Sayang Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Minum kopi dipercaya banyak orang membantu meningkatkan energi untuk beraktivitas. Selain itu, riset yang dilakukan ilmuwan dari Jerman membuktikan minum kopi juga membantu menjaga kesehatan jantung. Namun, manfaat tersebut bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Dan kini, ilmuwan dari American Chemical Society menyatakan kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan kopi yang tinggi.

Nah, manfaat kopi untuk kesehatan kulit bisa kita dapatkan dengan menggunakannya secara topikal. Misalnya, menggunakannya sebagai masker atau scrub. Berikut berbagai manfaat kopi untuk kesehatan kulit yang sayang dilewatkan:

1. Mengurangi selulit

Kandungan kafein dalam kopi ternyata dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Pasalnya, kafein membantu melebarkan pembuluh darah di bawahkulit dan meningkatkan aliran darah sevara keseluruhan. Lambat laun, hal ini bisamengurangi tampilan selulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa menggunakan kopi sebagai scrub.

2. Menunda penuaan

Munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus di wajah merupakan tanda adanya penuaan. Hal tersebut juga bisa muncul lebih tepat. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, kita bisa mengoleskan kopi secara langsung ke kulit.

3. Mencegah kanker kulit

Kopi juga kaya akan vitamin B3 karena adanya pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Triginellin bisa terurai menjadi niacin setelah biji kopi di panggang. Riset dari Skin Cancer Foundation juga mengatakan, niacin membantu mencegah kanker kulit non melanoma.

4. Perawatan jerawat

Kopi juga mengandung asam klorogenat yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Dengan menggunakannya sebagai scrub, cara ini membantu kita untuk melawan jerawat yang meruntuhkan kepercayaan diri.

5. Menghilangkan lingkaran hitam di mata

Kafein dalam kopi yang membantu melebarkan pembuluh darah juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk menggunakannya, kita bisa mencampurkan setengah sendok kopi dengan minyak zaitun. Lalu tambahkan sedikit air. Setelah itu, oleskandi bawah mata dan biarkan mengering selama lima hingga 10 menit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sayang Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/09/06/060500368/sayang-dilewatkan-ini-5-manfaat-kopi-untuk-kesehatan-kulit?page=all#page2.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

You may also like

Leave a Comment