Manfaat Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Membiasakan diri untuk menyikat gigi di pagi hari dan malam hari menjelang tidur memang disarankan. Pasalnya, kebiasaan ini dapat membawa ragam manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah terbentuknya plak

Menyikat gigi dua kali sehari dapat membantu mengangkat sisa makanan dan minuman yang menempel di gigi sehingga mencegah pembentukan plak gigi. Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening pada permukaan gigi yang jika tidak dibersihkan dapat mengeras dan menjadi karang gigi.

2. Mencegah gigi berlubang dan radang gusi

Karena mampu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari juga dapat mencegah gigi berlubang. Di samping itu, kebiasaan ini juga bisa menurunkan risiko Anda terkena radang gusi, yaitu tahap awal dari berbagai penyakit gusi.

3. Mencegah bau mulut

Bakteri yang ada pada mulut dapat menghasilkan gas sulfur sehingga bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, bau mulut juga akan meningkat jika Anda menderita sakit gigi atau penyakit gusi yang diakibatkan oleh penumpukan bakteri ini.

Guna mencegah bau mulut, kendalikan jumlah bakteri dalam mulut Anda dengan menyikat gigi dua kali sehari. Bila perlu, gunakan pasta gigi dengan rasa mint agar napas menjadi lebih segar.

4. Mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit

Sikat gigi dua kali secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pasalnya, peradangan gusi yang disebabkan oleh bakteri di plak gigi dapat memicu peradangan di bagian tubuh lainnya. Inilah yang menjadi dasar mengapa kesehatan mulut yang buruk bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan diabetes.

ak hanya itu, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit juga diyakini dapat membantu menekan risiko tubuh terinfeksi virus, termasuk virus Corona. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Memilih Produk Perawatan Gigi

Agar manfaat sikat gigi dua kali sehari dapat diperoleh secara maksimal, gunakanlah produk perawatan gigi berkualitas. Berikut adalah kriterianya:

Sikat gigi

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan halus, apalagi jika Anda memiliki gigi sensitif. Sikat gigi berbulu lembut dan halus cenderung tidak mengiritasi permukaan terluar gigi (enamel) sehingga mampu mengurangi risiko munculnya rasa ngilu.

Sikat gigi dengan ujung kepala sikat yang bulat dan mengecil juga disarankan, karena model seperti ini akan memudahkan bulu sikat dalam menjangkau permukaan gigi secara menyeluruh.

Pasta gigi

Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride, karena mineral yang satu ini dapat memperkuat enamel gigi dan dapat membantu mencegah gigi berlubang. Sementara agi yang memiliki gigi sensitif, sebaiknya pilih pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif.

Pasta gigi sensitif mengandung bahan khusus yang tidak mengiritasi enamel gigi. Salah satu contoh bahannya adalah potasium nitrat. Bahan ini mampu menghambat proses munculnya nyeri dan ngilu pada gigi sensitif yang terjadi akibat makanan, minuman, atau rangsangan lainnya.

Kebiasaan sikat gigi dua kali sehari merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, itu saja tidak cukup. Anda juga harus menyikat gigi dengan cara yang benar dan rutin berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memastikan gigi dan mulut Anda selalu sehat.