Jangan Remehkan Manfaat Lemak

by Echa
0 comment

Lemak di dalam tubuh sering dianggap mengganggu kesehatan atau penampilan tubuh. Padahal fungsi lemak bagi tubuh sangat banyak. Keberadaan lemak di dalam tubuh hanya akan mengganggu penampilan dan membahayakan kesehatan jika jumlahnya berlebihan. Lemak itu  salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sama seperti protein dan karbohidrat. Lemak dalam porsi makanan Anda penting untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.

Jenis  Lemak

Untuk mendapatkan fungsi lemak secara maksimal, ada berbagai jenis lemak yang terkandung di dalam makanan, antara lain:

  1. Lemak Baik

Lemak baik ini merupakan lemak yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Berikut jenis lemak yang termasuk dalam jenis lemak baik :

  • Lemak tak jenuh tunggal
    Lemak tak jenuh tunggal  ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dengan menurunkan tingkat LDL/  kolesterol jahat dan menjaga tingkat HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Lemak ini bisa ditemukan pada buah alpukat, minyak zaitun, hazelnut, almond,buah kemiri  dan kacang-kacangan.
  • Lemak tak jenuh ganda
    Lemak tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Omega-6 dan omega-3 termasuk ke dalam jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak ini banyak terdapat pada ikan salmon, tuna, buah kenari, dan biji lenan.

2. Lemak Jahat

Lemak Jahat ini merupakan jenis lemak yang dapat menghambat metabolisme tubuh. Berikut jenis lemak yang termasuk dalam jenis lemak jahat :

  • Lemak jenuh
    Lemak jenuh sebenarnya lebih baik dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak jenuh akan tampak berbeda bentuknya dengan lemak tak jenuh karena biasanya berubah menjadi bentuk padat atau membeku di suhu ruangan biasa. Sumber lemak jenuh bisa ditemukan pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, atau kulit ayam.
  • Lemak trans
    Lemak trans termasuk ke dalam jenis lemak yang tidak baik karena bisa meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan penyakit stroke, diabetes tipe 2, dan gangguan jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. Sumber lemak trans bisa ditemukan di produk olahan seperti biskuit, crackers, donat, pizza, dan gorengan.

Manfaat Lemak

Lemak sangat dibutuhkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut manfaat lemak untuk tubuh kita :

  • Membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E
    Beberapa jenis vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, untuk dapat diserap oleh tubuh, vitamin ini memerlukan bantuan lemak.
  • Sumber energi bagi tubuh
    Lemak juga sebagai sumber energi bagi tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi lemak secara berlebihan demi meningkatkan energi.
  • Membantu kesehatan kulit dan rambut
  • Membuat tubuh tetap hangat
    Lemak memiliki fungsi sebagai isolator bagi tubuh. Keberadaan lemak bisa membuat tubuh menjadi hangat, seperti halnya ketika Anda mengenakan pakaian yang tebal.
  • Melindungi organ tubuh
    Lemak juga berfungsi melindungi organ tubuh dari kerusakan karena lemak membantu membangun sel serta memproduksi hormon tubuh, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Lemak meskipun sering menjadi musuh bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan lemak sama sekali. Fungsi lemak tertentu justru sangat penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh. Perlu dipahami bahwa lemak itu harus dikonsumsi secara proporsional dan tidak berlebihan.

Referensi :

Denny Santoso, S.kom SAC.DIP.,CSN,. Buku Rahasia Diet The Concept, The Diet , The Workout. 2012

https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-fungsi-lemak

You may also like

Leave a Comment