Pentingnya Pemilihan Suplemen Diet

by Echa
0 comment

Obesitas tidak hanya membuat kita mudah lelah, tetapi juga dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti jantung, diabetes, kolesterol, darah tinggi, dan lainnya. Karena itu memeriksa berat badan dengan timbangan yang akurat secara rutin untuk menjaganya. Jangan malas olahraga jika kamu tahu ternyata berat badan belum ideal, dan apabila dirasa perlu bantu dengan suplemen diet agar program penurunan berat badan lebih optimal.  Dalam penggunaan suplemen diet, perlu diingat jika metabolisme tubuh kita sudah berada dijalur yang benar, tubuh kita tidak kekurangan zat gizi dan berat badan kita masuk dalam kategori berat badan yang ideal, maka kita tidak perlu konsumsi suplemen diet.

Pemilihan suplemen diet sebaiknya memilih suplemen diet alami yang berbahan dasar sayuran, daun, atau akar tanaman yang diambil sarinya dan bisa dibuat ke bentuk lain (seperti serbuk, tablet, dan kapsul). Suplemen diet alami ini biasanya bekerja menurunkan berat badan dengan cara melancarkan pencernaan, menghancurkan lemak membandel, dan mengurangi nafsu makan. Selain dari bahan alami, ada juga produk pelangsing dari kimia. Suplemen diet yang dijual memiliki kandungan bahan dan efek yang berbeda.

Konsumsi Suplemen diet dengan berbagai macam kandungan kimia di dalamnya, bisa saja memberikan risiko-risiko dan efek samping yang kurang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan program diet kamu berjalan aman dengan melakukan hal-hal berikut ini. 

  • Memeriksa label kemasan. 

Setiap suplemen diet yang dijual bebas, maupun yang tidak, belum tentu bebas dari risiko dan komplikasi. Pastikan untuk selalu membaca aturan pakai, efek samping, hingga aturan larangan konsumsi untuk beberapa golongan. Terutama jika kamu mengidap suatu penyakit tertentu.

  • Memeriksa daftar BPPOM.

Belum tentu semua suplemen terdaftar dalam BPOM. Jangan sampai demi mendapatkan tubuh langsing, konsumsi suplemen diet yang tidak aman.

  • Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Medis.

Sebelum konsumsi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Dengan begitu, kita bisa mengetahui suplemen mana yang tepat atau kandungan suplemen yang sebaiknya dihindari. 

Selain penggunaan suplemen diet, olahraga juga diperlukan untuk memperoleh berat badan ideal. Pola makan yang dijaga, seperti menghitung kalori yang masuk ke tubuh atau melakukan berbagai jenis diet bisa membantu proses penurunan berat badan. Jika sudah menjaga pola makan dan menemukan program yang tepat dan cocok, tambahkan dengan olahraga secara teratur selama 15 – 30 menit tiap hari. Saat melakukan program diet yang spesifik, sering kali ada nutrisi yang terlewatkan, padahal masih dibutuhkan oleh tubuh. Agar tubuh tidak kekurangan zat gizi tertentu, sebaiknya konsumsi suplemen tambahan yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan efek samping.

Referensi

Denny, Santoso. 2012. Rahasia Diet : The Concept, The Diet, The Workout.

Halodoc. 2020. Diet dan Pelangsing.  https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/kategori/diet

You may also like

Leave a Comment