tekanan darah hingga kini jamak diperdebatkan ilmuwan. Produk berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi disebut bisa meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg bagi orang yang jarang mengonsumsinya. Namun, orang yang rutin minum asupan berkafein kemungkinan tekanan darahnya naik tidak terlalu signifikan. Kendati demikian, pertimbangkan efek jangka panjang konsumsi kafein pada tekanan darah yang rentan meningkat. Untuk itu, baiknya Anda mengurangi atau membatasi asupan berkafein apabila sedang menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Pangkas asupan gula dan karbohidrat olahan

Sejumlah penelitian menunjukkan, diet rendah karbohidrat dan gula bisa efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Studi pada 2010 menungkapkan, diet rendah karbohidrat bisa menurunkan tekanan darah 4,5 sampai 5,9 mm Hg. Diet rendah karbohidrat dan gula dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Karena umumnya orang jadi lebih banyak makan protein. Bagi Anda yang sedang mencari cara menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami, coba pangkas asupan gula dan karbohidrat olahan seperti tepung terigu.

6. Makan asupan kaya kalium

Asupan tinggi kalium termasuk makanan yang bisa menurunkan darah tinggi. Melansir Medical News Today, kalium adalah mineral penting yang bisa membantu mengikat natrium dan melancarkan peredaran darah.

Beberapa makanan penurun hipertensi yang bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami di antaranya:

  • Sayuran untuk menurunkan darah tinggi seperti bayam, kangkung, kale, tomat, kentang
  • Buah yang dapat menurunkan darah tinggi seperti melon, pisang, alpukat, jeruk, aprikot
  • Susu dan yoghurt
  • Tuna dan salmon
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

7. Makan buah stroberi, blueberry, rasberry

Beri-berian seperti stroberi, blueberry, rasberry, blackberry termasuk buah yang dapat menurunkan darah tinggi. Buah tersebut kaya akan senyawa alami polifenol yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko stroke, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Konsumsi makanan kaya magnesium

Makan makanan yang kaya magnesium bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi secara alami dan cepat. Magnesium adalah mineral penting yang bisa membantu pembuluh darah tetap rileks. Anda bisa mengonsumsi asupan yang kaya magnesium seperti sayuran, susu, kacang-kacangan, ayam, dan biji-bijian.

9. Kurangi stres

Stres juga bisa memicu tekanan darah tinggi. Penyakit darah tinggi juga semakin sulit dikontrol apabila stres dibarengi pola makan tidak sehat, minum alkohol, dan merokok. Untuk itu, cara menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami perlu melibatkan pengelolaan stres penderita. Kurangi stres dengan mengurai penyebab utama stres. Lalu coba cari solusinya. Jika dirasa terlalu sulit menghilangkan stres, coba ubah cara pandang dengan pemahaman tidak semua hal bisa kita dikendalikan. Sebisa mungkin untuk menghindari pemicu stres dan luangkan waktu untuk bersantai agar pikiran rileks.

10. Pastikan tidur yang cukup di malam hari

Susah tidur bisa memengaruhi tekanan darah, terutama bagi orang berusia di atas setengah baya. Pasalnya, tekanan darah baru bisa turun saat Anda tertidur. Studi mengungkapkan, tidur kurang dari tujuh jam setiap hari bisa meningkatkan risiko hipertensi. Bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat dan alami, pastikan untuk tidur cukup di malam hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami dan Cepat”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/08/02/120200768/cara-menurunkan-darah-tinggi-secara-alami-dan-cepat?page=all#page2.
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

You may also like

Leave a Comment