Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

by joe han
0 comment

Kita tentu sering mendengar kata probiotik

Banyak makanan dan minuman yang mengandung probiotik.

Apakah probiotik itu dan apa manfaatnya bagi tubuh?

Probiotik adalah istilah yang merujuk pada mikroorganisme hidup yang saat dikonsumsi akan memberikan berbagai manfaat yang baik bagi pencernaan dan menyehatkan usus manusia.

Walaupun namanya bakteri, tapi tentu berbeda dengan bakteri penyebab penyakit.

Probiotik adalah sejenis bakteri atau jamur yang mendukung sistem pencernaan, imunitas dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tubuh kita dipenuhi beragam bakteri, yang baik dan yang buruk.

Probiotik merangsang pertumbuhan bakteri baik yang hilang karena pengobatan antibiotik dan menekan pertumbuhan bakteri buruk dalam pencernaan yang berpotensi mengganggu dan sebagai penyeimbang jumlah bakteri baik dan buruk.

Beberapa jenis makanan/minuman fermentasi yang melalui proses dapat mematikan jamur dan bakteri baik, seperti proses pasteurisasi dan panggang.

Selain itu, bawang putih juga dapat membunuh bakteri baik di perut karena memiliki sifat antibiotik yang kuat.

Probiotik terdiri dari 4 jenis dengan manfaat berbeda dalam sistem pencernaan, antara lain :

  1. Lactobacillus – Probiotik jenis ini banyak ditemukan dalam yoghurt dan makanan fermentasi lainnya untuk membantu meringankan diare dan mereka yang alergi laktosa.
  2. Bifidobacteria – Probiotik jenis ini banyak terdapat dalam usus besar yang berfungsi untuk meringankan gejala iritasi usus.
  3. Saccharomyces – Probiotik jenis ini merupakan jenis jamur yang dapat membantu meredakan jerawat serta mengurangi efek samping pengobatan radang lambung yang disebabkan oleh bakteri jenis Hicobcater pylori.
  4. Streptococcus thermophilus – Probiotik jenis ini memproduksi enzim laktase yang dapat memcegah intoleransi laktosa serta bermanfaat untuk memproses makanan.

Pobiotik yang terkandung dalam suplemen dan makanan/minuman seperti yoghurt, kefir, acar, kombicha, kimchi dan tempe aman untuk dikonsumsi.

Sumber : Natalius Sen

You may also like

Leave a Comment