Makanan Terbaik yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Olahraga

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Gaya hidup sehat kini banyak dilirik berbagai kalangan. Rutinitas olahraga juga menjadi hal yang lazim dilakukan setiap pagi atau sore hari. Tapi, ketika akan berolahraga, banyak orang dibingungkan haruskah makan lebih dulu atau tidak. Pasalnya, aktivitas ini membutuhkan banyak energi. Tapi di lain sisi, berolahraga dengan perut penuh juga menimbulkan ketidaknyamanan.

Pada dasarnya, memenuhi kebutuhan nutrisi sebelum berolahraga memang penting bagi tubuh. Untuk itu, mengetahui apa makanan terbaik sebelum berolahraga penting dilakukan, selain kapan waktu terbaik mengonsumsinya. Ada beberapa makanan yang paling baik dikonsumsi sebelum berolahraga untuk mencapai target kebugaran.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Nutrition Today tahun 2018 menemukan bahwa asupan protein penting dimakan sebelum berolahraga kekuatan seperti angkat beban untuk menyediakan energi untuk olahraga intensitas rendah.

Para peneliti juga menggarisbawahi bahwa penelitian masih menunjukkan bahwa karbohidrat adalah sumber energi yang sangat diperlukan untuk olahraga dengan intensitas tinggi. Lalu, apa saja makanan terbaik yang perlu dikonsumsi sebelum berolahraga?

1. Pisang

Bagi Anda yang hanya punya waktu singkat sebelum berolahraga, pisang dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengonsumsi pisang bahkan dalam waktu 5 hingga 10 menit sebelum berolahraga. Melansir dari Web MD, pisang memiliki karbohidrat yang mudah dicerna yang dapat memberi tenaga tanpa membebani Anda.

Tak hanya itu, pisang juga merupakan sumber antioksidan dan kalium yang baik untuk mencegah kram otot selama berolahraga. Dikutip dari Men’s Jurnal, Anda juga bisa menambahkan dua sendok makan selai kacang dan madu ketika mengonsumsi pisang. Itu akan menjadi sumber glukosa yang lambat dan stabil dicerna oleh tubuh.

2. Biji-bijian

Biji-bijian utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks yang menyediakan banyak energi untuk Anda berolahraga. Jenis karbohidrat ini lebih lambat dilepaskan ke aliran darah sehingga tidak akan membuat Anda mengalami lonjakan kadar gula darah.

Dikutip dari Business Insider, beberapa biji-bijian terbaik untuk dimakan sebelum berolahraga seperti beras merah, biji gandum utuh, roti gandum utuh atau multigrain. Karena biji-bijian ini membutuhkan waktu lebih lama dicerna, sebaiknya Anda mengonsumsinya sekitar satu jam sebelum berolahraga.

3. Oat

Jika Anda rutin melakukan olahraga di pagi hari, semangkuk oatmeal dapat menjadi pembuka. Seperti biji-bijian, oat juga menyediakan banyak energi bagi tubuh yang lambat dilepaskan ke aliran darah.

Anda bisa menambahkan buah-buahan berserat tinggi dalam mangkuk oatmeal sebagai sarapan. Tubuh akan mencerna karbohidrat dalam kombinas ini dengan lebih lambat. Keuntungan kombinasi ini adalah gula darah lebih stabil dan Anda merasa berenergi lebih lama.

Sama seperti mengonsumsi biji-bijian, sebaiknya Anda memakan oat satu jam sebelum berolahraga.

4. Yogurt dan buah

Jika Anda hanya punya waktu setengah jam sebelum berolahraga, tak ada salahnya makan yogurt dan buah. Tapi perlu diingat, pilihlah yogurt tanpa pemanis tambahan.

Makanan ini dapat menjadi sumber karbohidrat, cairan, dan protein sekaligus. Anda bisa menjadikan kombinasi ini menjadi smoothie agar lebih mudah dicerna.

Dengan kombinasi ini Anda tidak akan merasa lesu selama berolahraga. Penambahan buah menjadi sumber gula sederhana yang mudah dicerna yang baik untuk olahraga intensitas tinggi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Makanan Terbaik yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Olahraga”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/17/091200668/makanan-terbaik-yang-perlu-dikonsumsi-sebelum-olahraga?page=all#page2.
Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

You may also like

Leave a Comment