Konsumsi Makanan Berserat Bantu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Serat adalah nutrisi penting yang seringkali diabaikan oleh kita. Menurut data Mayo Clinic, wanita setidaknya haru mengonsumsi 21 hingga 25 gram serat sehari. Sedangkan pria minimal harus mengonsumsi 30 hingga 38 gram serat sehari. Banyak riset membuktikan pola makan tinggi serat membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Mengonsumsi makanan tinggi serat juga bisa meningkatkan fungsi pencernaan kita. Tak hanya itu, serat juga bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan dengan serat

Berikut cara kerja serat dalam menurunkan berat badan:

– Memberi makan bakteri baik dalam usus

Sekitar 100 triliun bakteri baik hidup dalam saluran pencernaan kita, terutama usus besar. Bakteri baik juga memainkan peran penting dalam berbagai aspek kesehatan manusia, termasuk mengontrol berat badan, gula darah, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otak. Sama seperti organisme lainnya, bakteri juga perlu mendapatkan asupan makanan dengan baik agar tetap sehat. Di sinilah fungsi serat bekerja. Serat yang kita konsumsi akan dicerna dan diubah menjadi energi oleh bakteri baik dalam pencernaan.

– Memerangi peradangan

Peradangan terbukti dapat memicu kenaikan berat badan dan obesitas.Banyak riset membuktikan asupan serat tinggi bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Manfaat tersebut terjadi karena serat merupakan sumber energi bagi bakteri baik dalam pencernaan. Bakteri baik inilah yang menghasilkan nutrisi untuk tubuh, termasuk asam lemak rantai pendek yang memberi makan sel-sel di usus besar dan mencegah peradangan dalam tubuh.

Makanan dengan kadar serat yang tinggi

Makanan berbasis nabati seperti buah dan sayur adalah sumber serat terbaik. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga termasuk dalam makanan berserat tinggi. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan asupan serat dari suplemen khusus.

Biasanya, suplemen tersebut terbuat dari serat tumbuhan. Suplemen serat memang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Namun, riset menunjukan jika suplemen serat tidak efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Konsumsi Makanan Berserat Bantu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/08/23/070300668/konsumsi-makanan-berserat-bantu-turunkan-berat-badan-kok-bisa-?page=all#page2.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

You may also like

Leave a Comment