Otak Manusia Bisa Upgrade dan Refresh Memori Seperti Gadget, Ini Caranya

by joe han
0 comment

Selama ini, kamu pasti sering meng-upgrade kapasitas dan me-refresh laptop, smartphone atau gadget pintar lainnya. Hal itu kamu lakukan supaya memori perangkat tidak overload dan bisa selalu lancar ketika digunakan.

Ternyata, manusia juga perlu di-upgrade dan refresh memori otak seperti halnya gadget. Memang konsepnya tidak sama seperti yang dilakukan pada laptop atau smartphone, tapi refresh dan upgrade otak sendiri bisa dilakukan dengan 10 latihan ini.Pakar memori otak dan penulis buku Limitless, Jim Kwik mengatakan, bahwa manusia bisa meng-upgrade dan refresh otak mereka dengan cara mudah. Manusia akan merasakan hasilnya dalam 10 hari. Berikut caranya berdasarkan penjelasan Kwik, seperti dikutip Mirror.

Belajar lebih cepat

Belajar hal baru adalah cara yang paling efektif untuk membangun fungsi otak supaya jadi lebih besar. Cara meningkatkannya ialah dengan melakukan FASTER (Forget, Active, State, Teach, Enter, Review) dalam proses belajar.Forget atau lupakan hal-hal yang mengganggu proses belajarmu. Active atau aktif dalam mencari media untuk memudahkanmu belajar, termasuk mencari teman dan ulas hal-hal yang telah kamu pelajari sebelumnya. State atau kesadaranmu harus benar-benar dipengaruhi dengan pikiran dan tubuh supaya kamu sadar apa yang sedang dipelajari.

Kemudian Teach atau mengajarkan hal-hal yang telah kamu pelajari ke orang lain. Hal ini dapat memperdalam pengetahuanmu terhadap subjek yang kamu pelajari. Enter atau catat jadwal latihan otak setiap harinya, meski hanya 10 menit. Review atau ulas kembali informasi yang kamu dapatkan setelah sesi belajar.

Hapus hal-hal yang mengganggu pikiran

Identifikasi suara-suara di kepalamu yang fokus mengatakan kamu tidak bisa melakukannya. Jika kamu sudah berhasil menemukan suara itu, katakan padanya bahwa kamu akan menyelesaikan pembelajaran hari ini.

Pertanyakan pertanyaanmu

Refleksikan pertanyaan-pertanyaanmu yang paling besar dalam pikiranmu. Hal-hal yang membuatmu ragu untuk tetap maju setiap harinya. Cari pertanyaan yang paling mengganggu itu.Jangan isi kepalamu dengan pertanyaan “kenapa saya tidak pernah bisa melakukan ini?” Namun ganti pertanyaan itu dengan pertanyaan yang lebih positif dan menguatkanmu, seperti “bagaimana cara saya menggunakan informasi ini?” Atau “bagaimana untuk membuat ini jadi lebih baik?”

Tentukan mimpimu

Berhenti sejenak dan manfaatkan waktu itu untuk menuliskan hal-hal yang merugikan dirimu jika kamu melatih otakmu. Misalnya “aku akan terus menerus meragukan diriku.” Kemudian tulis manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu melatih otakmu.

Latihan otak antara lain dapat membantumu meningkatkan kepercayaan diri untuk mendapatkan pekerjaan. Baca berulang kali tulisan itu, rasakan dan percaya kalau suatu hari hal itu akan terwujud.

Pertimbangkan tujuan

Apa tujuanmu? Apa yang ingin kamu bagikan kepada dunia? Itu adalah tujuan yang akan memotivasi dirimu. Akan ada banyak orang yang percaya pada dirimu, seperti keluarga, teman atau rekan-rekan kerja.Pikirkan bahwa melatih otakmu akan meningkatkan kualitas hidup mereka juga. Tadaa.. kamu sudah mendapatkan setidaknya satu tujuan untuk melatih otakmu.

Mulai kebiasaan sehat

Menciptakan kebiasaan sehat akan mempermudahmu menuju kesuksesan. Bisa dengan olahraga setiap hari atau berhenti mengemil.Mulailah melangkah dengan satu langkah kecil. Jika kamu konsisten dalam melakukannya, tentu kamu sudah mengarah ke kehidupan yang lebih baik.

Beri makan otakmu

Jangan cuma beri makan otak dengan overthinking, tapi juga makanan yang sehat dengan makan makanan diet sehat. Identifikasi apakah makanan yang kamu konsumsi setiap hari membuatmu bersemangat atau justru membuatmu mudah lelah.

Beberapa makanan yang bisa membuat otak jadi lebih berenergi antara lain alpukat, blueberry, brokoli, cokelat hitam, telur, sayur hijau, salmon dan kacang-kacangan.

Belajar cara mendengarkan

Untuk melakukan tahap ini, gunakan HEAR (Halt, Emphaty, Anticipate, Review) yang artinya diam, berempati, antisipasi dan ulas kembali. Diam atau buang semua distraksi seperti musik atau notifikasi HP ketika ada seseorang yang bicara. Gunakan empati untuk mendengarkan dengan membayangkan kamu berada di posisi itu.Antisipasi dengan apa yang akan mereka katakan sehingga mengharuskanmu untuk benar-benar terlibat mendengarkan. Ulas kembali dan refleksikan pada dirimu apa yang mereka katakan.

MOM (Motivasi, Oberservasi dan Metode)

MOM akan meningkatkan kemampuan otakmu. Jika kamu pertama kali bertemu seseorang, cari motivasi untuk mengingat nama dan observasi hal-hal yang membuatmu bisa mengingat mereka. Memiliki memori yang baik itu perkara perhatian, bukan cuma soal mengingat.

Praktikkan hal itu ketika berkenalan dengan seseorang. Ingat namanya dan asosiasikan dirinya dengan suatu hal. Lakukan hal itu dan lihat berapa banyak nama yang bisa kamu ingat.

Membaca

Membaca adalah latihan yang bagus untuk otak manusia. Kamu dapat mengunduh pengalaman puluhan tahun hanya dengan membaca satu buku.Jadi, tetapkan target untuk membaca dalam satu hari, meskipun hanya selama 10 menit. Kuncinya adalah konsistensi. Pilih buku yang ingin dibaca, pasang timer selama 10 menit, dan singkirkan semua gangguan. Jadwalkan waktu setiap hari dan masukkan di kalender sebagai janji dengan diri sendiri.

You may also like

Leave a Comment