Rajin Olahraga tapi Berat Badan Malah Naik?

by vivanetagnt
0 comment

Ups, jangan panik dulu, berikut fakta-fakta yang harus kamu ketahui

Mitos seputar lemak tubuh

Secara alami, tubuh manusia diberi kemampuan untuk menyimpan lemak. Lemak merupakan energi potensial sebagai bahan bakar untuk menjalankan berbagai aktivitas tubuh. Lemak adalah energi cadangan yang digunakan tubuh ketika energi lain tidak mampu menghidupkan mesin metabolisme. Fungsi lemak dalam tubuh selain sebagai cadangan energi juga menjadi bantalan tubuh untuk melindungi dari cedera, bahan baku produksi hormon, menjaga tubuh tetap hangat saat cuaca dingin, melarutkan zat nutrisi dan mengikat racun yang membahayakan tubuh.
Pembentukan timbunan lemak dalam jaringan adiposa melalui proses yang panjang, yaitu melalui reaksi lipogenesis dengan melibatkan enzim dan hormon. Bahan bakunya berasal dari makanan berkalori yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang tidak habis diubah menjadi energi keton (pemisahan lemak tubuh). Teori sederhana mengatakan bahwa timbunan lemak tubuh terbentuk akibat asupan kalori yang melebihi penggunaannya. Sisa kalori yang tidak digunakan tubuh akan disimpan ke dalam  jaringan adiposa dalam bentuk lemak.

Kenyataannya tidak sesederhana itu. Coba perhatikan! Orang-orang yang terbiasa makan banyak, tetapi lemak di tubuhnya sedikit. Ini terjadi karena laju metabolisme tubuh di setiap individu berbeda-beda. Jika laju metabolisme tubuh seseorang berjalan cepat, maka lemak yang dirombak melalui reaksi lipolisis (perimbakan lemak) semakin banyak sehingga mengimbangi jumlah yang terbentuk melalui reaksi lipogenesis (penumpukan lemak). Banyaknya lemak yang tertimbun dalam jaringan adiposa akan terjadi apabila proses lipogenisis lebih besar dibandingkan dengan lipolisis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses penimbunan lemak dalam jaringan adiposa ditentukan oleh kecepatan reaksi lipogenesis dan lipolisis.

Wanita juga butuh otot

Maksudnya bukan otot super besar seperti binaragawan, ya! Jangan bayangkan seperti binaragawati. Tenang saja, otot-otot pada tubuh wanita memang tidak bisa bertumbuh besar seperti pria. Sebab pria memiliki hormon testosteron yang membantu memaksimalkan pertumbuhan otot.

Manusia butuh otot untuk membuat metabolisme tubuh menjadi lebih efektif. Otot tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk mempertahankan bobotnya. Ketika massa otot bertambah, mungkin berat badan akan naik.

Berikut ini cara membedakan berat badan naik karena massa otot atau peningkatan lemak

Olahraga Secara Teratur

Bila kamu berolahraga secara teratur, melakukan latihan kekuatan dan angkat beban, maka tentu saja berat badan yang sedikit bertambah disebabkan oleh otot. Setengah kilogram otot dapat membakar 50 kalori per hari. Itulah sebabnya mengapa otot sangat penting untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh ketika usiamu terus bertambah.

Otot-otot di tubuhmu tak akan membuat kamu menimbun kalori dengan mudah. Terutama jika kamu peduli dengan asupan makanan yang kamu konsumsi setiap hari.

Pakaian Terasa Semakin Longgar

Berat badanmu bertambah tetapi seluruh pakaianmu malah terasa semakin longgar. Selamat, itu berarti massa ototmu sudah bertambah. Orang dengan berat badan yang sama bisa memiliki bentuk tubuh yang sama sekali berbeda. Karena berat badan dipengaruhi oleh massa otot dan massa lemak tubuh.

Dalam berat yang sama, otot memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan padat daripada lemak. Meskipun memiliki berat badan yang terbilang besar, wanita yang tubuhnya berotot akan tampak lebih ramping daripada wanita yang tubuhnya dipenuhi lemak. Wanita yang tubuhnya berlemak membutuhkan ukuran baju yang lebih besar untuk menutupi gelambir-gelambir lemak di sejumlah bagian tubuh.

Saat ini pusat-pusat kebugaran menyediakan timbangan khusus untuk mengukur massa tubuh. Dengan menggunakan timbangan ini, massa otot, massa lemak, massa tulang, dan massa air dalam tubuhmu bisa diukur secara cukup akurat.

Rajinlah berolahraga dan menjalani hidup sehat, untuk mendapatkan tubuh indah dan otot yang kuat.

You may also like

Leave a Comment