Perilaku Giant Panda yang Mirip Manusia, Apa Itu?

by joe han
0 comment

Jakarta – Giant panda ternyata punya perilaku yang mirip dengan manusia pada saat makan dan tidur. Sebagai satwa endemik China, giant panda punya banyak keistimewaan. Mulai dari penampilan fisiknya yang gembul dan menggemaskan, sampai tingkah lakunya yang unik. Bahkan, ada lho perilaku giant panda yang mirip dengan manusia.

Pertama adalah mengenai posisinya saat makan. “Ketika dia makan posisinya sama seperti manusia, duduk tegak,” kata perawat panda di Taman Safari Indonesia, Falahuddin kepada detikcom.

Namun, selain posisi duduk, panda juga ternyata dapat makan sambil tidur. Makan juga selain duduk, ia sambil tiduran. Saking magernya itu,”Falahuddin mengungkapkan.

Untuk jadwal makannya sendiri, giant panda ini diberi makan setiap pagi, siang, sore, dan malam. Panda juga akan langsung senang bila diberi makanan.

“(Giant panda) senang diberi makanan enak, yang favorit. Yang pertama, favorit mereka itu cake panda, dibandingkan bambu,”ia mengungkapkan.

“Cake panda itu makanan tambahan untuk panda yang resepnya itu dari Tiongkok. Bahan-bahannya itu terbuat dari tepung beras, tepung jagung, tepung kedelai, telur, gula, garam, kalsium dan air yang sudah dimasak dengan cara dikukus kurang lebih selama 4 jam,” Falahuddin menjelaskan.

Selain perkara makan, posisi tidur giant panda juga ternyata mirip manusia. “Ketika dia tidur, dia posisinya berbeda-beda, ada yang menyamping, ada yang terlentang, ada yang tengkurap,” ujarnya.

Ngomong-ngomong tentang tidur, giant panda ini merupakan satwa yang hobinya tidur. Dalam sehari, ia dapat tidur sampai 16 jam.

“Giant panda membutuhkan waktu istirahat atau tidur 13-16 jam. Selebihnya dipakai untuk bermain, makan, dan buang kotoran. Tidurnya tidak langsung 13 jam, tidur terus nanti bangun,” katanya.

Lucunya, giant panda ini juga bisa ketiduran ketika sedang beraktivitas. “Sambil main sampai kecapekan, ia langsung tidur,” katanya.

Sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-5162246/perilaku-giant-panda-yang-mirip-manusia-apa-itu

You may also like

Leave a Comment