Jangan Buang Air Bekas Cucian Beras, Manfaatkan untuk Tanaman

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Air bekas cucian beras sebaiknya tidak dibuang, melainkan disimpan dan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Beras adalah bahan pangan yang bagaimanapun juga harus lewat proses pencucian sebelum dimasak, proses ini masih tetap penting untuk menghilangkan debu dan sekam yang terbawa.

Hal ini disarankan oleh Dosen di Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB, Eny Palupi. “Paling mudah pemanfaatan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman itu yang paling mudah,” jelas Eny Palupi, kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020). Ia menyatakan, dalam air bekas cucian beras terdapat banyak gizi dan kandungan vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang tanaman. “Zat gizi mikro yang paling signifikan proporsi kehilangannya, antara lain: vitamin B, zat besi dan seng,” kata Eny.  Komponen makro yang ikut terlarut yang juga terbawa saat beras dicuci di antaranya terutama karbohidrat (pati), protein, dan sebagian asam lemak bebas.

“Zat organik yang terlarut dalam air cucian beras bisa untuk sumber hara untuk tanaman,” ujar Eny.

Dengan demikian air bekas cucian beras bisa merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman (daun, tunas, cabang). Terutama dari komponen vitamin B1. Kemudian membantu pembentukan khlorofil sehingga tanaman bisa lebih hijau. Selain itu juga bisa digunakan untuk mempekuat tumbuhan dari penyakit. “Bisa juga yang difermentasi lalu jadi pupuk organik cair itu juga bagus,” jelas Eny Palupi. Pupuk organik cair bisa digunakan sebagai pupuk cair alami untuk tanaman hidroponik. Pupuk cair alami untuk tanaman hidroponik bisa didapat dari air bekas rendaman beras dan air bekas rendaman daun pisang yang sudah diolah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jangan Buang Air Bekas Cucian Beras, Manfaatkan untuk Tanaman”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/07/16/141400275/jangan-buang-air-bekas-cucian-beras-manfaatkan-untuk-tanaman.
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Yuharrani Aisyah

You may also like

Leave a Comment