Perkembangan Anak 1 Tahun yang Wajib Diperhatikan

by joe han
0 comment

Perkembangan anak 1 tahun tak selalu ditandai dengan kemampuan berjalan dan berbicara. Ada aspek lain yang harus orang tua ketahui untuk mendukung agar tumbuh kembang anak lebih baik.

Selain mulai belajar berjalan, perkembangan anak 1 tahun ditandai dengan banyaknya hal baru yang ia temui. Untuk itu, ibu harus mulai siap mengajarkan anak untuk beradaptasi dengan orang maupun lingkungan yang baru.

Perkembangan anak usia 1 tahun

Berikut ini beberapa hal yang menyangkut perkembangan anak usia 1 tahun yang dimulai dari perkembangan fisik.

Perkembangan fisik

Pada usia ini mungkin si kecil sudah mulai bisa berdiri dan berjalan meskipun belum terlalu sempurna. Ia juga memiliki kekuatan dan keseimbangan untuk menjulurkan tangannya dan dapat berjalan menuruni tangga.

Si kecil juga mulai bisa menangkap bola, menarik mainannya, dan mulai aktif menggunakan jari-jarinya untuk mengambil sesuatu. Ia juga sudah mulai terlatih makan dengan kedua tangannya serta menggosok gigi.

Berat badan bayi 1 tahun biasanya berkisar antara 7-10 kg dengan tinggi badan mencapai 70- 77 cm. Anda tak perlu khawatir jika berat badan si kecil tidak mencapai angka tersebut. Karena angka tersebut bukanlah angka mutllak untuk menentukan berat ideal si kecil.

Perkembangan kognitif

Bayi usia satu tahun biasanya telah mempunyai kemampuan untuk berpikir, belajar dan mengingat sesuatu. Ia juga mulai dapat meniru sesuatu, bermain dan memahami simbol tertentu yang diberikan orang tuanya.

Pada fase ini Anda dituntut untuk lebih aktif mengajaknya bermain dan bercengkrama. Anda juga dapat melatihnya mengenal gambar dan bermain role play. Cara merawat bayi 1 tahun dengan metode semacam ini dapat perkembangan kognitif bayi lebih baik.

Perkembangan secara bahasa.

Menginjak usia diatas 12 bulan, umumnya bayi telah mengalami banyak perkembangan dari segi bahasa. Kosa kata bayi 1 tahun biasanya lebih banyak dan meningkat hingga sepuluh kali dari sebelumnya.

Pada fase ini, Anda harus lebih aktif mengajak si kecil berbicara hal baru yang belum ia mengerti dan pernah diucapkan. Meski masih tanpa respon, sejatinya anak sedang meresap semua perkataan orang tuanya. 

Perkembangan secara emosi.

Di usia satu tahun, bayi biasanya akan lebih memiliki kedekatan emosi dengan kedua orang tuanya. Ia menjadi sulit berpisah dengan ayah maupun ibunya walaupun hanya sebentar. Namun tak jarang ia justru mengalami kondisi sebaliknya.

Ia juga mulai mengenal beberapa konflik seperti marah, bingung dan tantrum. Untuk itu, Anda harus dapat memahami sikap yang ia tunjukkan. Beri ia kesempatan untuk melampiaskan emosinya sebelum anda memberikan pengertian mengenai apa yang baru saja ia lakukan.

Psikologi anak usia 1 tahun

Seiring dengan bertambahnya usia, si kecil mulai banyak bertemu dengan orang baru maupun orang asing. Kondisi ini kadang membuat moodnya menjadi tidak baik sehingga merasa terancam dan panic.

Meski tidak semua anak mengalami demikian, tapi psikologi anak usia 1 tahun memang mulai sensitive. Ini disebabkan karena ia memiliki berbagai macam imajinasi dari benda atau hal-hal yang sebelumnya tidak menakutkan baginya.

Jika si kecil mengalami demikian, agaknya Anda tak perlu memaksakan agar anak merasa aman dan nyaman. Hal ini justru akan semakin membuatnya panic sehingga ia akan semakin rewel atau tantrum.

Anak biasanya hanya akan meniru pada perilaku atau sikap dari kedua orang tuanya. Jika sang anak terbiasa melihat orang tuanya akrab dengan orang lain, maka anak juga akan mudah akrab dengan orang tersebut.

Sering-seringlah mengajak si kecil jalan-jalan keluar dan bertemu orang baru. Cara ini dapat membantu anak lebih mudah beradaptasi. Anda dapat menjadikan taman, kebun binatang, mall atau café untuk dia dapat belajar hal baru dari interaksi Anda dengan orang lain.

Ciri-ciri anak cerdas di usia 12 bulan

Selain mengetahui masalah perkembangan anak 1 tahun, Anda juga harus mengetahui tentang ciri-ciri anak cerdas usia 1 tahun. Ini dapat berguna untuk mengetahui sejauh mana tingkat kecerdasan si kecil.

Anak cerdas di usia 12 bulan ditandai dengan ketrampilan yang baik dalam berbahasa dan komunikasi. Ia juga cenderung mudah dalam memahami instruksi dan mudah dalam belaajar beragam jenis bahasa.

Selain itu, bayi cerdas juga lebih waspada dan cenderung fokus terhadap apa yang ada di sekitarnya. Ia juga lebih peka secara emosional serta mencapai lebih banyak perkembangan disbanding bayi seusianya.

Ciri bayi usia 12 bulan yang cerdas juga ditandai dengan daya ingat kuat dan imanjinasi yang tinggi. Meskipun ia keras kepala, namun saat besar nanti ia memiliki sebuah prinsip yang ia pegang teguh dalam hidupnya.

Jadi itulah beberapa perkembangan anak 1 tahun meliputi fisik, perkembangan motorik, emosi, kognitif dan bahasa. Semoga dapat memberikan ilmu baru untuk Anda dalam memantau tumbuh kembang si kecil. 

You may also like

Leave a Comment