Prebiotik Adalah Si Salah Satu Penjaga Kesehatan Pencernaan

by joe han
0 comment

Masyarakat umumnya lebih mengenal probiotik yang berada dalam yogurt dan makanan serta minuman fermentasi dibanding prebiotik. Padahal probiotik dan prebiotik adalah dua hal yang penting untuk pencernaan.

Probiotik dan prebiotik adalah satu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lainnya. Meskipun terdengar serupa, tetapi perbedaan probiotik dan prebiotik tidak sebatas dari perbedaan satu huruf saja.

Peranan prebiotik berbeda dengan probiotik karena pada dasarnya prebiotik adalah pendukung probiotik agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Prebiotik adalah…

Sebelum mengetahui perbedaan probiotik dan prebiotik, Anda perlu memahami apa itu prebiotik. Prebiotik adalah serat dari tumbuhan yang berperan sebagai makanan untuk membantu perkembangan organisme baik dalam pencernaan atau probiotik.

Bila probiotik diibaratkan sebagai bibit tanaman, maka prebiotik merupakan tanah yang gembur agar bibit dapat tumbuh subur.

Prebiotik adalah salah satu serat dalam sayuran dan buah yang mengandung karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, prebiotik akan langsung melewati pencernaan dan menjadi makanan bagi probiotik.

Prebiotik tidak dapat dicerna oleh usus kecil karena tubuh manusia tidak memiliki enzim pencernaan untuk mencerna dan menyerap prebiotik ke dalam pembuluh darah, serta terfermentasi dalam usus dan menjadi makanan probiotik.

Prebiotik biasanya lebih condong meningkatkan bakteri probiotik bidifobacteria, tetapi prebiotik tetap dapat menjadi makanan bagi bakteri-bakteri baik lain dalam pencernaan.

Sumber prebiotik untuk tubuh

Probiotik dan prebiotik tidak hanya bisa ditemukan di makanan, tetapi juga bisa dibeli dalam bentuk suplemen yang lebih praktis. Beberapa sumber makanan prebiotik yang dapat dikonsumsi adalah bawang bombay, bawang putih, asparagus, apel, dan sebagainya.

Perbedaan probiotik dan prebiotik

Perbedaan probiotik dan prebiotik adalah dari segi manfaatnya. Probiotik adalah mikroorganisme, seperti bakteri atau jamur yang dapat membantu kesehatan pencernaan. Sementara prebiotik adalah makanan bagi pertumbuhan probiotik.

Probiotik memang penting untuk kesehatan pencernaan karena dapat menjaga keseimbangan ekosistem dalam pencernaan dengan meningkatkan sistem imun tubuh, memproduksi vitamin dan senyawa lain yang baik bagi tubuh, serta melindungi pencernaan dari penyakit.

Namun, prebiotik adalah hal penting lain yang perlu dikonsumsi selain probiotik. Sekilas, peran prebiotik terlihat kecil tapi bila Anda memberikan makanan yang salah, maka Anda bisa jadi malam mendukung pertumbuhan mikroorganisme lain yang malah merugikan tubuh.

Makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap perkembangan mikroorganisme dalam tubuh, misalnya saja mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak malah membantu meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh.

Pertumbuhan mikroorganisme yang buruk akan memperkecil jumlah probiotik dalam tubuh. Mikroorganisme yang merugikan tubuh ini juga dapat menghambat penurunan berat badan karena dapat membuat tubuh menyerap lebih banyak kalori.

Oleh karenanya, probiotik dan prebiotik adalah dua hal yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan organ pencernaan Anda.

You may also like

Leave a Comment