Konsistensi Musisi di tengah Pandemi Covid-19

by vivanetagnt
0 comment

Saat ini dunia sedang di landa masalah yang begitu berat di awal tahun 2020, tidak terkecuali negeri kita tercinta Indonesia. Efek yang di hasilkan pun begitu terasa dari mulai pejabat tinggi negara, pengusaha, karyawan swasta dan juga Musisi. Musisi adalah sebuah profesi yang di berikan kepada mereka yang hidupnya menciptakan lagu, atau menampilkan seni pertunjukan di bidang musik. Seperti pengarang lagu, penyanyi atau vocalist, pemain gitar, pemain drum, pemain piano, dan pemain instrument musik lainnya. Sejatinya para musisi itu adalah orang yang begitu kreatif dan memliki imajinasi yang begitu sangat baik. Profesi musisi sendiri saat ini dapat di katakan sudah sangat menjanjikan. Hal tersebut bisa terjadi di karenakan begitu pesatnya pertumbuhan minat masyarakat terhadap pertunjukan pentas seni musik.

Bila kita tarik kebelakang sejenak untuk melihat bagaimana sulitnya perjuangan para musisi- musisi tanah air dalam menampilkan pertunjukan pentas seni musik sangatlah sulit. Bahkan seperti yang kita ketahui dahulu beberapa tahun setelah Indonesia merdeka sekitar tahun 60 an, Presiden pertama kita menangkap dan memanjarakan sebuah band legenda di Indonesia yaitu Koes Bersaudara. Hal tersebut hanya di karenakan adat budaya dan penampilan para musisi saat itu yang mengadopsi penampilan beberapa musisi di negara Amerika dan Eropa, yang sejatinya sangatlah  bertentangan dengan adat dan budaya di negeri kita Indonesia.

Perlahan tapi pasti perkembangan industri musik di Indonesia sangat menjanjikan. Baik itu industri Label ataupun yang melalui jalur indie. Seiring melesatnya perkembangan jaman, dengan kemajuan teknologi, kini para musisi pun sangat di manjakan dengan begitu mudahnya untuk menampilkan hasil karya yang dibuat dalam menampilkan suguhan seni musik, baik itu melalui sebuah rekaman ataupun pertunjukan.

Seperti salah seorang musisi muda berbakat tanah air yang satu ini, Jonathan Prasetyo pria kelahiran tahun 1993 ini sudah belajar musik sejak masih duduk di bangku SD. Ia pun berbagi cerita bahwasanya pekerjaannya saat ini sangatlah terganggu dengan adanya Pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Beberapa aktifitas yang biasa ia lakukan seperti mengajar musik dan bermain musik di café atau mall pun harus berhenti sejenak. Namun di sinilah waktu yang tepat baginya untuk menunjukan konsistensinya sebagai seorang musisi. Ia pun mengatakan saat ini ia sedang menulis beberapa lagu yang nantinya akan siap di rilis di semua media musik store digital seperti Itunes, Spotify, joox, youtube, Amazon deezer,dll. Jadi dari sini kita semua dapat belajar bahwa sebenarnya dalam segala keadaan apapun kita masih bisa untuk tetap trus berkarya. Bukan keadaan sekitar yang menentukan kita, tapi kitalah yang harus bisa menentukan konsistensi kita di dalam masing-masing bidang sesuai profesinya.

You may also like

Leave a Comment