Makan Apel Bisa Mencegah Kanker Prostat? Ini Fakta Nutrisinya

by joe han
0 comment

Kanker prostat termasuk penyakit yang paling dikhawatirkan para pria. Makan apel secara rutin bisa mencegah resiko kanker prostat, benarkah?

Kanker prostat tercatat sebagai penyebab utama kedua kematian pada pria. Konsumsi makanan sehat dan menjalani gaya hidup sehat bisa jadi cara ampuh untuk mencegah hadirnya resiko kanker, termasuk kanker prostat.

Dilansir dari BoldSky (14/12) apel disebut-sebut sebagai buah yang ampuh memerangi gejala hadirnya kanker prostat. Buah dengan rasa manis ini secara alami mengandung nutrisi yang menekan resiko hadir dan berkembangnya sel kanker.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 600 orang, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu atau lebih apel berukuran sedang memiliki resiko lebih rendah terkena kanker prostat. Kanker prostat sendiri menyerang kelenjar kecil yang menghasilkan sperma pada sistem reproduksi pria.

Berikut penjelasan dan hubungan soal konsumsi apel dan resiko kanker prostat.

1. Kandungan nutrisi buah apel

racun pada buah dan sayur

Dalam 100 gram apel mengandung 85,56 gr air dan 52 kkal energi. Selain itu, apel segar juga mengandung 2,4 gram serat, 6 mg kalsium, 0,12 mg zat besi, 5 mg magnesium, 107 mg kalium, 11 mg fosfor, 4,6 mg vitamin C dan vitamin K.

Semua nutrisi ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat membantu mencegah risiko kanker prostat. Polifenol dan asam fenolik dalam apel menjadi sumber nutrisi utama yang memiliki sifat anti-kanker.

2. Membantu menghilangkan sel kanker

Kandungan Kaempferol yakni polifenol alami yang terdapat dalam apel menunjukkan efek anti-proliferatif pada beberapa sel kanker. Seperti sel kanker paru-paru, sel kanker lambung, sel kanker usus besar dan sel kanker payudara.

Kaempferol secara aktif mengaktifkan reseptor untuk mematikan sel kanker. Selain itu, kandungan polifenol ini juga membantu menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh.

3. Mencegah hadirnya sel kanker

Apel mengandung nutrisi yang bersifat sebagai antikarsinogenik. Asam caffeic pada apel membantu melawan racun yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker.

Asam caffeic pada apel juga bersifat sebagai antioksidan yang dikenal luas sebagai zat alami pencegah kanker. Nutrisi ini juga membantu mempercepat pembentukan sel-sel baru dan menggantikan sel yang rusak.

4. Makan apel bersama kulitnya

ilustrasi kankr prostat

angan mengupas kulit apel karena sebaiknya apel memang dimakan bersama kulitnya. Kulit apel mengandung Proanthocyanidins yang mengurangi dan menekan pertumbuhan sel tumor.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan juga bahwa proanthocyanidins terkandung dalam buah-buahan lain seperti anggur dan blueberry. Dengan demikian makan apel bersama kulitnya membantu mencegah hadirnya kanker prostat.

5. Mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat

Apel segar mengandung fisetin yakni flavonol yaang memiliki efek anti-proliferatif terhadap sel-sel kanker prostat. Kandungan ini juga membantu mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker secara alami dan bertahap.

Fisetin juga ditemukan pada banyak jenis buah dan sayuran seperti mentimun, anggur, stroberi, dan bawang. Jadi selain rutin makan apel setiap hari, cobalah konsumsi lebih banyak jenis buah dan sayuran segar. Bukan hanya mencegah kanker prostat tapi juga berdampak baik untuk kesehatan secara umum.

Sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-5295035/makan-apel-bisa-mencegah-kanker-prostat-ini-fakta-nutrisinya/

You may also like

Leave a Comment