Pyllium husk atau plantago ovata adalah kulit ari (sekam pysllium) dari tanaman yang berasal dari dataran India.

by joe han
0 comment

Psyllium husk sudah sejak lama dikenal sebagai suplemen serat makanan alami yang mengandung 67% serat larut dan 33% serat tidak larut yang bersifat laksatif atau pencahar alami untuk mengatasi masalah sembelit.

Psyllium husk efektif menyerap kotoran dan lemak pada saluran pencernaan sehingga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah/low-density lipoprotein atau yang dikenal dengan kolesterol jahat.

Dalam berbagai penelitian, psyllium husk terbukti dapat diandalkan untuk mengatur pelepasan insulin dalam aliran darah, mengurangi peluang lonjakan insulin sehingga menstabilkan gula darah dan meminimalisir risiko penyakit diabetes.

Bagi penderita diare, psyllium husk sangat efektif mengikat racun, memilah tinja, menormalkan pergerakan usus dan mengatasi masalah sembelit.

Psyllium husk merupakan bahan dasar utama semua produk minuman serat yang beredar di pasaran dunia saat ini karena kemampuannya merangsang pergerakan usus menjadi lancar, meminimalisir pembengkakan, meminimalisir asam lambung berlebih dan risiko wasir.

Inilah daftar manfaat psyllium husk selengkapnya :

  1. Membersihkan dan mengatasi masalah pada pencernaan – Psyllium husk mengembang dan menyerap air di usus, memilah tinja, merangsang pergerakan peristaltik sehingga saluran usus dapat bergerak lancar. Kondisi ini mengurangi risiko terjadinya pembengkakan, meminimalisir risiko wasir serta tukak gastrik hingga kanker usus.
  2. Menurunkan risiko diabetes – Psyllium husk mengatur pelepasan insulin ke dalam aliran darah, mengurangi peluang lonjakan mau pun penurunan gula darah. Bagi penderita diabetes, konsumsi pysllium husk akan sangat membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat.
  3. Mengurangi tekanan darah – Psyllium husk mengandung senyawa yang sudah terbukti dapat mengurangi tekanan darah, meredakan kemelut pada pembuluh darah serta arteri jantung.
  4. Membantu mempercepat penurunan berat badan – Karena kemampuannya mengikat air, konsumsi psyllium husk yang kaya serat menjelang makan siang/malam dapat memberi efek setengah kenyang dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga porsi makan dapat dikurangi.
  5. Membantu mengecilkan perut buncit – Usus manusia yang panjang totalnya 7,5 meter mampu menampung 2,5 kilo kotoran, selain melemahkan daya serap nutrisi juga menyebabkan perut buncit. Psyllium husk mengembang di dalam lambung dan usus lalu menyerap dan mengikat kotoran yang menempel pada dinding usus dan selanjutnya dibuang keluar lewat feses.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Nataliussen

You may also like

Leave a Comment