Dokter Ini Anjurkan Zinc Untuk Perkuat Imunitas Hadapi Virus Corona

by joe han
0 comment

Seorang dokter yang rajin membagi tweet kesehatan @dr_koko28 yang adalah dr. Andi Khomeini Takdir mengusulkan kepada pemerintah tentang pencegahan virus corona.

Untuk memenangkan pertempuran melawan pandemi Covid-19, hendaknya pemerintah mengajak masyarakat biasakan mengonsumsi probiotik, memberikan vaksinasi BCG untuk memicu kekebalan adaptif, dan membagikan suplemen zinc kepada masyarakat.

Menurut dokter Koko, salah satu zat yang harus dikonsumsi namun belum banyak diketahui adalah makanan yang mengandung zinc atau seng.

Zinc merupakan mineral penting yang terlibat di dalam  produksi sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan zinc dapat menyebabkan respons imun yang melemah.

Suplemen zinc dapat merangsang sel kekebalan tertentu dan mampu mengurangi stres oksidatif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 80-92 mg zing per hari dapat mengurangi lamanya flu hingga 33%.

Tidak hanya itu, suplemen zinc dapat mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan respons kekebalan pada orang yang lebih tua secara signifikan. Termasuk kekebalan pada virus corona.

Menurut European Journal of Immunology, tubuh setiap manusia membutuhkan zinc untuk mengaktifkan limfosit T (sel T).

Sel T dapat membantu tubuh dengan dua cara, yaitu mengendalikan dan mengatur respons imun, dan menyerang sel yang terinfeksi atau kankea,

Sebaliknya, kekurangan kandungan seng dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang dengan kandungan zinc yang minim dapat mengalami peningkatan kerentanan terhadap berbagai patogen,

Salah satu manfaat zinc lainnya adalah mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia, seperti pneumonia infeksi dan degenerasi makula.

Zinc yang mampu menghilangkan stres oksidatif dan meningkatkan respons kekebalan dengan aktivitas sel T yang meningkat, mampu melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami.

Selain faktor umur, orang dewasa berusia sekitar 30-40 tahun yang mengonsumsi makanan dengan kandungan zinc yang cukup akan mengalami penginkatan respons vaksinasi influenza dan mengurangi risiko radang paru-paru. Di sisi lain, zinc juga mampu meningkatkan kinerja mental.

Orang dewasa yang lebih tua yang melengkapi dengan seng mengalami peningkatan respons vaksinasi influenza, mengurangi risiko radang paru-paru dan meningkatkan kinerja mental.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 45 mg zinc per hari dapat menurunkan tingkat infeksi pada orang dewasa hingga 66%.

Sebuah studi yang melibatkan 4.200 orang juga mengungkapkan bahwa, mengonsumsi suplemen antioksidan setiap hari (seperti vitamin E, C dan beta- karoten) ditambah 80 mg zinc mampu mengurangi risiko mata kabur dan risiko AMD lanjut secara signifikan.

Pada sumber makanan, zinc terdapat. pada kacang-kacangan, daging sapi, daging ayam, kuning telur, jamur, dan makanan laut, khususnya kerang dan udang.(*)

#berantasstunting #hadapicorona

Sumber : https://health.grid.id/read/352116748/dokter-ini-anjurkan-zinc-untuk-perkuat-imunitas-hadapi-virus-corona?page=all

You may also like

Leave a Comment