Kesalahan dalam Menjalankan Diet

by Echa
0 comment

Diet merupakan salah satu cara mengurangi makan untuk menurunkan atau menstabilkan berat badan. Namun, saat kita berusaha mendapatkan hasil yang maksimal terkadang kita melakukan kesalahan yang justru membuat berat badan tidak  kunjung turun. Kalaupun turun, dalam waktu dekat akan naik lagi.

Mungkin dalam penurunan berat badan terhambat karena mengikuti acuan diet yang salah sehingga diet kita tidak membuahkan hasil. Berikut ini kesalahan dalam menjalankan diet yang sering terjadi:

  • Melewatkan Sarapan Pagi (Skip Breakfast)

Sarapan tidak hanya memberikan energi tetapi juga meningkatkan konsentrasi dan semangat sepanjang hari. Saat bangun pagi, kamu membutuhkan asupan gula untuk membuat otot dan otak bekerja. Sarapan ibarat mengisi baterai tubuh untuk melakukan aktivitas.

  • Mengurangi Waktu Makan

Logikannya makan lebih sedikit akan menurunkan berat badan sehingga mereka berusaha menahan lapar dengan cara mengurangi waktu makan menjadi 2x sehari. Padahal idealnya waktu makan orang normal itu sebanyak 5-6 kali sehari yaitu 3 kali makan normal dan 2-3 kali makan selingan untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh

  • Makan Disaat Lapar Banget

Makan saat lapar akan membuat kita makan melebihi porsi yang semestinya. Jika ingin diet berhasil, makan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Jangan melewatkan jam makan karena belum ada rasa lapar. Hal ini akan membuat pencernaan dan sistem metabolisme tubuh tidak memiliki jam kerja yang pasti dan membuat sistem tubuh tidak bekerja ideal.

  • Cheating Day yang Benar-benar “Cheating

Menerapkan hari makan bebas (Cheating Day) dianggap memberikan hadiah atas keberhasilan diet diri sendiri melewati 6 hari sebelumnya dengan diet ketat. Cheating day akan merangsang otak kita bahwa 6 hari sebelumnya adalah hari tersiksa. Jika ini diteruskan, lama kelamaan kita merasa capek untuk diet sehingga kita berhenti melakukan diet lagi.

  • Kurangnya Istirahat

Ketika kita kurang istirahat, tubuh akan terasa lelah dan rasa lapar mudah muncul. Hal ini bisa membuat kita cenderung lebih banyak makan atau ngemil, sehingga menggangu progam diet yang sudah dijalani.


Referensi :

Denny Santoso, S.kom SAC.DIP.,CSN,. Buku Rahasia Diet The Concept, The Diet , The Workout. 2012https://www.halodoc.com/artikel/8-kesalahan-penerapan-diet-yang-sering-dilakukan

You may also like

Leave a Comment