Mengungkap Fenomena Artis Jadi Youtubers di Indonesia

by joe han
0 comment

Fenomena artis jadi Youtubers memang tidak jarang kita temukan sekarang ini. Berikut ini ulasan selengkapnya!

Artis merupakan seorang selebriti yang sering muncul di layar televisi, pekerjaan ini bisa mendatangkan uang yang lebih banyak dengan cara mudah. Oleh karena itu banyak orang yang bermimpi menjadi selebriti. Namun sekarang ini banyak fenomena artis jadi Youtubers karena bisa menambah penghasilan.

Artis Menjadi Youtuber

Artis memang dikenal mendapatkan uang dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. Penghasilan artis untuk sekali manggung dalam waktu 2 jam bisa mencapai 20 juta, namun ada cara lain untuk bisa mendapatkan penghasilan sekian. Yaitu dengan cara menjadi influencer terutama dari portal Youtube.

Saat ini banyak sekali artis menjadi Youtubers, baik yang berasal dari negara Indonesia atau luar negeri sekalipun. Bahkan tren seperti ini dimulai dari luar negeri, dan hampir sebagianartis mempunyai akun Youtube sendiri. Konten yang mereka buat hampir sama dengan kebanyakan youtuber lain, antara lain vlog sehari-hari, podcast, beauty vlog dan masih banyak lagi.

Banyak artis beralih ke Youtube, dengan atau tanpa pertimbangan agensi yang menaunginya menjadi seorang publik figur. Mereka berubah menjadi seorang content creator, dan secara bebas menuangkan berbagai ide mereka pada akun Youtube pribadi. Jika sebelumnya saat menjadi artis membutuhkan kru yang banyak, namun menjadi youtuber hanya membutuhkan beberapa orang tim saja.

Dialog yang disiapkan untuk menjadi artis Youtube juga tidak sedetail jika artis tersebut tampil secara langsung atau rekaman di stasiun televisi. Pekerjaan sebagai Youtuber membutuhkan talking skill yang santai namun pesan tersampaikan dengan tepat. Tak hanya itu, kreativitas dari artis tersebut benar-benar diuji agar bisa menghasilkan konten yang berbeda dari orang lain.

Cara Artis Menghasilkan Uang Dari Youtube

Banyak artis yang memanfaatkan popularitasnya untuk menjadi Youtuber, dengan cara meng-upload video di Youtube dan menyebarkan melalui sosial media. Metode promosi ini akan mendatangkan ribuan bahkan hingga jutaan orang menonton, dan bahkan mengklik subscribe. Jumlah subscriber yang banyak ini nantinya akan menghasilkan pundi-pundi uang.

Selanjutnya Youtuber hanya perlu rajin upload konten di Youtube secara konsisten, entah dari ketepatan waktu atau konsistensi isi video. Nantinya video yang di upload di YouTube akan terus menghasilkan pendapatan. Selama viewers semakin bertambah dan disematkan iklan adsense, pendapatan Youtubers akan terus bertambah.

Sederet Artis Yang Beralih Jadi Youtuber

Sebelum pekerjaan sebagai Youtubers booming seperti sekarang, Raditya Dika pernah menjadi Youtubers dengan subscriber terbanyak. Perkembangan youtube di Indonesia memang sangat signifikan, karena banyak artis jadi youtubers yang menjadi salah satu penyebabnya.

Setelah itu banyak artis lain yang menyusul sebagai Youtubers anyaran dengan subscriber yang tidak tanggung-tanggung jumlahnya. Seperti yang kita ketahui antara lain ada Atta Halilintar, Ria Ricis, Raffi Ahmad dan Nagita, Deddy Corbuzier, hingga komedian Sule dan Andre. Mereka seakan berlomba-lomba setiap hari membuat konten agar terus mendapatkan viewers organic.

Fenomena Artis Jadi Youtubers

Artis dan Youtuber memang sangat berbeda, menjadi artis perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk pekerjaan. Misalnya saat syuting sinetron berangkat pukul 4 pagi dan pulang saat malam hari, ditambah dengan jadwal wawancara yang tak bisa dihindari. Pasti waktu akan terkuras lebih banyak.

Berbeda dengan Youtuber yang punya lebih banyak waktu luang untuk istirahat dan memanjakan diri. Bahkan waktu liburan pun bisa jadi konten, dan tentunya akan menghasilkan uang bagi mereka. Namun begitu, Youtubers harus eksis di dunia maya, dengan begitu popularitas akan meningkat serta jumlah subscriber semakin bertambah.

Harus Berani Stand Out

Ide kreatif seorang Youtuber menjadi penentu kesuksesan mereka di bidang ini. Semakin kreatif dan berani tampil beda dengan yang lain menjadi faktor yang penting. Nilai jual yang diberikan pun akan semakin tinggi di dunia hiburan.

Bagi seorang Youtuber, jika mempunyai ciri khas sendiri itu artinya akan mendapat perhatian lebih. Buktinya, banyak yang berani standout dengan keunikan masing-masing walau banyak yang mencerca. Sebut saja Atta Halilintar dengan semboyan khasnya “Ashiap” yang tentunya sangat melekat di pikiran masyarakat.

Namun begitu tak hanya artis yang beralih jadi Youtubers, masih banyak Youtuber lokal dengan konten kreatif dan menarik. Seperti Tasya Farasya dan Suhay Salim yang menjadi beauty vlogger serta beauty influencer dengan pengikut terbanyak.

Melihat perkembangan Youtube saat ini masih banyak Youtuber lokal dengan jumlah subscriber banyak, dan banyak yang menjadi artis karena bermula dari Youtube.

Dan kini, kita tahu bahwa menjadi seorang Youtuber merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Fenomena artis jadi Youtubers pun terasa semakin biasa di sekitar kehidupan kita.

Sumber :

https://wartakota.tribunnews.com/2020/06/24/ini-penjelasan-ahli-dari-ui-soal-fenomena-artis-ikut-ikutan-jadi-youtuber

https://www.infia.co/news/terkuak-ternyata-ini-penyebab-banyak-artis-jadi-y_DwfnSrKa

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/23/193200765/menilik-peran-artis-yang-kini-beralih-menjadi-youtuber-ada-apa-?page=all

https://wolipop.detik.com/worklife/d-4527076/ini-alasan-banyak-selebriti-alih-profesi-jadi-youtuber

You may also like

Leave a Comment