Nutrisi yang Dibutuhkan dalam Makanan Agar Luka Cepat Sembuh

by joe han
0 comment

Menu makanan yang sehat tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Namun selain itu, makanan sehat juga berpengaruh dalam seberapa cepat penyembuhan luka, seberapa kuat jaringan tubuh terbentuk, dan seberapa baik tubuh melawan infeksi.

Selain makanan, hidrasi juga penting untuk proses penyembuhan luka, maka dari itu minumlah banyak cairan selama proses penyembuhan untuk membantu memperlancar sirkulasi dan detoksifikasi.

Ketika tubuh berusaha menyembuhkan diri dari luka, tubuh akan memproduksi hormon stres dan mengalihkan sumber daya tambahan (karbohidrat, lemak, protein, antioksidan, dan banyak lagi) untuk membentuk jaringan baru.

Itu disebut sebagai fase katabolik. Selama periode ini, tubuh akan membutuhkan nutrisi yang lebih besar untuk menyembuhkan luka dengan baik.

Nah, berikut ini ialah nutrisi-nutrisi yang paling penting untuk membantu proses penyembuhkan luka.

Protein

Selama penyembuhan luka, tubuh membutuhkan setidaknya dua hingga tiga porsi protein sehari.

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup protein, alih-alih menyembuhkan luka, sebagian protein malah akan digunakan untuk memberi energi pada tubuh. Cobalah kacang-kacangan, telur, dan sumber protein lainnya.

Lemak

Lemak sangat penting untuk penyembuhan luka karena membran sel dibuat dengan menggunakan asam lemak.

Satu cangkir susu atau yogurt atau satu ons keju adalah jumlah sumber lemak yang baik setiap harinya selama proses penyembuhan.

Karbohidrat

Mengonsumsi banyak karbohidrat sangat penting untuk mencegah tubuh menggunakan protein dan nutrisi lainnya sebagai energi.

Sereal, roti, nasi, dan pasta adalah sumber energi yang baik, dan harus dimakan setiap harinya.

Vitamin C adalah antioksidan penting untuk penyembuhan luka. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen pada kulit.

Selain itu, vitamin C penting dalam pembentukan pembuluh darah baru, dan membantu penyerapan zat besi.

Sumber vitamin C dapat ditemukan pada buah jeruk, stroberi, nanas, kiwi, dan mangga. Sayur-sayuran hijau seperti kangkung dan brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

Vitamin A

Vitamin A adalah antioksidan penting lainnya. Tubuh membutuhkan tambahan vitamin A untuk membantu penyembuhan luka.

Vitamin A dapat membantu melawan infeksi, dan membantu mengendalikan respons peradangan.

Sumber vitamin A terdapat di buah dan sayuran merah, telur, ikan, dan sayuran hijau gelap.

Seng

Seng membantu tubuh menyintesis protein dan menghasilkan kolagen sehingga merupakan mineral yang penting untuk penyembuhan luka. Daging sapi, ati, dan kepiting adalah contoh makanan yang mengandung seng.(*)

Penulis : Deva Norita Putri
Editor : Gazali Solahuddin

You may also like

Leave a Comment