Manfaat Madu Untuk Anak yang Wajib Diketahui

by joe han
0 comment

Tahukah Anda manfaat madu yang kaya akan kandungan vitamin untuk anak? Benarkah madu dapat menyebabkan alergi? Simak ulasan berikut ini.

Madu kaya akan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Kandungan vitamin, zat besi, kalium, zinc dan asam amino diklaim sebagai alasan mengapa madu sangat baik untuk anak. Lalu apa saja manfaat madu untuk anak? Benarkah madu dapat mencerdaskan otak? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

Selain rasanya yang manis, sari yang didapat dari lebah ini rupanya juga mengandung polifenol dan antioksidan flavonoid. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk si kecil.

Madu Dapat Membantu Proses Tumbuh Kembang Anak

Dalam pertambahan usianya, anak membutuhkan stimusali untuk memaksimalkan tumbuh kembang secara maksimal. Selain makanan bergizi, anak juga membutuhkan asupan vitamin yang dapat didapat dengan mengonsumsi madu.

Madu dapat dengan baik membantu sel-sel otak serta jaringan-jaringan dalam tubuh agar dapat berkembang dengan baik. Pemberian madu untuk si kecil dapat dilakukan setiap hari dengan dosis maksimal satu hingga dua sendok makan.

Meningkatkan Imun Tubuh

Madu sangat baik untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh si kecil dalam melawan berbagai macam jenis penyakit. Ini dikarenakan dalam madu terdapat kandungan vitamin kompleks dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Madu dipercaya dapat menjaga sistem penceraan si kecil karena mengandung bakteri bifidobacteria dan laktobasilus. Dua kandungan ini berperan aktif sebagai pelindung usus dari berbagai macam bakteri jahat.

Sebagai Obat Flu dan Batuk

Berikan setidaknya satu hingga dua sendok makan madu murni saat si kecil tengah terserang flu dan batuk. Madu yang mengandung gula alami dapat dengan baik meredakan infeksi, batuk serta gangguan pada sistem pernafasan.

Pun saat si kecil sedang mengalami hidung tersumbat akibat flu. Anda dapat memberinya madu yang sudah dilarutkan dengan air hangat. Larutan madu dan air hangat ini lantas dihirup agar ia merasa sedikit lebih nyaman.

Membantu Penyembuhan Luka

Saat anak aktif bermain mungkin ia akan sesekali mengalami insiden kecil seperti jatuh hingga menyebabkan luka. Selain P3K, perawatan yang baik untuk diberikan pada luka si kecil adalah dengan mengolesinya madu.

Ampuh Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat madu bagi kesehatan anak adalah sebagai penawar dari berbagai macam jenis penyakit seperti diare hingga asma. Diare pada anak dapat diobati dengan mengonsumsi madu agar dapat membunuh bakteri gastroenteritis.

Tak hanya itu, madu juga berperan aktif dalam melawan penyakit pada pernafasan si kecil seperti asma. Ini dikarenakan dalam madu terdapat senyawa alami dimana ia dapat membantu meredakan sesak nafas pada anak.

Sebagai Sumber Vitamin untuk Anak

Perlu Anda ketahui, si kecil membutuhkan urin acid, asam nikotinat dan berbagai macam jenis vitamin untuk tumbuh kembangnya. Nah, dengan memberikan madu untuk si kecil, berarti Anda telah mencukupi kebutuhan vitaminnya dengan lengkap.

Lalu apakah manfaat madu untuk otak si kecil? Karena memiliki beragam jenis vitamin madu juga sekaligus dapat mencerdaskan otak anak. Selain itu, madu juga dapat membantu anak lebih aktif dan bertenaga

Si kecil sering mengalami alergi? Berikan madu murni sebagai penawar saat ia sedang alergi. Selain menetralkan penyebab alergi, madu juga sekaligus menjadi opsi lain saat si kecil enggan minum obat alergi dari dokter.

Stimulasi pemberian madu yang tepat

Tak hanya mengetahui manfaat madu untuk tumbuh kembang anak, Anda juga harus paham perihal dosis dan pemberian madu. Seperti yang diketahui, madu hanya boleh diberikan pada anak yang telah berusia satu tahun.

Pemberian madu pada usia di bawah itu dapat meningkatkan risiko terserang penyakit pencernaan seperti botulisme. Ini disebabkan karena pencernaan bayi belum dapat secara baik memerangi bakteri Clostridium botulinum.

Selain itu, Anda juga harus memilih merk madu untuk anak yang asli dan memiliki kualitas terjamin. Konsultasikan kepada dokter spesialis anak sebelum memberikan madu untuk si kecil.

Tujuannya untuk menghindari efek alergi yang mungkin saja terjadi. Karena meskipun berasal dari bahan alami terkadang madu juga mengakibatkan alergi pada anak. Manfaat madu untuk anak memang beragam. Namun anda juga tetap harus mengimbangi dengan cara lain seperti memberikan multi vitamin, makanan bergizi dan olahraga.

Sumber:

https://www.motherandbaby.co.id/article/2018/4/31/9664/Ini-Dia-7-Manfaat-Madu-Untuk-Anak

https://www.alodokter.com/manfaat-madu-untuk-bayi-1-tahun-ke-atas

https://www.ibudanbalita.com/artikel/10-manfaat-madu-untuk-anak-dalam-menjaga-kesehatan-dan-mendukung-si-kecil-cepat-tangkap

You may also like

Leave a Comment