Konsumsi Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Begini Baiknya…

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Jahe adalah salah satu rempah yang ribuan tahun digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional. Sejumlah orang juga menggunakan manfaat jahe untuk mengobati masalah kesehatan seperti mual, kembung, dan masuk angin. Di balik sederet kegunaannya untuk kesehatan, jahe belakangan juga jamak dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Apakah jahe bisa bantu menurunkan berat badan?

Dilansir dari Good Housekeeping, sejumlah studi kecil membuktikan jahe bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, uji laboratorium juga menunjukkan manfaat jahe terbukti bisa mengontrol berat badan. Hal yang perlu diingat, menggunakan jahe untuk menurunkan berat badan tidak seperti pil penurun berat badan yang bekerja secara instan. Selain minum jahe, diet sehat juga perlu diimbangi pola makan sehat dan seimbang, menjalani olahraga rutin, sampai cukup tidur agar berat badannya tidak melonjak. Jahe bisa membantu menurunkan berat badan berkat kandungan senyawa antioksidannya yang merangsang aktivitas biologis.

Melansir Healthline, obesitas dapat memicu stres oksidatif dan peradangan. Stres oksidatif disebabkan kerusakan sel akibat radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan antioksidan jahe membantu mengembalikan radikal bebas. Sedangkan sifat antiperadangan dalam jahe juga bisa mengatasi peradangan. Dengan kombinasi antioksidan dan antiperadangan tersebut, jahe secara tidak langsung bisa mengatasi kelebihan berat badan. Penelitian lain menunjukkan, kandungan senyawa gingerol dalam jahe dapat mempercepat proses pencernaan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Keduanya juga bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara menurunkan berat badan dengan jahe

Agar lebih efektif menurunkan berat badan, jahe biasanya diminum bersama sejumlah bahan lain.

Berikut beberapa di antaranya:

Jahe dan lemon

Kombinasi jahe dan lemon dapat menjaga kesehatan sekaligus bisa meredam nafsu makan berlebihan.

Cara menurunkan berat badan dengan jahe dan lemon bisa dengan menambahkan sedikit perasan lemon ke dalam minuman jahe. Minuman jahe dan lemon bisa diminum dua kali sehari untuk menghidrasi tubuh sekaligus mencegah makan berlebihan.

  • Jahe dan cuka apel

Cuka apel dikenal dengan reputasinya yang efektif membantu menurunkan berat badan karena mengandung probiotik. Saat digunakan bersama jahe, kombinasi keduanya bisa mencegah gula darah melonjak dan memberikan asupan antioksidan dalam tubuh.

Cara menurunkan berat badan dengan jahe dan cuka apel cukup praktis. Anda tinggal menyiapkan segelas seduhan jahe. Setelah agak dingin baru masukkan dua sendok makan cuka apel ke dalam seduhan jahe. Menambahkan cuka apel dalam minuman terlalu panas dapat membunuh bakteri baik dalam cuka apel. Minum seduhan jahe bersama cuka apel cukup sehari sekali agar tidak mengganggu pencernaan.

  • Jahe dan teh hijau

Teh hijau disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Agar efeknya lebih kentara, tambahankan seduhan jahe. Cara menggunakan teh hijau dan jahe untuk menurunkan berat badan juga cukup mudah. Siapkan seduhan jahe, lalu celupkan teh hijau ke dalamnya. Ingat, teh hijau mengandung kafein. Cukup minum sehari sekali agar tidak mengganggu kesehatan.

Perhatian dan petunjuk keamanan

Apabila dikonsumsi orang dalam kondisi kesehatan prima, jahe umumnya aman digunakan untuk menurunkan berat badan.

Namun, beberapa orang mengalami sembelit dan perut kembung setelah minum jahe. Hati-hati minum jahe bagi penderita gangguan asam lambung, penyakit kandung empedu, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Agar lebih aman, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi apa pun sebelum mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan berat badan, termasuk jahe.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Konsumsi Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Begini Baiknya…”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/05/180300968/konsumsi-jahe-untuk-menurunkan-berat-badan-begini-baiknya-?page=all#page2.
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

You may also like

Leave a Comment