Proses Produksi Kerajinan Bahan Serat

by Wijanto T
0 comment

KOMPAS.com – Hasil produksi kerajinan berbahan serat bisa berbagai macam bentuk. Oleh karena itu, sesuai kebutuhannya, pembuatan kerajinan berbahan serat membutuhkan teknik dasar.

Teknik dasar kerajinan tekstil adalah segala cara yang digunakan untuk membentuk atau mengolah bahan tekstil.

Teknik yang digunakan sangat beragam. Penggunaan teknik dasar disesuaikan dengan kerajinan yang akan dibuat, maka penggunaan teknik dasar menjadi tepat sasaran.

Bahan serat yang akan digunakan untuk tekstil perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Berikut beberapa proses produksi kerajinan bahan serat:

 

Menenun

Teknik menenun dapat digunakan untuk pembuatan produk kerajinan tapestri.

Menenun menggunakan alat spanram (kayu bentangan) atau bingkai yang direntangkan benang-benang lungsi sebagai jalur jalannya benang tenunan atau pakan.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud), tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan azaz (prinsip) yang sederhana yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

Dengan kata lain bersilangnya antara benang lungsi dan benang pakan secara bergantian.

Menjahit

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjahit memiliki arti melekatkan (menyambung dan sebagainya) dengan jarum dan benang.

Menjahit berarti menyambung kain dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang.

Menjahit dapat dilakukan dengan tangan (manual) atau mesin jahit. Dalam pembuatan kain ikat celup diperlukan teknik menjahit untuk merintang warna.

Mengikat

Mengikat adalah teknik menyatukan dua benang/lebih membentuk ikatan yang diinginkan.

Mengikat bisa juga diartikan sebagai menyatukan helaian kain yang satu dengan lainnya dengan menggunakan alat pengikat untuk membentuk pola tertentu.

Ikatan ini bisa berupa simpul maupun pola warna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com¬†dengan judul “Proses Produksi Kerajinan Bahan Serat “, Klik untuk baca:¬†https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/15/200000169/proses-produksi-kerajinan-bahan-serat-?page=all#page3.
Penulis : Fidelis Dhayu Nareswari
Editor : Ari Welianto

You may also like

Leave a Comment