Mengapa Kolesterol Tinggi dapat Menyebabkan Penyakit Jantung?

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung. Tingginya kadar kolesterol dalam darah sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tak sehat. Dilansir dari Heart.org, tubuh manusia secara alami menghasilkan kolesterol untuk meregenerasi sel, melindungi saraf, sampai memproduksi hormon.

Sayangnya, perilaku tak sehat seperti pola makan tidak seimbang, kurang gerak, merokok atau terpapar asap rokok, dan kelebihan berat badan membuat produksi kolesterol naik melebihi kebutuhan tubuh. Selain itu, kadar kolesterol juga bisa meningkat karena asupan makanan seperti gorengan, susu, keju, sampai daging. Dengan melimpahnya kadar kolesterol dalam darah, terutama jenis LDL (kolesterol jahat), kesehatan tubuh bisa terganggu. Salah satunya, menyebabkan penyakit jantung.

Mengapa kolesterol tinggi menyebabkan penyakit jantung?

Ilustrasi kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung karena masalah kesehatan ini mengganggu kinerja pembuluh darah. Melansir WebMD, tingginya kolesterol dalam darah dapat menyebabkan kolesterol menumpuk di dinding pembuluh darah arteri. Kondisi ini disebut aterosklerosis. Saat arteri menyempit, aliran darah ke otot jantung jadi menyempit atau terhambat. Hal ini bisa berdampak fatal. Pasalnya, darah membawa oksigen ke jantung.

Apabila pasokan darah dan oksigen ke jantung minim, seseorang bisa mengalami nyeri dada. Saat suplai atau pasokan darah ke sebagian jantung terputus karena penyumbatan, seseorang bisa mengalami serangan jantung. Ada dua jenis kolesterol, yakni low-density lipoprotein (LDL atau dikenal sebagai kolesterol jahat) dan high-density lipoprotein (HDL atau kolesterol baik). LDL adalah biang utama plak penyumbat arteri. Sedangkan HDL bisa membantu membersihkan kolesterol dari darah. Sementara itu, ada juga trigliserida atau lemak dalam aliran darah. Penelitian termutakhir menunjukkan, tingginya kadar trigliserida juga terkait dengan penyakit jantung. Kolesterol tinggi kerap tidak menampakkan tanda-tanda atau gejala tertentu. Diperlukan pemeriksaan kolesterol untuk mengetahui degan pasti kadar kolesterol dalam darah.

Cara mencegah penyakit jantung

Ilustrasi

Melansir Healthline, menurunkan kolesterol tinggi merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan minum obat untuk menurunkan kolesterol LDL dalam darah. Tak hanya minum obat, cara mencegah penyakit jantung juga perlu menjalankan perilaku hidup sehat, di antaranya:

  • Jaga berat badan tetap ideal. Kenaikan berat badan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan membuat kinerja jantung lebih berat.
  • Aktif bergerak dan rajin berolahraga. Tubuh yang aktif bergerak membuat berat badan lebih terkontrol, serta kolesterol baik (HDL) yang membantu membersihkan kolesterol jahat bisa meningkat.
  • Jalani pola makan seimbang. Selalu konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian setiap hari. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan ikan. Hindari gorengan, makanan berpengawet, dan batasi gula.
  • Setop merokok. Selain itu, sebisa mungkin hindari paparan asap rokok.

Hal yang tak kalah penting, upayakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap tahun. Terutama jika Anda berasal dari keluarga penderita penyakit jantung. Semakin cepat mengetahui faktor risiko penyakit jantung, semakin cepat Anda bisa mengambil tindakan untuk mencegah penyakit jantung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengapa Kolesterol Tinggi dapat Menyebabkan Penyakit Jantung?”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/27/180300268/mengapa-kolesterol-tinggi-dapat-menyebabkan-penyakit-jantung-?page=all#page2.
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

You may also like

Leave a Comment