Perkembangan Alat Musik Gitar dari Masa ke Masa

by joe han
0 comment

Perkembangan alat musik gitar perlu untuk diketahui, terutama bagi Anda yang sangat menyukai gitar. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Musik selalu menjadi favorit bagi setiap kalangan. karena dianggap bisa memberikan ketenangan tersendiri bagi setiap orang. Salah satu alat musik yang paling terkenal adalah gitar, yang bentuknya bermacam-macam. Lalu bagaimanakah perkembangan alat musik gitar dari waktu ke waktu? 

Jenis-Jenis Gitar yang Perlu Anda Tahu

Biasanya alat musik yang paling banyak digemari oleh setiap orang adalah gitar. Karena gitar termasuk alat musik yang cenderung mudah untuk dimainkan, serta sangat mudah untuk dipelajari.

Cara memainkannya adalah dengan mengkombinasikan petikan antara chord kunci dengan petikan pada senar nada pada bagian tengahnya.

Pada umumnya gitar memiliki dua jenis yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Jenis gitar akustik adalah gitar yang memiliki bagian badannya yang berlubang (hollow body). Sedangkan gitar akustik cenderung mengeluarkan suara cukup keras tanpa penguat elektrik.

Terdapat subkategori gitar akustik antara lain gitar senar-nilon, gitar senar baja, dan gitar archtop. Kategori gitar akustik ini sesuai dengan pengelompokan tingkatan jangkauan nada yang berbeda. Sedangkan gitar elektrik merupakan gitar yang penguatan nada nya bergantung pada penguat elektrik.

Komponen utamanya adalah pickup elektromagnetik, yang dapat mengubah getaran senar untuk diteruskan pada pengeras suara. Suara yang dihasilkan cenderung dimanipulasi sehingga menghasilkan suara yang cukup keras. Tanpa bantuan penguat elektrik, suara yang dihasilkan akan terdengar lemah.

Perkembangan Alat Music Gitar Dari Waktu Ke Waktu

Alat musik gitar sudah mengalami perkembangan sejak zaman dahulu. Seiring dengan perkembangannya, gitar menjadi instrumen wajib dalam setiap genre musik.

Mungkin seharusnya kita berterima kasih pada penemu gitar, karena berkat beliau kita bisa menikmati genjrengan irama musik yang indah dari sebuah gitar.

Awalnya pada tahun 1500 SM gitar disebut dengan citar / sehtar di wilayah Persia, yang kemudian dikenal sebagai Tambur. Pada tahun 300 SM Tambur dikembangkan lagi oleh bangsa Yunani dan Romawi. Gitar pun berubah menjadi guitarra morisca dan guitarra latina ketika dibawa ke daratan Spanyol dari Romawi.

Setelah itu bangsa Arab membawa gitar gambus “alud” ke Spanyol pada abad 176 SM, yang selanjutnya menjadi dasar terbentuknya vihuela (dari Spanyol). Vihuela menjadi populer pada abad 16 di Spanyol dan Italia, lalu pada abad 17 berkembang menjadi gitar klasik 5 course.

Inovasi gitar 6 dawai menjadi alat musik awal abad 19, dan gitar pun menjadi alat musik yang lebih modern hingga saat ini.

Perkembangan Gitar Modern Dalam Sejarah

Pada awal abad 19, gitar memiliki bentuk yang cukup mendekati bentuk gitar modern yang ada seperti sekarang. Yaitu bentuk gitar dengan 6 buah senar, namun pada saat itu gitar masih berukuran agak kecil.

Pada pertengahan abad 18 memang seorang musisi dari Spanyol, Antonio de Torres Jurado mulai membuat style yang banyak dijadikan inspirasi gitar sekarang.

Walaupun pada saat itu beliau tidak mengesahkan penemuannya seperti hak paten, namun berkat hal itu dunia musik semakin berkembang. Antonio pun akhirnya dianggap sebagai sosok penting yang wajib disebut ketika membahas tentang sejarah alat musik gitar.

Berbagai sejarah tentang gitar di dunia musik pun selalu membahas beliau karena jasanya tersebut.

Modernisasi Gitar Akustik dan Gitar Elektrik

Diakui atau tidak, gitar jaman dahulu adalah jenis gitar yang mempengaruhi bentuk dari gitar akustik modern yang ada hingga saat ini. Gitar modern akustik pertama kali diciptakan oleh penemu gitar pertama di US tahun 1830, yaitu Christian Frederick Martin.

Beliau menciptakan gitar dengan bentuk body huruf X sehingga lebih mudah dipegang dan dimainkan dan memiliki senar yang lebih kuat.

Dan mendekati abad 20, gitar mengalami perkembangan yang ditunjukkan dengan adanya penemuan gitar elektrik yang memiliki body lebih ramping.

Gitar jenis ini juga lebih cocok digunakan untuk memainkan nada dari musik dengan genre modern. Dan bahkan efek suara dari jenis gitar elektrik lebih jelas dari gitar biasa yang memiliki gema.

Itulah beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang gitar. Dengan mengetahui perkembangan alat musik gitar dari waktu ke waktu, kita bisa merasa lebih dekat dengannya. Karena gitar adalah alat musik yang sangat istimewa dan disukai oleh banyak orang.

Sumber :

https://siddix.blogspot.com/2018/07/12-fakta-menarik-tentang-gitar.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Gitar#Sejarah

http://theophanyelizabeth.blogspot.com/2015/12/v-behaviorurldefaultvmlo_27.html

https://hot.detik.com/music/d-4772683/kenali-kunci-dasar-dan-tips-mudah-memainkan-gitar

You may also like

Leave a Comment