Mengenal Peran Inulin

by joe han
0 comment

Pernah dengar inulin? Inulin merupakan salah satu jenis serat bersifat prebiotik yang memberikan bakteri baik untuk proses pencernaan di usus.

Inulin memiliki tekstur halus dan rasanya tawar ini merupakan sumber karbohidrat yang berasal dari tumbuhan.

Inulin sering dimanfaatkan sebagai tambahan nutrisi berbagai produk olahan seperti susu, permen, yogurt, keju dan es krim. Serat inulin yang mudah larut ini menghasilkan energi lebih banyak dari glukosa dan sering dimanfaatkan sebagai alternatif sumber energi untuk pengobatan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang mempelajari 49 responden wanita yang secara rutin mengonsumsi inulin 10 gram setiap harinya selama dua bulan memiliki kadar gula yang normal dan stabil. Inulin membantu meningkatkan bakteri mikroflora yang baik dan menghambat pertumbuhan bakteri merugikan penyebab penyakit.

Inulin ikut berperan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang penyerapan nutrisi hingga menghasilkan asam laktat yang menekan pertumbuhan bakteri patogen. Inulin larut mudah dalam air namun tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim pencernaan sehingga strukturnya bertahan sampai di usus besar dan menjadi makanan bagi bakteri baik.

Dibawah ini peran penting inulin bagi kesehatan tubuh:

Menurunkan Kadar Kolesterol Inulin dapat mengurangi kadar kolesterol dari makanan yang kita konsumsi sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit komplikasi.

Selain itu, makanan berkolesterol tinggi biasanya mengandung gula dan lemak tinggi yang berpotensi memicu naiknya berat badan yang mengakibatkan meningkatnya resistensi insulin sehingga risiko diabetes semakin besar.

Mencegah Obesitas Inulin yang kaya akan serat menyebabkan proses penyerapan karbohidrat berjalan lebih lambat sehingga mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Inulin membantu mengontrol kadar gula pada penderita diabetes tipe 2 yang sering kali kadar gulanya naik setelah makan.

Inulin mendorong penurunan glukosa plasma yang membuat kadar gula menjadi lebih baik dan membantu pengobatan diabetes.

Meningkatkan Produksi Bakteri Baik Pada Usus Besar Inulin yang merupakan sumber makanan bagi bakteri baik dalam usus turut berperan meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga memungkinkan jumlah penyerapan kalsium dan mineral semakin meningkat.

Mencegah Sembelit Keberadaan inulin tidak saja berfungsi menjaga kadar gula dalam darah. Konsumsi 15 gram inulin setiap hari juga sangat dianjurkan untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

Inulin dapat ditemukan di berbagai aneka buah dan sayuran, seperti pisang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, gandum dan oat meals.

Sumber : Nataliussen

You may also like

Leave a Comment